Memiliki mobil warna hitam memang sedikit tricky, ya. Soalnya kalau kotor atau ada goresan akan sangat terlihat jelas. Oleh karena itu, OtoFriends harus tahu cara menghilangkan menghilangkan baret pada mobil hitam agar mobil tetap kinclong dan bersih. 

Apabila baret yang muncul adalah kategori ringan, yakni hanya goresan tipis dan tidak dalam, OtoFriends bisa loh menghilangkan baret pada mobil hitam sendiri di rumah tanpa perlu ke bengkel. 

Berikut ini beberapa ulasan cara menghilangkan baret pada mobil hitam yang cukup ampuh. Sebagai catatan, cara ini hanya digunakan untuk mengatasi baret mobil ringan, ya.

Cara Menghilangkan Baret pada Mobil Hitam

Untuk menghilangkan baret ringan pada mobil hitam, OtoFriends bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. 

1. Mencuci Mobil

Cara pertama untuk menghilangkan baret pada mobil hitam adalah dengan mencuci mobil sampai bersih. Hal ini dilakukan agar proses penghilangan baret yakni seperti penggunaan kompon dan bahan-bahan lainnya lebih mudah. 

Apabila mobil dalam keadaan kotor, proses pembersihan baret akan lebih sulit dilakukan, bahkan bisa menimbulkan baret atau goresan lebih banyak lagi.

2. Scratch Remover

Berikutnya, OtoFriends bisa menggunakan scratch remover untuk menghilangkan baret ringan pada mobil warna hitam.

OtoFriends bisa membeli scratch remover di e-commerce atau bengkel dan diaplikasikan pada bagian mobil yang baret. Lalu, gosok menggunakan kain microfiber dengan gerakan memutar. Ulangi hingga goresan pada mobil terlihat memudar. 

3. Kompon

Kompon merupakan salah satu penghilang baret yang cukup ampuh. Cara pengaplikasiannya pun sama seperti scratch remover, yakni dengan mengoleskan pada bagian yang baret dan gosok dengan gerakan memutar.

Sebaiknya pilih kompon putih karena hasilnya akan lebih halus dibandingkan dengan coklat yang lebih mudah mengikis cat. 

4. Pasta Gigi

Pasta gigi merupakan salah satu bahan yang cukup ampuh dalam menghilangkan baret mobil. Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa menaruh pasta gigi pada kain basah, kemudian usap pada bagian mobil yang baret secara merata. Ulangi terus hingga baret mobil benar-benar hilang. 

5. Obat Nyamuk

Bahan rumahan berikutnya yang bisa menghilangkan baret pada mobil hitam adalah obat nyamuk lotion. 

Cara pengaplikasiannya juga sama seperti pada sikat gigi, yakni dengan menuangkan obat nyamuk pada kain basah, kemudian usapkan secara merata pada bagian baret mobil. Lalu tunggu selama 1 menit dan bilas hingga bersih.

Tips Merawat Mobil Warna Hitam

Merawat mobil berwarna hitam memang harus lebih ekstra. Sebab, jika ada kotoran atau baret akan terlihat jelas. Berikut ini beberapa tips dalam merawat mobil hitam yang bisa kamu aplikasikan.

1. Cuci mobil secara teratur

Agar tampilan mobil warna hitam tetap kinclong, sebaiknya selalu cuci mobil secara teratur. Pastikan kamu menggunakan sabun khusus, ya, agar tidak merusak cat mobil. 

Cuci mobil minimal satu minggu sekali untuk menghilangkan kotoran. Kotoran yang menempel lama bisa menyebabkan goresan pada mobil.

Jika memungkinkan, cuci mobil di tempat teduh atau gunakan penutup mobil untuk melindunginya dari sinar matahari langsung. Ini akan membantu mencegah baret dan noda air pada permukaan mobil.

2. Menggunakan penutup mobil

Apabila mobil kamu terparkir di luar ruangan, sebaiknya gunakan penutup mobil yang bisa melindungi mobil dari debu, kotoran, dan paparan sinar matahari. Debu dan kotoran ini juga bisa menyebabkan mobil mudah tergores. 

Penutup mobil juga melindungi mobil dari paparan sinar matahari yang bisa membuat cat mobil jadi pudar dan kusam. 

3. Hindari parkir di tempat yang panas

Saat parkir mobil, pilihlah tempat yang agak teduh dan tidak terlalu panas. Hal ini dilakukan agar cat body mobil tetap bagus. Paparan sinar matahari bisa membuat cat mobil memudar dan kusam.

Bagaimana Jika Baret Mobil Sulit Hilang?

Apabila baret mobil tak kunjung hilang, cara satu-satunya untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke bengkel agar ditangani oleh tenaga profesional. 

Bengkel memiliki metode yang lebih bagus dalam menangani baret pada mobil hitam. Untuk biaya, juga tidak terlalu mahal apabila baret yang muncul adalah baret ringan, yakni sekitar Rp350 ribu hingga Rp600 ribuan. 

Kamu bisa datang ke bengkel Otoklix yang memiliki layanan detailing untuk mobil kesayanganmu. Layanan detailing di bengkel Otoklix gak hanya buat body mobil, tetapi juga untuk interior mobil, mesin mobil, sampai bagian velg mobil, loh! Jadi, akan bikin mobil kamu kinclong luar dan dalam. 

Servis mobil di Otoklix juga sangat terjangkau, bahkan ada garansi sampai 14 hari. Yuk, booking sekarang dengan cek di website www.otoklix.com atau dengan menghubungi OtoBuddy di nomor 0811-920-025.

Layanan servis di bengkel Otoklix lengkap! Mulai dari ganti oli, ganti ban mobil, servis AC, hingga detailing mobil. Kalau kamu booking lewat Aplikasi Otoklix bisa lebih hemat sampai 50%, loh!

Pertanyaan seputar Cara Menghilangkan Baret pada Mobil Hitam

Kompon merupakan salah satu penghilang baret yang cukup ampuh. Kompon bisa menghilangkan baret untuk kategori ringan, sedang, dan dalam.

Tips merawat mobil hitam agar tetap kinclong adalah dengan rajin mencuci mobil, parkir di tempat teduh, dan menggunakan penutup mobil.

Apabila baret mobil tak kunjung hilang, cara satu-satunya untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke bengkel agar ditangani oleh tenaga profesional.