Ada banyak alasan yang menjadi penyebab alarm mobil bunyi terus. Padahal, alarm mobil ini penting sebagai fitur keamanan. Alarm mobil yang terus menerus berbunyi menjadi tanda adanya masalah yang harus segera diperbaiki agar bisa berfungsi normal kembali.

Kali ini Otoklix bakal membahas tentang penyebab alarm mobil bunyi terus dan cara mengatasinya. Mari simak selengkapnya.

Penyebab Alarm Mobil Bunyi Terus

Alarm mobil yang terus menerus berbunyi pasti membuat tidak nyaman. Tidak hanya penumpang di dalam mobil, juga mengganggu sekitar. Berikut ini mungkin adalah hal-hal yang bisa menjadi penyebab alarm mobil bunyi terus.

1. Pintu mobil belum tertutup rapat

Pintu mobil yang masih belum tertutup rapat menjadi penyebab umum alarm mobil berbunyi. Mungkin kita merasa sudah menutup pintu dengan rapat, ternyata masih ada yang tersangkut yang membuat pintu tidak tertutup rapat.

Mengapa alarm mobil bisa berbunyi karena pintu belum rapat? Sebab, alarm mobil punya sensor yang mendeteksi sinyal dari sistem keamanan lewat pintu. Sebagaimana yang kita tahu, pintu yang tidak tertutup rapat saat mobil melaju bisa berbahaya bagi penumpang. Ada jenis alarm mobil dengan sensor lampu. Kalau pintu belum tertutup rapat, lampu akan menyala.

2. Kerusakan pada sensor kap mesin

Selain pintu mobil, sensor kap mesin yang rusak juga bisa menjadi penyebab alarm mobil bunyi terus. Sama seperti pintu mobil, kap mesin yang terdeteksi masih terbuka akan memberikan response alarm berbunyi. 

Cara mengatasinya adalah dengan membuka dan menutup kembali kap mesin. Selanjutnya kunci kap melalui remot mobil. Akan tetapi, kalau memang ternyata kap mesin sudah tertutup sempurna dan alarm mobil masih bunyi, bisa jadi memang sensor kap mesin yang rusak.

3. Sensitivitas alarm rusak

Seiring pemakaian mobil, alarm bisa saja mengalami kerusakan. Kerusakan ini memengaruhi sensitivitas alarm mobil. Alarm mobil punya sensor yang terletak di pintu mobil. Jadi, saat ada suara atau getaran pada mobil, alarm ini akan berbunyi. Namun, kalau ternyata tidak ada apa-apa dan alarm mobil berbunyi, bisa jadi masalahnya memang ada pada sensitivitas alarm yang rusak.

Kerusakan ini terjadi pada komponen modul alarm. Modul alarm ini yang menangkap getaran di sekitar mobil. Semakin tinggi sensitivitas, maka suara atau gerakan kecil saja bisa membuat alarm mobil berbunyi. Kalau memang tidak ada kerusakan pada alarm, OtoFriends bisa menurunkan tingkat sensitivitas modul alarm mobil.

4. Baterai central lock rusak atau habis

Central lock adalah komponen yang bisa mengunci semua pintu mobil pada satu sakelar.kalau baterai central lock habis, kita perlu membuka pintu secara manual. Hal ini membuat alarm mobil berbunyi. Jadi, kalau baterai central lock sudah akan habis, segera ganti agar tidak perlu membuka mobil secara manual.

5. Komponen alarm mobil rusak

Komponen-komponen alarm mobil di antaranya adalah sensor, control unit, sirine, sampai lampu kedip. Kalau salah satunya ada yang rusak, alarm tidak bisa berfungsi dengan baik. Bukan tidak mungkin bisa berbunyi terus. Segera periksa sistem alarm untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi. Pastikan juga untuk menggunakan suku cadang yang berkualitas.

Itu dia 5 penyebab alarm mobil bunyi terus. Berikutnya mari kita bahas cara mengatasi alarm mobil bunyi terus.

Cara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus

Beberapa masalah di atas bisa diatasi dengan cara sederhana berikut ini. Cara ini bisa dilakukan sebelum membongkar atau mengganti komponen sistem keamanan mobil tersebut. Simak penjelasan berikut ini.

1. Ganti baterai remote

Masalah umum yang terjadi pada alarm mobil adalah daya baterai remot central lock yang lemah atau bahkan sudah habis. Apalagi jika memang sudah digunakan untuk waktu yang lama. Selain membuat alarm mobil bunyi terus, kerusakan pada central lock juga bisa membuat alarm mobil bunyi saat mobil tidak distarter. Pastikan untuk mengganti baterai baru dengan tipe dan jenis yang sesuai.

2. Ubah ke mode silent

Cara mengatasi alarm mobil bunyi terus yang kedua adalah dengan mengubah mode silent pada central lock. Dengan begini, alarm mobil tidak akan berbunyi sampai kita mengembalikan ke mode normal. Cara ini cukup ampuh, agar tidak repot mengecek kerusakan dan mengganti dengan komponen yang baru.

3. Lakukan cara manual

Ada juga cara mengatasi alarm mobil bunyi terus secara manual. Kita hanya perlu membuka pintu secara manual menggunakan kunci kontak. Caranya adalah memasukkan kunci ke lubang starter lalu bolak-balik kunci dari posisi ACC ke ON sebanyak 10 kali. Lakukan cara itu secara cepat.

Komponen dan Cara Kerja Alarm Mobil

Sebagai tambahan informasi, kita juga perlu tahu apa saja komponen alarm mobil dan bagaimana cara kerjanya. Ada tiga komponen yang saling berhubungan, yaitu sensor, control unit, serta sirine dan lampu kedip.

1. Sensor

Seperti yang sudah dibahas di atas, biasanya sensor ini dipasang di pintu mobil. Sensor ini akan mengirimkan sinyal ke control unit saat mobil mengalami getaran atau guncangan. Sensor ini juga bisa mendeteksi suara yang terlalu keras, misalnya kaca pecah sebagai upaya pencurian. Sensor akan mengirim sinyal dan alarm akan berbunyi.

2. Control unit

Komponen yang kedua adalah control unit. Komponen ini akan menangkap sensor. Sistem ini akan mengaktifkan output, bisa sirine atau lampu kedip. Umumnya, control unit menggunakan transmitter gelombang radio. 

3. Sirine dan lampu kedip

Komponen selanjutnya adalah sirine. Sirine ini akan berbunyi saat transmisi sinyal ditangkap sensor. Sinyal output ini akan mengeluarkan suara melalui speaker atau lampu kedip. Ini menjadi pertanda terjadi sesuatu pada mobil kita. 

Itu dia adalah informasi tentang penyebab alarm mobil bunyi terus, cara mengatasinya, serta cara kerja komponennya. 

Perbaikan central lock atau alarm mobil bisa dilakukan di bengkel terdekat. Tidak perlu ribet lagi mencari bengkel terdekat dengan berkeliling. Melalui aplikasi Otoklix, OtoFriends akan menemukan paling tidak 2.000+ bengkel umum terdekat lokasimu. Bisa langsung booking service juga via aplikasi.