Saat belajar mengemudikan mobil, OtoFriends juga perlu mempelajari cara parkir mobil. Salah satu teknik parkir mobil yang sulit adalah parkir paralel. Cara parkir paralel mobil manual dan matic berbeda. Artikel kali ini akan membahas trik dan cara parkir paralel mobil matic.

Bila OtoFriends terbiasa menggunakan rem tangan saat parkir mobil matic, namun hal tersebut tidak bisa diterapkan saat melakukan parkir paralel. Sebab, saat handbrake mobil dinyalakan biasanya mobil akan sulit didorong. 

Jika mobil OtoFriends menghalangi kendaraan lain, maka petugas keamanan akan sulit mendorong sehingga kita akan dicari oleh petugas keamanan untuk memindahkan mobil. Daripada setiap parkir di gedung parkir, di mall ataupun di rumah sakit, kita selalu dipanggil untuk memindahkan kendaraan. Simak cara parkir paralel mobil matic berikut ini.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Begini Cara Parkir Mobil yang Benar

Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Sebenarnya, mobil transmisi matic memiliki fitur khusus untuk mengunci setiap ban mobil lebih erat daripada mobil transmisi manual tanpa menggunakan rem tangan atau handbrake. Akan tetapi, jarang pengemudi yang sudah mengenal fitur tersebut. 

Cara parkir paralel mobil matic kali ini memanfaatkan fitur khusus tersebut yakni Shift Lock. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Memindahkan Tuas Transmisi ke Posisi P

Langkah pertama yakni dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi P agar mesin mobil mati dengan sempurna, termasuk fungsi dan sistem elektronik lainnya. 

Apabila OtoFriends langsung memindahkan tuas transmisi ke posisi N maka hanya mesin mobil saja yang mati, fungsi dan sistem elektronik lainnya tetap menyala.

Memindahkan tuas ke posisi P juga membantu mengunci seluruh ban mobil sehingga mobil dalam keadaan siap untuk diparkirkan..

2. Mematikan Mesin Mobil

Setelah tuas transmisi berada di posisi P, kita bisa mematikan mesin mobil melalui tombol engine stop lalu mengaktifkan rem tangan.Penggunaan rem tangan di sini berguna untuk menahan laju mobil agar tidak bergerak saat kita memindahkan tuas dari posisi P ke posisi N.

Apabila posisi tuas transmisi sudah berpindah ke posisi netral, maka OtoFriends dapat menonaktifkan rem tangan tersebut. Lalu pastikan bahwa mesin mobil dan seluruh sistem elektronik pada mobil telah mati sempurna baru kita dapat menarik kunci kontak atau kunci mobilnya.

3. Mengaktifkan Fitur Shift Lock

Selanjutnya aktifkan fitur Shift Lock dengan cara menekan tombol Shift Lock bersamaan dengan pemindahan tuas transmisi dari posisi P menuju posisi N atau netral. Setelah tuas berpindah, kita dapat melepas tombol Shift Lock.

Mengapa harus memindahkan tuas ke posisi P dulu baru memindahkan ke posisi N? Hal ini penting dilakukan agar kunci mobil dapat terlepas. Jika kita memaksakan tuas untuk berpindah langsung ke posisi N maka kunci kontak mobil akan sulit terlepas.

Fitur Shift Lock ini berfungsi untuk memudahkan mobil bergerak saat kita parkir paralel. Dengan begitu, petugas keamanan atau petugas parkir tidak perlu repot mencari saat mobil kita menghalangi kendaraan lain.

4. Memastikan Kondisi Terakhir Mobil

Cara parkir paralel mobil matic yang terakhir adalah dengan memastikan seluruh fitur dan fungsi serta mesin mobil dalam keadaan mati. Misalnya saja mesin mobil, fitur rem tangan dan fitur elektronik lainnya.

OtoFriends juga bisa memeriksa apakah fitur Shift Lock telah berfungsi dengan mencoba mendorong mobil tersebut. Jika bergerak maka fitur Shift Lock berfungsi dengan normal, namun bila ternyata tidak terdorong maka ada langkah-langkah yang kurang sempurna dilakukan.

Baca juga: Risiko Parkir Sembarangan, Waspada Tindak Kejahatan hingga Potensi Hukumannya

Tips Sukses Mengoperasikan Fitur Shift Lock

Bila cara parkir paralel mobil matic menggunakan fitur Shift Lock di atas masih terlalu sulit dan OtoFriends masih sering gagal, berikut ini tips supaya parkir mobil menggunakan Shift Lock lebih mudah.

Berlatih Secara Rutin

Berlatih melakukan parkir paralel mobil matic menggunakan Shift Lock untuk jenis lahan parkir apa saja, baik ruang parkir yang luas ataupun yang sempit. Kita juga perlu berlatih parkir paralel menggunakan Shift Lock di tengah kemacetan.

Memanfaatkan Fitur Mobil

Umumnya mobil saat ini telah dibekali berbagai fitur canggih dari pabriknya, misalnya saja kamera belakang ataupun sensor parkir. Akan tetapi, bila ternyata mobil belum dilengkapi dengan fitur tersebut, kita dapat membelinya dan memasang fitur tambahan tersebut.

Dengan memanfaatkan dan menggunakan fitur dan peralatan tambahan maka dapat membantu kita saat sedang melakukan parkir.

Berinteraksi dengan Pengguna Parkir Lainnya

Tak ada salahnya untuk menyapa atau bersikap ramah dengan pengguna parkir lainnya, termasuk petugas keamanan atau petugas parkir pada ruang parkir tersebut. 

Apabila ada pengguna parkir yang membutuhkan pertolongan maka OtoFriends bisa membantunya. Dengan perilaku tersebut, maka di kemudian hari saat kita memerlukan bantuan untuk memarkirkan mobil maka akan ada orang yang membantu.

Baca juga: Apa Itu Valet Parking, Fungsi, Tugas, dan Perbedaan dengan VIP

Solusi Perawatan Mobil Kesayangan

Walaupun kita sudah berhati-hati saat melakukan parkir paralel, akan tetapi potensi mobil tergores bisa saja terjadi. Tak perlu khawatir bila OtoFriends sedang dalam perjalanan dinas dan menemukan mobil tergores atau rusak.

OtoFriends bisa mengandalkan Bengkel Otoklix untuk membantu dan merawat mobil saat melakukan perjalanan bisnis. Termasuk bila OtoFriends perlu mengganti spare part mobil seperti aki mobil atau ban mobil.

Temukan kemudahan servis mobil kesayangan saat di luar kota melalui aplikasi Otoklix.

Untungnya, kita bisa melakukan konsultasi online dan melakukan booking service secara online melalui aplikasi Otoklix. Dengan begitu, persoalan mobil rusak saat berada di luar kota segera terselesaikan.

Pertanyaan Seputar Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Cara parkir paralel mobil matic antara lain memindahkan tuas transmisi ke posisi P, mematikan mesin mobil, mengaktifkan fitur Shift Lock, dan memastikan kondisi terakhir mobil seperti mesin mobil dan fitur elektronik di dalamnya telah mati sempurna. Selain itu, kita perlu memeriksa apakah fitur Shift Lock telah berfungsi dengan sempurna.

Posisi tuas transmisi harus dalam keadaan netral agar fitur Shift Lock dapat dinyalakan. Dengan begitu, ban mobil dapat bergerak saat OtoFriends melakukan parkir paralel.

Fitur Shift Lock ini berfungsi untuk memudahkan mobil bergerak saat kita parkir paralel. Dengan begitu, petugas keamanan atau petugas parkir tidak perlu repot mencari kita saat mobil menghalangi kendaraan lain.