Apa OtoFriends pernah mendengar istilah valet parking? Di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, fasilitas valet parking sudah tidak asing lagi. Biasanya fasilitas valet parking tersedia di pusat perbelanjaan, mal, restoran dan hotel kelas menengah ke atas. Jadi, apa itu valet parking? Apa saja manfaatnya, perbedaan reguler dan VIP, serta berapa harganya? Simak artikel di bawah ini.

Apa itu Valet Parking

Valet parking adalah layanan atau fasilitas memarkirkan kendaraan yang dilakukan oleh petugas. Jadi, kita tidak perlu memarkirkan mobil secara mandiri. Biasa petugas valet ini memakai seragam formal dan rapi, seperti kemeja, dasi, dan juga sarung tangan. 

Biasanya valet parking tersedia di tempat ramai seperti mall, rumah sakit, dan tempat besar lainnya yang kemungkinan sulit untuk memarkir kendaraan. Sebagaimana yang kita tahu, cukup sulit menemukan lahan parkir kendaraan di mal saat akhir pekan. Oleh sebab itu, valet parking bisa memudahkan kita memarkirkan kendaraan.

Sebagai tambahan informasi menarik, jasa valet ini sudah digunakan sejak lama, bahkan sebelum adanya mobil seperti sekarang ini. Valet bertugas mengantarkan kuda ke tempat penyimpanannya atau bisa juga untuk mengantarkan surat pribadi.

Manfaat dan Tugas Valet Parking

Setelah mengetahui arti dari valet parking, kita bakal bahas manfaat dan tugasnya secara lebih rinci. Simak pembahasannya di bawah ini.

Manfaat valet parking

Manfaat utama parkir valet tentunya memudahkan kita saat memarkir kendaraan. Kita hanya perlu menyerahkan mobil ke petugas valet dan petugas bakal memarkir mobil di tempat yang aman. Ada beberapa fungsi lain dari parkir valet seperti uraian berikut.

1. Menghemat waktu

Menggunakan parkir valet sangat berguna untuk efisiensi waktu. Sebab, mencari parkir di tempat-tempat besar memang biasanya menguras waktu dan energi. Kendalanya bisa jadi tempat parkir yang penuh atau kendaraan yang diparkir kurang rapi. Bahkan, kita bisa menghabiskan setengah jam sampai satu jam hanya untuk berputar-putar mencari tempat parkir. Akan jadi masalah saat kita mau menonton bioskop dan jadwalnya sudah mepet. Jadi, parkir valet ini sangat berguna dan kita tidak perlu lagi berputar-putar mencari tempat parkir.

Baca juga: Sensor Parkir Mobil: Tips Memilih, Pilihan, dan Cara Merawat

2. Mengurangi potensi pencurian mobil

Menggunakan fasilitas valet artinya setelah kita menyerahkan mobil ke petugas, maka keselamatan mobil kita dijamin oleh petugas tersebut. Jadi, menjadi petugas valet sebenarnya punya tanggung jawab yang cukup besar. Hal ini juga mengurangi kasus pencurian kendaraan karena kita bisa mudah mengetahui siapa yang membawa mobil dari tempat parkir.

3. Penggunaan lahan parkir yang efisien

Terkadang kita kesulitan memarkir mobil sendiri karena mobil lain yang tidak tertata rapi. Namun, petugas valet bisa mengatasi hal tersebut dengan memarkir mobil di posisi yang efisien.

Tugas petugas valet parking

Setelah mengetahui manfaat dari menggunakan parkir valet, selanjutnya kita bahas tugas petugas valet. Keahlian utama yang harus dimiliki petugas valet adalah bisa mengemudikan semua jenis kendaraan, baik mobil manual, otomatis, SUV, sedan, bahkan sampai mobil mewah. Sebab, mobil pelanggan tidak boleh tersenggol benda lain saat sedang diparkir. Selain itu, petugas valet juga harus jujur agar tidak mengambil barang berharga di dalam mobil. Tugas-tugasnya adalah sebagai berikut.

1. Mengonfirmasi kondisi kendaraan

Sebelum mobil diparkir, petugas sebaiknya memeriksa kondisi mobil. Kemudian, lakukan konfirmasi kepada pemilik kendaraan. Tujuannya supaya tidak terjadi kesalahpahaman antara pemilik mobil dan petugas valet.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Begini Cara Parkir Mobil yang Benar

2. Memarkir mobil dengan aman

Setelah memeriksa kondisi mobil, maka petugas bisa mulai memarkirkan mobil dengan aman. Pastikan bahwa posisi parkir tidak berpotensi menggores mobil dan isi mobilnya utuh saat dikembalikan.

3. Tepat waktu saat mengembalikan mobil

Tentunya petugas valet tidak hanya memarkirkan satu mobil saja. Kondisi ini yang biasanya membuat petugas kewalahan. Ditambah lagi saat akan keluar dari lokasi parkir, banyak kendaraan yang juga sedang mengantre. Akibatnya, pemilik mobil harus menunggu agak lama. Oleh sebab itu, petugas valet harus mencari cara agar tetap bisa mengembalikan mobil tepat waktu.

Perbedaan Valet Parking Reguler dan VIP

Lantas, apa bedanya valet parking reguler dan VIP? Selain beda harga pelayanan, lokasi untuk valet parking juga berbeda antara menggunakan servis reguler atau VIP. Parkir valet reguler artinya petugas parkir bakal memarkirkan mobil kita di lokasi yang sama dengan mobil-mobil lain yang diparkir secara mandiri oleh pemilik kendaraan.

Sementara itu, valet VIP akan diparkir di area VIP. Biasanya, area parkir VIP ini terletak di halaman depan dekat lobi mal, hotel, atau tempat besar lainnya. Lalu bagaimana dengan perbedaan harganya? 

Baca juga: Cara Pindah Gigi Mobil Matic di Tanjakan Agar Tidak Mundur

Harga Valet Parking

Sejumlah tempat-tempat besar di kota-kota besar sudah menyediakan fasilitas valet. Tarifnya berkisar antara Rp30 ribu sampai dengan Rp100 ribuan. Namun, umumnya parkir valet ini dibanderol dengan tarif sekitar Rp50 ribuan untuk reguler dan Rp100 ribu untuk parkir VIP. Ini adalah tarif parkir valet untuk di mal sekitar Jakarta Pusat. Sedangkan untuk di beberapa pusat perbelanjaan di daerah Jakarta Selatan, paling murah dibanderol sekitar Rp30 ribuan.

Berbeda lagi dengan tempat-tempat makan atau restoran. Biasanya restoran yang punya fasilitas parkir valet adalah restoran elit. Beberapa bahkan tidak menentukan tarif alias gratis menggunakan jasa valet. Tarif gratis ini disebabkan oleh biaya parkir sudah termasuk bayar makan. Namun, biasanya pemilik kendaraan memberikan uang tip kepada petugas valet.

Itu dia pembahasan tentang valet parking. Tertarik untuk menggunakannya? OtoFriends bisa mencobanya sesekali di situasi yang membutuhkan. 

Demi mempertahankan dan meningkatkan performa mobil, pastikan untuk melakukan servis rutin kendaraan di bengkel terdekat. Otoklix sudah bermitra dengan 2.000+ bengkel dan sudah menangani lebih dari 20.000 mobil. Booking servis melalui Otoklix juga bisa hemat sampai dengan 50%. Install aplikasinya sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Valet Parking

Parkir valet atau valet parking adalah layanan atau fasilitas yang disediakan tempat-tempat besar seperti pusat perbelanjaan, restoran, atau hotel yang membuat pemilik kendaraan tidak perlu memarkirkan mobilnya sendiri. Cukup berikan mobil kepada petugas untuk diparkir dengan aman.

Tarif parkir valet berkisar antara Rp30 ribu sampai dengan Rp100 ribuan. Biayanya bisa sampai Rp100 ribu kalau kita menggunakan fasilitas parkir VIP, artinya mobil diparkir di lahan VIP.

Cara menggunakan parkir valet adalah dengan meminta bantuan petugas valet. Cukup berhenti di lobi dan serahkan kunci mobil kepada petugas yang ada.