Injektor mobil memiliki fungsi yang sama dengan karburator sebagai pemasok bahan bakar ke ruang pembakaran atau silinder. Bedanya adalah sistem pendistribusian pada karburator masih manual sedangkan sistem injektor mobil diatur oleh electronic control unit (ECU).

Melalui sistem ECU ini, bahan bakar yang disemprotkan sesuai takaran yang dibutuhkan ruang pembakaran. Tekanan injektor mobil saat menyalurkan bahan bakar menuju ruang pembakaran cukup tinggi karena ada teknologi throttle yang mendukungnya.

Kini, mobil keluaran terbaru sudah menggunakan injektor mobil ketimbang karburator. Artikel ini akan membahas tentang fungsi injektor mobil, cara merawatnya, gejala dan dampak bila injektor mobil kotor dan rusak.

Baca juga: Tune Up Mobil Injeksi, Cek 6 Komponen dan Cara yang Benar

Jenis dan fungsi injektor mobil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi injektor mobil sebagai pemasok bahan bakar yang dibutuhkan ruang mesin atau ruang pembakaran mesin atau silinder. Untuk merealisasikannya, injektor mobil didukung oleh beberapa komponen, salah satunya adalah sensor.

Sensor memiliki peran penting untuk mendukung kerja injektor mobil di mana sensor tersebut akan mengirimkan sinyal kepada ECU tentang kebutuhan bahan bakar di ruang pembakaran. 

Saat ECU menerima sinyal tersebut, maka ECU membalas sinyal tersebut kepada sensor untuk menginstruksikan actuator agar menyemprotkan bahan bakar berdasarkan volume bahan bakar yang dibutuhkan ruang pembakaran tersebut.

Baca juga: Terlengkap! Ini Penjelasan Komponen ECU Mobil dan Fungsinya

Ada tiga jenis injektor mobil di antaranya adalah single point injector, multi point injector, dan gasoline direct injection, berikut ini penjelasannya.

Single point injector

Jenis injektor mobil yang pertama adalah single point injector yang memiliki satu lubang yang terletak di ujung injektor. Saat saluran bensin terbuka maka bensin akan keluar melalui lubang ini secara terpusat.

Multi point injector

Sedangkan jenis multi point injector memiliki karakteristik adanya lubang kecil di sekeliling ujung injektor. Jadi, bensin yang keluar akan menyebar dengan begitu tingkat homogenitas baik.

Gasoline direct injection

Sementara itu, jenis injektor mobil yang terakhir biasanya digunakan pada injektor mobil diesel. 

Pada mobil diesel, letak injektor mobil berada di ruang pembakaran sehingga konstruksinya kuat dan bisa bertahan lama sekalipun berada di suhu yang ekstrim. Untungnya, konsumsi bahan bakar jauh lebih efisien.

Cara membersihkan injektor mobil tanpa bongkar

Injektor mobil berbentuk katup terletak di saluran bahan bakar. Cara kerja injektor mobil saat mendistribusikan bahan bakar mulai dari katup injektor mobil yang terbuka dan tertutup secara otomatis selama beberapa detik.

Sama seperti komponen mobil lainnya, injektor mobil juga perlu dirawat dan dibersihkan agar tidak kotor dan menimbulkan kerusakan komponen. Ada dua cara membersihkan injektor mobil tanpa bongkar.

Pertama pastikan mobil menggunakan bahan bakar berkualitas sesuai ketentuan pabriknya. Bahan bakar menjadi hal yang cukup krusial untuk mobil yang menggunakan sistem injektor.

Jadi, untuk menjaga kebersihan dan merawat injektor mobil, pastikan bahwa OtoFriends menggunakan bahan bakar yang sesuai dan berkualitas terbaik.

Cara yang kedua adalah dengan rutin mengganti filter bahan bakar. Cara membersihkan dan merawat injektor mobil yang satu ini dikhususkan untuk injektor mobil diesel karena adanya kandungan sulfur pada solar yang berpotensi mengendap sehingga pendistribusian bahan bakar jadi terhambat.

Apabila endapan kotoran tersebut dibiarkan untuk waktu lama maka endapan kotoran tersebut berpotensi akan ikut masuk ke dalam ruang pembakaran.

Jika sudah terlanjur injektor mobil kotor dan rusak, segera perbaiki dengan cara sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa fuel filter pada injektor mobil dalam keadaan bersih.
  • Bila fuel filter telah bersih, kita bisa mulai membersihkan injektor melalui pipa bensin tetapi perlu berhati-hati agar seal injektor tidak putus, berlubang atau rusak.
  • Buka seal injektor mobil dan cermati apakah cairan di dalamnya masih bersih atau sebaliknya.
  • Bersihkan bagian di luar injektor menggunakan cairan pembersih khusus yakni injector cleaner mulai dari ujung injektor sampai ke bagian injektor yang sering terkena karbon.

Baca juga: Carbon Cleaner Mobil yang Bagus, Merek, dan Tips Memilihnya

Namun, apabila OtoFriends kurang percaya diri untuk membersihkannya sendiri maka kita bisa membawanya ke bengkel mobil terdekat dan percayakan pada mekanik berpengalaman. Waktu yang tepat untuk membersihkan injektor mobil ada tiga waktu.

Pertama saat kita melihat lampu indikator mesin pada panel speedometer menyala menandakan ada yang rusak pada mesin mobil, mungkin saja salah satu penyebabnya adalah injektor mobil yang kotor.

Atau, saat kita mencium aroma bensin yang cukup menyengat saat mobil melaju. Aroma bensin tersebut merupakan gejala adanya kebocoran bahan bakar. Salah satu penyebab kebocoran bahan adalah karena injektor mobil yang kotor.

Ketiga, bila saat melaju kita merasa mesin mobil bergetar. Mesin mobil yang bergetar ini akibat dari terhambatnya distribusi bahan bakar sehingga memicu mesin mobil jadi bergetar.

Gejala dan dampak injektor mobil kotor

Terlambat sedikit saja untuk membersihkan atau memperbaiki injektor mobil, maka efeknya akan langsung terasa pada penurunan performa mobil. Segera deteksi kerusakan pada injektor mobil dengan beberapa gejala dan dampak berikut ini:

  • Mesin mobil sulit menyala, hal ini terjadi lantaran sistem injektor mobil kotor sehingga distribusi bahan bakar jadi abnormal dan mesin sulit untuk dinyalakan.
  • Mendadak mesin mobil mati, selain sulit dinyalakan dampak lainnya adalah mesin mobil jadi suka mati mendadak. Sekalipun mudah dinyalakan tetapi tak lama kemudian mesin mobil akan tiba-tiba mati kembali.
  • Asap mobil yang keluar dari knalpot berwarna pekat, seharusnya tak ada asap yang keluar dari knalpot. Akan tetapi, pada kasus tertentu bila asap yang keluar berwarna pekat maka itu bisa jadi dampak dari injektor mobil kotor.
  • Mobil mogok, dampak terparahnya adalah mobil mogok karena tidak ada bahan bakar yang tersalurkan.

Baca juga: Mobil Susah Menyala? Waspadai Fuel Pump Mobil Bermasalah

Bila sudah terdeteksi gejala dan dampak injektor mobil rusak, mau tak mau kita harus segera membawa mobil ke bengkel mobil. Umumnya, biaya servis mobil yang dibutuhkan untuk memperbaiki atau membersihkan injektor mobil kotor sekitar Rp300 ribu.

Namun, bila ternyata injektor mobil perlu diganti maka segera cari tahu harga injektor mobil melalui aplikasi Otoklix. Bukan hanya harga injektor mobil dan rekomendasi mereknya saja, tetapi OtoFriends juga bisa mendapatkan informasi lain seperti bengkel mobil terpercaya yang dekat dengan rumah atau cara merawat mobil.

Pertanyaan Seputar Injektor Mobil 

Fungsi injektor mobil sebagai pemasok bahan bakar yang dibutuhkan ruang mesin atau ruang pembakaran mesin atau silinder.

Biasanya, penyebab injektor mobil rusak adalah karena adanya kotoran hasil filter bahan bakar yang mengendap pada filter injektor dalam waktu lama.

Yang akan terjadi saat injektor mobil rusak adalah mesin mobil jadi sulit dinyalakan, mesin mobil sering mendadak mati, keluar asap berwarna pekat dari knalpot mobil sampai mobil mogok.