Bagi kamu pengguna mobil Daihatsu Grand Max salah satu yang perlu kamu persiapkan ketika akan membeli wiper baru adalah mengetahui ukuran wiper Grand Max. 

Ukuran wiper Grand Max adalah 20 inci untuk kaca pada sisi pengemudi dan 16 inci untuk sisi penumpang. Selain Grand Max, ini dia daftar ukuran wiper untuk mobil Daihatsu lainnya:

  • Espass ukuran 18″ dan 16″
  • Feroza ukuran 16″ dan 16″
  • Luxio ukuran 19″ dan 19″
  • New Xenia ukuran 21″ dan 14″
  • Taft GT Ranger ukuran 16″ dan 16″
  • Taruna ukuran 20″ dan 18″
  • Tenia ukuran 20″ dan 16″
  • Terios ukuran 21″ dan 18″
  • Xenia 20″ dan 16″
  • Zebra ukuran 18″ dan 18″

Tips Memilih Wiper Mobil

Selain ukuran wiper Grand Max, beberapa hal di bawah ini perlu kamu perhatikan sebelum membeli wiper mobil baru. Apa sajakah itu? Simak ulasannya. 

1. Ukuran wiper

Ukuran wiper Grand Max adalah hal utama yang perlu kamu ketahui sebelum membeli wiper mobil baru. Ukuran wiper yang terlalu pendek tidak akan menyapu air dengan sempurna, sementara itu ukuran wiper yang terlalu panjang akan membuat wiper saling bertabrakan.

2. Karet wiper

Tips kedua adalah memilih karet wiper yang berkualitas. Pertama, pilih karet wiper yang memiliki ketebalan merata pada permukaannya. Kemudian, pilih karet dengan tekstur yang cukup halus dan kesat. Permukaan karet yang kasar akan menggores kaca mobil.

3. Kerangka wiper

Memilih kerangka wiper yang tepat untuk mobil Daihatsu Grand Max kamu juga adalah salah satu yang perlu diperhatikan. Kerangka wiper yang tidak bagus ditandai dengan fisik yang bengkok. Jadi, periksa dengan saksama kondisi fisik dari kerangka wiper yang akan kamu beli ya. 

4. Tes produk

Jika memungkinkan dan pihak bengkel memperbolehkan, kamu bisa mencoba produknya terlebih dahulu sebelum membeli. Karena memilih wiper yang berkualitas bagus adalah salah satu kunci keselamatan saat mengemudi. 

3 Jenis Wiper Mobil

Sebelum membeli wiper baru, kamu juga sebaiknya sudah mengetahui akan membeli wiper jenis apa. Saat ini banyak beredar di pasaran 3 jenis wiper mobil berikut, yaitu wiper konvensional, wiper frameless, dan 

1. Wiper konvensional

Wiper konvensional adalah jenis wiper yang kebanyakan digunakan pada mobil-mobil lawas. Wiper ini memiliki rangka besi sebagai penopang karet wiper. Kelebihan wiper ini adalah pemasangan yang mudah dan harga yang lebih terjangkau. Ukurannya pun beragam, tersedia pula ukuran wiper Grand Max.

Tetapi kelemahannya adalah rangka besi pada wiper konvensional lebih mudah korosi karena terbuat dari bahan besi. Selain itu, ketika karetnya sudah mulai aus, batang besinya bisa menggores kaca depan mobil.

2. Wiper frameless

Ini adalah jenis wiper yang banyak digunakan pada mobil-mobil terbaru atau yang ingin mengubah tampilan mobil menjadi lebih modern. Wiper ini menggunakan flatbed sebagai pengganti rangka besi.

Tetapi semakin lama digunakan, tekanan wiper ini menjadi tidak merata karena tidak ada rangka besi. Tampilan yang modern dan praktis ini juga membuat harga wiper frameless menjadi lebih mahal.

3. Wiper hybrid 

Wiper jenis ini dapat dijadikan pilihan ketika menginginkan wiper yang kokoh tetapi tidak terlihat jadul. Gabungan wiper konvensional dan wiper frameless dikenal sebagai wiper hybrid.

Bentuknya terlihat seperti wiper frameless, hanya saja sebenarnya ada bracket dan holder plastik sehingga tekanannya lebih kuat dan merata.

Tanda Wiper Mobil Harus Diganti

Beberapa ciri di bawah ini menunjukkan bahwa wiper mobil kamu harus diganti. Maka dari itu kamu perlu memperhatikan kondisi wiper mobil agar bisa segera diganti sebelum benar-benar tidak berfungsi maksimal dan merusak kaca depan mobil.

1. Goresan

Ciri yang pertama adalah terlihat ada goresan di kaca mobil. Penyebabnya adalah goresan dari karet wiper yang sudah mengeras akibat paparan sinar matahari, getah pohon, jalanan berpasir, dan lainnya yang menyebabkan karet wiper rusak.

2. Tidak tersapu bersih 

Tanda berikutnya adalah air pada kaca mobil tidak tersapu dengan bersih. Meskipun bisa terjadi karena ukuran wiper Grand Max yang salah, bisa juga karena karet wiper sudah aus sehingga tidak dapat menyapu air dengan baik. Noda air akan terlihat keruh di kaca mobil dan tentunya mengganggu jarak pandang.

3. Suara berdecit

Ciri selanjutnya adalah terdengar suara berdecit  pada wiper karena karet bilah wiper yang sudah usang dan mengeras. 

4. Goresan yang terpisah 

Yang terakhir, karet wiper terlihat melompat dan bergetar. Perubahan suhu dari panas dan dingin untuk jangka waktu yang lama membuat wiper menimbulkan goresan terpisah saat digunakan. Tips untuk merawatnya adalah jangan menggunakan cairan pembersih sembarangan.

Itu tadi informasi tentang ukuran wiper Grand Max, tips memilih wiper mobil, jenis-jenis wiper mobil, serta tanda kapan wiper mobil harus diganti.

Jangan ragu untuk mencari wiper mobil di bengkel terdekat. Instal aplikasi Otoklix sekarang juga untuk mendapatkan pengalaman servis mobil memuaskan.