Bagi para pemilik mobil berwarna silver, masalah baret pada bodi mobil adalah hal yang kerap ditemui. Warna silver yang masuk dalam kategori cerah, menjadikan baret pada mobil nampak jelas terlihat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan baret pada mobil silver agar mobil yang dimiliki selalu terlihat mewah dan modern.

Ulasan di bawah ini akan membahas secara lengkap bagaimana menghindari baret pada mobil silver dengan mengenali penyebabnya, juga tips tentang bagaimana menghilangkan baret dengan perawatan yang sangat simpel. Mari simak informasi lengkapnya di bawah ini di blog Otoklix!

Kenali Penyebab Baret Pada Mobil

Sebelum mempelajari cara-cara untuk menghilangkan baret pada mobil silver. Perlu diketahui juga penyebab baret pada mobil, karena dengan mengetahui penyebabnya pemilik bisa menghindari dan meminimalisir terjadinya pemicu baret atau goresan-goresan pada bodi mobil.

Penyebab utama baret pada mobil silver biasanya terjadi akibat adanya gesekan dengan objek lain saat mobil sedang dikendarai, misalnya bersenggolan dengan kendaraan lain, adanya gesekan saat sedang parkir, atau menyerempet bahu jalan dan objek lainnya. 

Namun, selain hal tersebut, masih ada penyebab lain yang bisa membuat mobil silver menjadi baret. Misalnya seperti kerikil yang terpental saat mobil sedang melaju kencang, gesekan dari batu kecil itu bisa menyebabkan baret pada mobil karena memantul kuat. Gesekan itu juga bisa berupa aspal baru dan binatang-binatang kecil yang sering ditemui para pengendara di jalanan.

Selain dari faktor gesekan pada saat berkendara dan objek yang ditemui di jalanan. Baret pada mobil juga sering disebabkan oleh penggunaan kain atau lap microfiber yang salah. Jahitan pada bagian pinggir kain microfiber sering membuat masalah baru bagi bodi mobil, alih-alih bersih setelah dicuci, justru meninggalkan bekas-bekas goresan kecil yang merusak cat mobil. 

Penyebab-penyebab baret pada mobil ini perlu diketahui, agar pemilik mobil khususnya yang berwarna silver bisa menghindari dan memimalisir resiko baret pada bodi mobil, baik itu karena gesekan objek lain dan cara perawatan mobil yang tepat.

Cara Menghilangkan Baret pada Mobil Silver

Saat baret pada mobil sudah terjadi dan tidak bisa dihindari lagi, pemilik mobil tentunya harus memiliki cara penanganan yang baik agar goresan tidak merembet semakin memanjang dan melebar. Berikut ini adalah cara menghilangkan baret pada mobil silver yang bisa dilakukan secara simpel dengan menggunakan alat dan bahan yang umumnya tersedia di rumah.

Gunakan kompon mobil

Jika mobil silver memiliki goresan yang relatif tipis, goresan ini bisa dihilangkan dengan menggunakan kompon atau compound. Cukup bersihkan area mobil yang baret kemudian lap menggunakan kain microfiber dan lanjutkan dengan memoles kompon untuk menyamarkan goresan atau baret pada bodi mobil. Kompon ini merupakan zat kimia yang bisa menghilangkan baret dengan mengikis sedikit permukaan cat mobil.  

Menggunakan pasta gigi

Cara menghilangkan baret pada mobil silver lainnya, yang oleh sebagian orang dianggap paling simpel adalah dengan memanfaatkan pasta gigi untuk menutup goresan kecil yang terdapat pada bodi mobil. Pasta gigi ternyata memiliki zat kimia khusus yang bisa digunakan untuk menutup baret pada mobil. 

Pengaplikasiannya juga cukup simpel, cukup bersihkan area yang terkena goresan kemudian oleskan pasta gigi dengan gerakan memutar sambil ditekan secara perlahan. Setelah mendapatkan hasil yang diinginkan, bersihkan bekas pasta gigi yang menempel pada mobil.

Memanfaatkan lotion anti nyamuk

Selain pasta gigi, lotion anti nyamuk juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan baret pada mobil. Caranya sangat mudah, cukup siapkan lap bersih kemudian tuangkan sedikit lotion anti nyamuk pada lap, setelah itu oleskan pada bagian mobil yang terkena goresan, tunggu proses ini hingga 20 menit. Kemudian gosok bagian tersebut dengan gerakan memutar secara perlahan hingga goresan pada bodi mobil memudar dan hilang sepenuhnya. 

Menggunakan cat kuku

Jika baret pada mobil tidak bisa disamarkan dengan menggunakan kompon, pasta gigi, atau lotion anti nyamuk. Mungkin, goresan tersebut sudah terlalu dalam dan harus disamarkan dengan cara yang lain. Salah satu cara simpel dan dijamin berhasil adalah dengan menimpa baret tersebut dengan menggunakan cat kuku. 

Yang perlu diperhatikan, cat kuku yang digunakan harus memiliki warna yang senada dengan mobil, yaitu berwarna silver. Pemilik mobil cukup oleskan tipis-tipis cat kuku tersebut hingga mendapatkan hasil yang natural. 

Tips Merawat Mobil Silver

Agar mobil silver yang dimiliki aman dari baret dan goresan, tentu saja pemilik harus konsisten untuk merawat mobilnya dengan baik. Beberapa cara di bawah ini bisa diaplikasikan agar meminimalisir kerusakan pada mobil.

  • Pertama, cuci mobil dengan cara yang tepat. Gunakan alat-alat yang aman untuk bodi mobil agar terhindar dari goresan sekecil apapun.
  • Kedua, aplikasikan obat poles. Mobil berwarna silver rawan rusak karena jamur dan flek, untuk menghindari hal tersebut gunakan obat poles setelah mencuci mobil agar tetap tampak bersih dan mengkilap. 
  • Terakhir, service mobil silver yang dimiliki secara rutin agar terhindar dari kerusakan serius. 

Nah, itu dia informasi lengkap tentang cara menghilangkan baret pada mobil silver. Perawatan bodi mobil memang sangatlah penting, tidak terkecuali memperhatikan bodi mobil agar bebas dari goresan-goresan kecil yang bisa merusak tampilan mobil secara keseluruhan.Namun, bagi para pemilik mobil yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk merawat mobilnya secara pribadi di rumah, tidak perlu khawatir lagi. Service mobil dan hilangkan baret pada mobil silver to the next level dengan Otoklix, pastikan juga untuk melakukan perawatan menyeluruh agar mobil terhindar dari kerusakan-kerusakan serius.