Mobil yang lecet atau baret sebaiknya segera dilakukan pengecatan ulang. Selain membuat tampilan mobil jadi seperti baru lagi, cat untuk mobil baret juga bisa melindungi bagian body mobil dari korosi. Lalu, berapa biaya cat mobil baret atau lecet?

Biaya cat mobil baret ternyata tidak semahal yang kita bayangkan. Untuk pengecatan mobil yang baret per panelnya yakni mulai dari Rp350 ribuan dan paling mahal sekitar Rp800 ribuan. Masih cukup terjangkau, ya.

Mahal tidaknya cat mobil juga ditentukan oleh beberapa hal, seperti jenis baret, jenis cat mobil yang dipilih, hingga ukuran mobil itu sendiri.

Berikut ini informasi terkait biaya cat mobil baret atau lecet serta tips merawat cat mobil agar tetap awet dan kinclong.

Baca juga: Cara Ampuh Hilangkan Baret Pada Kaca Mobil

Biaya Cat Mobil Lecet atau Baret per Panel

Untuk mengatasi mobil lecet atau baret, biasanya dilakukan pengecatan per panel yang berarti pengecatan hanya dilakukan di satu area saja, misal di pintu mobil, atap mobil, atau bagian bemper mobil. 

Oleh karena itu, biaya cat mobil baret per panel ini bisa berbeda-beda. Berikut ini kisaran biaya cat mobil baret per panel yang dikutip dari laman lifepal.co.id.

Bagian mobil yang dicatHarga
Kap mesinMulai dari Rp 400 ribu hingga Rp600 ribu
Kap bagasiMulai dari Rp350 ribu hingga Rp600.000
Atap mobilMulai dari Rp500 ribu hingga Rp800 ribu
Panel pintuMulai dari Rp300 ribu
Kabin atasMulai dari Rp650 ribu
Bemper depan dan belakangMulai dari Rp350 ribu
Fender per panelMulai dari Rp350 ribu

 

Harga di atas bisa berbeda-beda dipengaruhi oleh bagian mobil yang dicat ulang, jenis kerusakan baret, hingga pemilihan jenis cat mobil. Menggunakan cat mobil dengan bahan polyurethane tentunya lebih mahal dibanding dengan bahan acrylic lacquer.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Baret Mobil Yang Dalam dengan Mudah

Jenis Baret pada Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis baret mobil juga mempengaruhi biaya cat mobil yang baret. Berikut ini jenis-jenis baret pada mobil yang perlu OtoFriends ketahui.

1. Baret Dalam

Jenis baret ini termasuk baret yang cukup parah, di mana bentuk baretnya cukup jelas, terasa kasar, dan juga dalam.

Baret dalam bisa disebabkan karena beberapa hal, yakni kecelakaan berat, terserempet kendaraan, hingga terserempet benda tajam.

2. Baret Sedang

Jenis baret ini bisa muncul karena mobil menabrak ranting pohon yang runcing. Meskipun kondisi baretnya tidak dalam, namun baret tetap terlihat dengan jelas pada bagian body mobil. 

Untuk mengatasinya, bisa juga dengan menggunakan kompon yang harganya lebih murah dan praktis. 

3. Baret Ringan

Jenis baret ini bentuknya seperti noda biasa dan tidak merusak cat mobil. Untuk menghilangkannya, OtoFriends bahkan bisa menggunakan bahan-bahan rumahan seperti pasta gigi hingga lotion obat nyamuk. 

Baret ringan ini bisa terjadi karena goresan debu yang menempel pada bagian body mobil, atau karena tergores benda kecil secara tidak sengaja.

Bisakah Menghilangkan Baret Mobil Tanpa Harus Cat Mobil?

Tentu saja baret mobil bisa hilang tanpa harus melakukan cat mobil. Kamu bahkan bisa memanfaatkan bahan-bahan rumahan pasta gigi, lotion obat nyamuk, baking soda, dan lain-lain.

Namun, perlu diketahui bila cara ini hanya mempan untuk jenis baret yang ringan dan sedang saja. Apabila baret pada mobil cukup dalam, maka kamu sebaiknya tetap melakukan pengecatan mobil agar tampilan mobil bisa bagus dan kinclong kembali.

Baca juga: Gak Usah Repot! 4 Cara Memilih Cover Mobil Anti Air dan Panas

Tips Agar Cat Mobil Awet

Baret pada mobil adalah sesuatu yang bisa kita hindari saat mengendarai mobil. Berikut ini beberapa tips aman agar cat mobil awet dan tidak baret atau lecet.

1. Membersihkan Mobil Secara Teratur

Tips yang pertama adalah dengan membersihkan mobil secara teratur, baik itu mencuci mobil dan juga membersihkan mobil dari debu sebelum digunakan.

Mobil yang kotor bisa menyebabkan mobil jadi kusam. Selain itu, debu yang menempel pada body mobil juga bisa membuat mobil jadi baret.

Usahakan saat mencuci mobil menggunakan sabun khusus yang tidak merusak cat mobil, ya. Begitu juga saat membersihkan mobil dari debu, gunakanlah lap yang lembut.

2. Hati-Hati saat Berkendara

Menggunakan mobil dengan sembrono juga bisa menyebabkan mobil jadi baret. Apalagi jika kamu tinggal di jalanan yang sempit. 

Agar cat mobil tetap aman, kuncinya adalah berkendara dengan hati-hati. Pastikan memeriksa kondisi depan, samping, dan belakang mobil untuk memastikan tidak ada benda atau pengendara lain yang menghalangi.

3. Melapisi dengan Wax 

Tips aman agar cat mobil tetap bagus adalah dengan melapisi wax mobil. Wax mobil ini bisa melindungi cat mobil dari paparan sinar matahari, air hujan, hingga kotoran dan debu jalanan. 

Wax mobil ini juga memiliki fungsi untuk memperlambat proses karatan atau korosi pada mobil. Pastikan membeli wax mobil dengan kualitas yang bagus dan tidak asal-asalan, ya.

4. Rutin Merawat Mobil ke Bengkel

Jangan lupa juga untuk rutin membawa mobilmu ke bengkel, mulai dari ganti oli hingga detailing mobil. Dengan begini, bukan hanya mobilmu yang kinclong, tapi bagian mesin mobil juga bisa tetap terawat dan performanya tetap bagus. 

Kamu bisa membawa mobil kesayanganmu ke bengkel Otoklix terdekat yang memiliki layanan lengkap. Di bengkel Otoklix tersedia nano coating mobil dengan harga terjangkau, mulai dari Rp2,9 jutaan. 

Kamu bisa booking lewat Aplikasi Otoklix dan bisa menghemat hingga 50%, loh! Yuk, booking sekarang juga. 

Servis di bengkel Otoklix nyaman dengan all in one experience! Harga terjangkau, bisa booking online, dan ada jaminan spare part asli. Yuk, download aplikasi Otoklix sekarang dan dapatkan banyak benefitnya.

Pertanyaan seputar Biaya Cat Mobil Baret

Pengerjaan untuk baret mobil bisa memakan waktu selama 1-2 hari. Hal ini bergantung pada jenis baret dan kerusakan lainnya.

Cat duco mobil termasuk murah. Di e-commerce harganya mulai dari Rp98 ribu.

Baret mobil bisa disebabkan karena tabrakan mobil, debu dan kotoran, ranting pohon, hingga terkena kerikil.