Mobil pribadi adalah solusi terbaik untuk mendukung mobilitasmu dan keluarga, khususnya jika kamu sekeluarga sering menempuh perjalanan jarak jauh. Mudik atau liburan ke luar kota hingga luar pulau naik mobil memang menyenangkan karena lebih hemat dan mempererat kebersamaan. Jika saat ini kamu berencana membeli mobil pribadi pertama untuk kebutuhan tersebut, berarti kamu mesti cermat memilih mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh. 

Sekarang, memilih mobil untuk perjalanan jauh tentu tak membuatmu bingung lagi sebab rekomendasi berikut ini bisa kamu jadikan bahan pertimbangan: 

Pilihan Mobil Paling Nyaman untuk Perjalanan Jarak Jauh 

Beberapa tipe mobil berikut ini bisa jadi pilihan terbaik untuk mendukung perjalanan jarak jauh: 

  1. Toyota New Alphard: jika kamu punya bujet cukup besar untuk membeli mobil keluarga, tak ada salahnya mempertimbangkan Toyota New Alphard sebagai prioritas. Mobil besutan Toyota ini memang sangat populer karena punya banyak keunggulan, antara lain kabin berukuran luas, desain mewah dan elegan, mesin berkapasitas besar, dan fitur keselamatan mumpuni. Menempuh perjalanan jarak jauh dengan Toyota New Alphard tentu terasa menyenangkan dan minim kendala. 
  1. Toyota Fortuner: membahas soal mobil berkualitas untuk menempuh jarak jauh jelas tak lengkap tanpa menyebut Toyota Fortuner. Desain eksteriornya yang gagah dipadukan dengan performa mesin responsif. Penggunaan Toyota Fortuner sangat efektif untuk menempuh perjalanan di medan menantang yang terjal, berbatu, bahkan berlumpur. 
  1. Mitsubishi Pajero: Mitsubsihi seakan tak mau kalah dengan merek lain dalam menyediakan mobil tangguh untuk perjalanan jauh. Mitsubishi Pajero hadir sebagai mobil bermesin diesel yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi jalanan. Bahkan, mobil canggih ini juga dilengkapi berbagai fitur bermanfaat, seperti pengatur kecepatan konstan, pengoreksi pijakan pedal, dan pengingat blind spot. 
  1. Suzuki All New Ertiga: kalau kamu tertarik membeli mobil keluaran Suzuki, ada seri Suzuki All New Ertiga yang siap memfasilitasi kebutuhanmu. Mobil untuk perjalanan jauh ini terdiri dari kabin yang luas dan bagasi cukup lapang. Selain itu, banyak fitur bermanfaat pada kabin Suzuki All New Ertiga yang siap membuat perjalanan jauh semakin nyaman, antara lain double blower AC, ventilated cup holder, serta USB charging port. 
  1. Honda New Mobilio: soal urusan perjalanan jarak jauh, Honda telah menyediakan seri New Mobilio yang nyaman dan berkualitas. Mobil ini bertenaga besar sekaligus hemat bahan bakar sehingga dapat membantumu menghemat bujet perjalanan. Fitur Electric Power Steering pada mobil ini membuat beban tangan menjadi lebih ringan selama kamu mengemudi. 
  1. Nissan All New Livina: referensi mobil keluarga berikutnya yang cocok untuk perjalanan jauh adalah Nissan All New Livina. Desain bodinya yang panjang membuat kabin mobil ini terkesan lega dan sangat nyaman. Nissan All New Livina juga disertai sejumlah fitur yang membuatmu bebas bermanuver di segala kondisi jalanan, antara lain Vehicle Dynamic Control, Hill Start Assist, dan Traction Control System. 
  1. Daihatsu Sigra: Daihatsu mempersembahkan seri Sirion bagi kamu yang butuh mobil dengan harga terjangkau tanpa mengabaikan faktor kenyamanan. Seri mobil terbaru Daihatsu ini didesain dengan interior bergaya modern yang nyaman. Meskipun harganya minimalis, ketangguhan Sigra untuk menempuh perjalanan jauh tak perlu diragukan lagi. 
  1. Wuling Cortez: popularitas Wuling sebagai produsen mobil berkualitas asal China semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut turut dibuktikan melalui peluncuran Wuling Cortez, mobil keluarga yang dapat diandalkan untuk perjalanan jauh. Bentuk kabinnya luas dan konsumsi bahan bakarnya irit. Lebih hebatnya lagi, kamu bisa mengaktifkan mode eco driving untuk memaksimalkan penghematan bahan bakar saat menempuh perjalanan jarak jauh ke luar kota. 
  1. Hyundai Palisade: kehadiran Hyundai yang meramaikan pasar mobil di tanah air semakin diperhitungkan sejak Hyundai Palisade hadir sebagai kuda hitam. Mesin diesel yang disertakan pada seri mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ini menjadikannya kian bertenaga sekaligus irit. Panjang Hyundai Palisade yang mencapai hampir 5 meter membuat ukuran kabinnya jadi luas dan sangat nyaman. 
  1. BMW X5: BMW bukan cuma punya produk kebanggaan berupa sedan bernuansa mewah, melainkan juga mobil SUV seri X5. Desainnya mewah dan dilengkapi air suspension canggih sehingga membuat bodi mobil secara keseluruhan terkesan lebih tinggi. Kesan mewah semakin terasa dominan karena BMW X5 dilengkapi sistem voice control, quadzone AC, panoramic sunroof, serta berbagai fitur canggih lainnya. 

Kriteria yang Harus Diperhatikan saat Memilih Mobil untuk Perjalanan Jauh 

Kalau kamu tak ingin salah pilih mobil paling nyaman untuk perjalanan jarak jauh, maka pastikan bila mobil pilihanmu memenuhi kriteria berikut ini: 

  • Penggunaan bahan bakar irit sehingga kamu bisa menghemat bujet perjalanan secara maksimal. 
  • Jumlah tempat duduk memadai untuk menampung seluruh anggota keluarga. 
  • Kapasitas bagasi mumpuni untuk membawa banyak barang bawaan tanpa menurunkan kemampuan manuver mobil tersebut. 
  • Biaya perawatannya tergolong terjangkau dan suku cadangnya mudah ditemukan di pasaran. 

  

Punya mobil pribadi yang spesifikasinya cocok untuk perjalanan jauh saja belum cukup lo, OtoFriends. Kamu juga harus memastikan performa mobil selalu prima karena mendapatkan servis secara berkala. Kini, ada Otoklix yang siap membantumu mengatasi berbagai masalah mobil. Jadi, jangan lupa membiasakan diri untuk selalu cek kondisi mobil di Otoklix sesaat sebelum menempuh perjalanan jauh sebab hanya Otoklix yang paham kebutuhanmu. 

  

Pertanyaan Seputar Mobil Jarak Jauh 

Apakah mobil tua bisa jarak jauh?  

Mobil tua bisa menempuh perjalanan jarak jauh asalkan kondisi mesinnya terawat dan diservis secara teratur agar kerusakan sekecil apa pun bisa lekas diatasi. 

Mobil keluarga apa aja? 

Mobil yang cocok untuk keluarga pada umumnya berasal dari jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV), contohnya Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Nissan All New Livina, dan Daihatsu Sigra.