Secara garis besar, dongkrak mobil adalah alat yang diperuntukkan untuk memudahkan manusia mengangkat barang berat yang sulit diangkat oleh tangan, misalnya saja seperti mobil. Saat hendak ganti mobil atau memperbaiki mobil bagian bawah, kita membutuhkan dongkrak mobil. Apakah OtoFriends tahu cara dongkrak mobil?

Salah satu alat yang perlu dimiliki oleh pemilik mobil adalah alat dongkrak mobil. Ada banyak fungsi dongkrak mobil, di antaranya mempermudah kita untuk mengganti ban mobil, memeriksa mobil mobil, memeriksa komponen mobil bagian bawah hingga memperbaiki kerusakan mobil di bagian bawah.

Untuk mengoperasikan alat dongkrak mobil, OtoFriends perlu mengetahui istilah jacking yakni kondisi saat kita mengangkat mobil lebih tinggi agar kita bisa mengganti ban mobil. Berikut ini Otoklix rangkum cara dongkrak mobil yang benar dan cara dongkrak mobil untuk merk mobil tertentu.

Baca juga: 8 Langkah Mudah Ganti Ban Sendiri

6 Cara Dongkrak Mobil yang Benar

Sama seperti ban serep mobil, alat dongkrak mobil juga disimpan di dalam mobil dan selalu dibawa kemana saja untuk mengantisipasi saat kita butuh memeriksa dan mengganti ban mobil atau komponen mobil bagian bawah. Untuk mengoperasikannya, OtoFriends bisa membaca buku manualnya. Secara garis besar, berikut ini cara dongkrak mobil.

1. Kenali jenis dan kondisi dongkrak mobil

Ada tiga jenis dongkrak mobil yakni dongkrak botol, dongkrak buaya dan dongkrak gunting atau pantograf. Adapun umumnya untuk mendongkrak mobil, kita bisa menggunakan jenis dongkrak pantograf. Selain dongkrak pantograf ada juga yang menggunakan dongkrak botol untuk mendongkrak mobil namun jenis ini kurang praktis digunakan pada mobil jenis sedan atau SUV.

Setelah mengenai jenis dongkrak yang digunakan dan mencari tahu cara menggunakannya melalui buku manual, OtoFriends perlu memeriksa kondisi dongkrak tersebut. Misalnya saja adakah kebocoran oli atau kondisi kerusakan lainnya pada alat dongkrak mobil. Kemudian letakkan kunci roda dan ban serep di sekitar alat dongkrak tersebut.

Baca juga: Ketahui 6 Jenis Dongkrak Mobil serta Cara Menggunakannya

2. Parkir mobil di teman aman

Saat kita berada di di jalan tol, maka kita bisa menepikan mobil di bahu jalan atau di bagian sisi kiri jalan lalu perhatikan apakan permukaan jalan tersebut datar atau melandai. 

Hal ini juga berlaku saat kita memarkirkan mobil di jalan non tol, hal yang paling utama yang harus diperhatikan apakah permukaan jalan tempat mobil terparkir datar atau melandai.

Menentukan tempat untuk memarkirkan mobil cukup krusial karena dampaknya cukup berbahaya bila kita memarkirkan mobil di permukaan jalan yang melandai.

3. Hidupkan rem tangan dan lampu hazard

Setelah memastikan bahwa mobil terparkir di tempat yang aman, selanjutnya hidupkan rem tangan supaya ban mobil tidak mudah bergerak. Untuk menambah keamanan, kita bisa mengganjal semua ban mobil dengan balok atau batu lalu masukkan transmisi gigi.

Sedangkan pada mobil transmisi otomatis OtoFriends bisa mengubah posisi transmisi ke kode P atau Parking.

Kemudian menghidupkan lampu hazard untuk memberi kode pada pengguna jalan lain bahwa mobil kita sedang dalam kondisi darurat. Bila ada, kita juga bisa memasang segitiga pengaman pada jarak kurang lebih 50 meter dari mobil.

4. Identifikasi titik tumpu teraman

Cara dongkrak mobil selanjutnya adalah dengan mencari tahu titik tumpu teraman untuk melakukan jacking atau mengangkat mobil. OtoFriends bisa mencari tahunya melalui buku manual dongkrak tersebut. Secara umum berikut ini tempat atau titik tumpunya, di antaranya:

  • Body mobil monocoque atau monokok, titik tumpu berada di bagian bawah pintu mobil depan dan belakang.
  • Body mobil frame terpisah, titik frame yang berada di bagian besi yang melintang di bawah mobil.
  • Bagian depan, titik tumpu berada di bagian sasis belakang roda depan dan celah di antara fender depan dan pintu depan.
  • Bagian belakang, titik tumpu berada di bagian sasis depan roda belakang atau di antara fender dan pintu belakang.
  • Titik lainnya, titik tumpu lainnya berada di bagian tengah depan, bagian tengah suspensi depan dan belakang, arm suspensi, garda depan dan belakang serta di bagian sub-frame.

5. Longgarkan baut pada ban mobil

Saat mobil masih menyentuh tanah, maka longgarkan baut terlebih dulu yang menempel pada ban mobil untuk memudahkan proses dongkrak.

6. Posisi mobil jangan terlalu tinggi

Cara dongkrak mobil terakhir yang cukup krusial adalah posisi ketinggian mobil saat didongkrak. Bila dongkrak mobil sudah mencapai titik tumpuannya, maka kita bisa menarik tuas secara perlahan hingga mobil terangkat pada ketinggian berkisar antara 10 cm sampai 15 cm.

Hindari mengangkat mobil melebihi aturan ketinggian tersebut karena mobil akan sulit mencapai keseimbangannya dan berpotensi lepas dari alat dongkrak. Saat hal tersebut terjadi maka berisiko mencelakai kita atau teknisi yang berada di bawahnya.

Baca juga: Cara Pakai Alat Buka Ban Mobil Manual, Praktis dan Efisien

Cara Dongkrak Mobil Berdasarkan Jenis Mobil

Selain cara dongkrak mobil secara umum, ada trik-trik lain yang bisa diterapkan saat melakukan dongkrak mobil berdasarkan merk mobilnya.

Cara dongkrak mobil avanza

Peralatan yang perlu dipersiapkan untuk melakukan dongkrak mobil Toyota Avanza selain alat dongkrak mobil di antaranya tang, obeng, pengait, kunci mur roda, dan sambungan dongkrak. Lalu kita bisa memulai dongkrak mobil Avanza bagian depan. 

Cara dongkrak mobil Avanza menggunakan dongkrak gunting dengan memposisikan alat di bagian belakang ban depan mobil. Jika menggunakan dongkrak buaya maka titik tumpunya berada di bagian crossmember bagian tengah yang sedikit menonjol.

Sementara itu, cara dongkrak mobil Avanza bagian belakang menggunakan dongkrak gunting dengan memposisikan titik tumpu dongkrak di posisi ujung gardan bagian belakang roda dalam. Kemudian bila menggunakan dongkrak buaya maka titik tumpunya berada di bagian gardan mobil.

Cara dongkrak mobil brio

Cara menggunakan dongkrak untuk mobil Honda Brio dengan mengendurkan semua baut pada ban mobil yang bocor dengan memutarnya ke arah kiri atau ke arah yang berlawanan dengan arah putaran jarum jam. Lalu posisikan dongkrak pada titik tumpu yang tepat kemudian putar dongkrak tersebut ke arah kanan.

Saat ban mobil berada di ketinggian yang tepat, maka buka semua baut dan lepaskan. Ganti ban utama dengan ban serep lalu pasang kembali semua bautnya dengan cara memutar ke arah kanan.

Cara dongkrak mobil grand livina

Alat dongkrak pada mobil All New Nissan Grand Livina berada di bagian pilar belakang mobil sebelah kanan bersama dengan tool kit. Sebelum mendongkrak mobil, pasang terlebih dulu handbrake atau rem tangan mobil lalu kendorkan baut ban mobil dan angkat mobil menggunakan alat dongkrak mobil hingga pada ketinggian yang tepat.

Titik tumpu mobil Nissan Livina ditandai dengan benjolan yang menggunakan cover plastik. Saat ban mobil telah terangkat maka kita bisa melepaskan semua bautnya dan lepaskan ban mobil dari dudukannya. Kemudian pasang ban serep mobil Livina tersebut dan kencangkan mur.

Cara dongkrak mobil innova

Adapun cara dongkrak Innova dengan mengandalkan sasis ladder frame itu sendiri karena titik tumpu tersebut merupakan titik tumpu teraman. Akan tetapi, posisi mobil diangkat cukup tinggi dibandingkan posisi mobil pada umumnya. 

Cara lain yang bisa kita gunakan adalah dengan memasang alat dongkrak pada axle shaft menggunakan alat dongkrak lengan yang bisa mencengkram atau menjepit.

Cara dongkrak mobil sedan

OtoFriends bisa menemukan alat dongkrak mobil sedan di bagasi mobil dekat dengan ban serep mobil. Cara dongkrak mobil sedan dengan mengenal titik tumpunya. Titik tumpu mobil sedan di bagian sasis body. Titik tumpu ini juga digunakan oleh mobil LMPV dan mobil hatchback.

Cukup mudah bukan cara dongkrak mobil? Namun bila OtoFriends merasa ragu untuk melakukan dongkrak sendiri maka bisa membawa mobil ke bengkel mobil terdekat untuk ganti ban mobil.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Cara Dongkrak Mobil

Cara dongkrak mobil di antaranya memarkirkan mobil di tempat aman, menghidupkan rem tangan dan lampu hazard, mengetahui titik tumpu mobil, melonggarkan baut mobil dan mengangkat mobil tidak terlalu tinggi..

Cara menggunakan dongkrak dengan mengangkat mobil dan menekan tuas pengunci.

Terdapat 4 titik tumpu yang menjadi tumpuan alat dongkrak, yakni di bagian sasis belakang roda depan, sasis di bagian depan roda belakang, di bawah celah antara fender depan dan pintu depan.