OtoFriends, menjaga mobil agar tetap dalam kondisi prima adalah prioritas setiap pemilik mobil. Salah satu cara paling fundamental untuk melakukan itu adalah dengan mengganti oli mesin mobil secara rutin. Biasanya, OtoFriends akan melakukannya di bengkel resmi maupun non-resmi, tapi jangan salah ternyata cara mengganti oli mobil bisa juga dilakukan secara mandiri di rumah. Bagaimana caranya? Yuk, simak!

Mengapa Oli Mesin Mobil Harus Diganti Secara Rutin?

Oli mesin mobil berperan penting  dalam menjaga mesin bekerja secara optimal. Selain itu, masih ada lagi beberapa alasan yang membuat oli mesin mobil wajib diganti, berikut ulasannya:

1. Efisiensi bahan bakar

Oli yang kotor dapat meningkatkan gesekan di mesin sehingga mesin mobil harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama. Dengan mengganti oli secara rutin, OtoFriends dapat membantu mesin beroperasi lebih efisien, yang pada gilirannya meningkatkan efisiensi bahan bakar.

2. Mendinginkan mesin

Oli dapat membantu mendinginkan mesin dengan memindahkan panas dari bagian mesin yang bergerak dan membawanya ke tempat yang lebih dingin. Oli lama akan kehilangan kemampuan ini sehingga bisa menyebabkan mesin menjadi terlalu panas dan akhirnya overheat.

3. Memperpanjang usia mesin

Dengan mengurangi gesekan antar komponen di mesin, oli yang bersih dapat memperpanjang usia mesin. Gesekan yang berlebih tanpa pelumasan bisa menyebabkan terjadinya keausan yang cepat pada bagian-bagian mesin.

4. Menghilangkan kerak dan kotoran

Oli mesin yang diganti secara rutin juga berperan sebagai pembersih kerak dan kotoran. Kerak dan kotoran dari dalam mesin akan dibawa ke filter oli. Filter oli yang kotor bisa OtoFriends bersihkan atau bahkan ganti ketika sedang melakukan pergantian oli.

 

Kapan Harus Mengganti Oli Mobil?

Biasanya, produsen mobil menyarankan pergantian oli setiap 10.000 – 15.000 KM (kilometer) penggunaan. Namun, rentang ini bisa saja berbeda tergantung pada model mobil, gaya berkendara, dan kondisi jalan. Jadi, selalu cek buku panduan mobil OtoFriends untuk rekomendasi spesifiknya.

Memilih Oli Mobil yang Bagus

Nah, sebelum membahas cara mengganti oli mobil, ada baiknya OtoFriends ketahui lebih dulu bagaimana memilih oli yang bagus?

Pertama, pastikan oli mobil sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan produsen mobil. Kedua, perhatikan juga viskositas oli, yang menunjukkan ketebalan oli pada suhu tertentu. Oli dengan viskositas yang tepat akan melumasi mesin mobil dengan lebih efektif.

Ingat, OtoFriends, untuk pengalaman penggantian oli yang tepat, cepat, dan nyaman ke bengkel Otoklix saja. Gak cuma ditangani oleh para ahlinya, oli di Otoklix juga dijamin asli!

 

Bagaimana Cara Mengganti Oli Mobil secara Mandiri di Rumah

langkah langkah mengganti oli mobil

1. Periksa suhu mesin

Cara mengganti oli mobil yang pertama adalah dengan memeriksa suhu mesin terlebih dahulu. Pastikan mesin mobil dalam kondisi hangat, tidak terlalu panas atau dingin, ini berguna untuk memudahkan oli mengalir saat proses pengurasan.

2. Dongkrak mobil

Kemudian, angkat mobil menggunakan dongkrak agar memudahkan OtoFriends mengakses ke bagian bawah mesin. Pastikan mobil berada di permukaan yang datar dan stabil untuk menghindari risiko kecelakaan saat bekerja di bawahnya.

3. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Cara mengganti oli mobil berikutnya adalah dengan menyiapkan semua alat yang akan digunakan, termasuk kunci pas untuk membuka baut penguras oli dan baskom untuk menampung oli lama yang akan dikuras.

4. Kuras oli lama

Letakkan baskom di bawah baut penguras oli, kemudian buka baut tersebut dengan kunci pas. Biarkan oli lama mengalir keluar sepenuhnya. Setelahnya, bersihkan dan kencangkan kembali baut tadi dengan hati-hati.

5. Ganti filter oli

Sebelum mengisi dengan oli baru, alangkah baiknya OtoFriends membuka dan mengganti filter oli. Pastikan untuk melumasi segel karet dari filter oli baru dengan sedikit oli sebelum pemasangan.

6. Buka tutup pengisian oli dan isi dengan oli baru

Bagian akhir dari cara mengganti oli mobil adalah dengan membuka tutup pengisian oli. Kemudian, isi dengan oli baru. OtoFriends bisa menggunakan corong untuk menuangkan oli baru ke dalam mesin hingga mencapai level yang direkomendasikan.

Itulah langkah-langkah mengganti oli mobil yang bisa dilakukan secara mandiri. Namun, jika OtoFriends cukup sibuk untuk melakukan penggantian oli secara mandiri, jangan ragu untuk menghubungi atau datang langsung ke bengkel Otoklix.

Dengan pelayanan yang profesional, proses penggantian oli mobil menjadi lebih cepat, nyaman, serta berkualitas. Yuk, kunjungi sekarang!

 

Pertanyaan Seputar Oli Mobil

 

  1. Langkah-langkah mengganti oli mobil?

Panaskan mesin, dongkrak mobil, kuras oli lama, ganti filter oli, dan tuang oli baru sesuai dengan spesifikasi mobil. 

  1. Langkah atau cara mengganti oli motor?

Pada dasarnya, mengganti oli motor dan mobil tidak jauh berbeda yang mencakup pemanasan mesin singkat, posisikan motor pada posisi stabil, kuras oli lama, ganti oli baru yang sesuai. 

  1. Alat apa yang dibutuhkan untuk mengganti oli mobil?

Alat yang dibutuhkan untuk mengganti oli mobil adalah kunci pas, dongkrak, dan wadah/baskom. 

  1. Berapa lama harus ganti oli mesin mobil?

Disarankan untuk mengganti oli mesin mobil setiap 5.000-10.000 kilometer, tetapi ini bisa berbeda tergantung spesifikasi produsen dan kondisi penggunaan mobil.

 

 

References:

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/penggantian-oli-mesin-mobil-yang-benar-tips

https://moladin.com/blog/cara-mengganti-oli-mobil/

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/rutin-ganti-oli