Seiring dengan usia pemakaian, kaca mobil menjadi terlihat buram atau bahkan menguning. Pemilik pasti ingin tahu cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram. Selain agar cahayanya terpancar lebih maksimal, tampilan mobil juga terlihat makin keren dan seperti baru.

Sebelum mendatangi bengkel terdekat, mungkin OtoFriends bisa melakukan hal-hal berikut sebagai cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram.

Bahan Pembersih Kaca Lampu Mobil yang Buram

Ada 6 bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca lampu mobil yang buram. Bahan-bahan ini relatif mudah didapat. Ada yang bisa dibeli di warung atau toko terdekat, ada pula yang sudah terjual bebas di bengkel-bengkel atau aksesoris otomotif. Berikut ini 6 bahannya.

1. Lotion anti nyamuk

Bahan yang mudah dicari pertama adalah lotion anti nyamuk. Mengoleskan lotion anti nyamuk diklaim bisa menjadi cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram yang maksimal. Bahan yang dibutuhkan hanya lap microfiber dan secukupnya lotion anti nyamuk, tergantung seberapa luas area yang ingin dibersihkan.

2. Cuka

Bahan kedua adalah cuka dapur. Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram dengan cuka dapur adalah dengan mencampur 3 sendok makan cuka dapur dengan 1 liter air. Siapkan juga semprotan dan 2 lap microfiber.

Masukkan campuran cuka dan air ke dalam botol semprot, lalu semprot kaca dengan campuran tersebut dan gosok dengan lembut menggunakan microfiber. Kalau tidak ada botol semprot, OtoFriends bisa menggunakan wadah biasa. Caranya yaitu mencelupkan kain ke bahan campuran tersebut dan usap ke bagian kaca mobil yang buram.

3. Amplas

Bahan berikutnya yang bisa digunakan adalah amplas paling halus. Caranya adalah basahi amplas terlebih dahulu, begitu juga permukaan kaca lampu menggunakan air bersih. Kemudian, lakukan pengamplasan dengan hati-hati, jangan sampai terkena bodi mobil dan membuat catnya mengelupas. Setelah digosok, bersihkan dengan lap yang bersih dan halus.

4. Pasta gigi

Siapa yang menyangka bahwa pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan kaca lampu mobil yang buram? OtoFriends hanya membutuhkan pasta gigi, air bersih, dan lap microfiber. Oleskan pasta gigi secara merata, diamkan beberapa menit, lalu lap menggunakan lap microfiber. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan lap kembali dengan microfiber.

5. Compound

Bahan berikutnya adalah compound. Fungsi dari compound adalah untuk menghilangkan oksidasi pada kaca, plastik, maupun mika lampu. Caranya poles menggunakan pemoles mobil lalu gosok dengan kain halus dengan arah naik turun.

6. Cairan pembersih khusus

Salah satu yang paling efektif adalah menggunakan cairan pembersih khusus yang memang diformulasikan untuk membersihkan kaca mobil yang buram. Cairan ini bisa dibeli di tempat cuci mobil atau aksesoris mobil. Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Semprotkan cairan khusus tersebut dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, gunakan lap microfiber halus untuk tahap akhirnya.

Itu dia 6 bahan yang bisa digunakan sebagai cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram. OtoFriends bisa menggunakan cairan khusus dari produk-produk di bawah ini sebagai pilihan.

Baca juga: Cara Membersihkan Lampu Mobil dengan Pasta Gigi yang Benar!

Rekomendasi Cairan Pembersih Kaca Lampu Mobil yang Buram

Biaya bersihkan kaca lampu mobil di bengkel untuk mendapatkan hasil yang maksimal memang cukup mahal. Bisa sampai sekitar Rp300 ribu sampai dengan Rp500 ribu per mobil. Jadi, bagi OtoFriends yang mau beli cairan pembersih kaca lampu mobil yang buram supaya harganya lebih terjangkau, Otoklix punya beberapa rekomendasi seperti berikut ini. 

1. Auto Magic XP Power Cut Plus

Cairan pembersih kaca lampu mobil yang buram pertama ada dari Auto Magic XP Power Cut Plus. Produk ini bisa dengan cepat menghilangkan oksidasi dan non flek air pada kaca lampu mobil. Bisa digunakan secara manual dengan tangan atau pakai mesin poles. 

Cara memakainya yaitu mengoleskan produk pada kaca lampu mobil yang sudah dibersihkan menggunakan air. Kemudian, gosok dengan alur naik turun menggunakan lap microfiber. Cairan ini sudah menggunakan bahan ramah lingkungan. Harganya sekitar Rp162 ribuan. 

2. Get1 Crystal Light Set

Cairan kedua berasal dari merek Get1 Crystal Light Set. Produk ini cocok dipakai pada headlamp berbahan plastik. Satu set produk ini terdiri dari satu botol cairan pembersih dan satu botol sebagai pengilap atau protektor permukaan headlamp. Ada pula spons di dalam satu paketnya. 

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram dengan produk ini adalah pertama bersihkan permukaan lampu memakai air bersih dan keringkan. Kemudian, botol dikocok terlebih dahulu sebelum dituang ke spons. Gosok kaca lampu yang pudar secara merata lalu setelah selesai, bersihkan dengan kain bersih. Tahap berikutnya adalah menuangkan cairan protektor ke spons dan gosok secara merata. Harga satu set Get1 Crystal Lighter adalah sekitar Rp55 ribuan. 

3. Cyclo Headlight Restoration

Cara pengaplikasian Cyclo Headlight Restoration ini juga cukup mudah. Setelah permukaan kaca dibersihkan dengan air, tuangkan produk ke kain bersih atau spons, lalu gosok secara merata ke seluruh permukaan kaca lampu mobil. Produk ini dibanderol dengan harga sekitar Rp175 ribuan. 

4. Meguiars Headlight Protectant

Produk asal Amerika ini bisa dipakai pada semua jenis permukaan headlamp. Mulai dari bahan plastik, mika, dan kaca. Penggunaannya juga cukup mudah. Langkah pertama sama dengan cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram lainnya, yaitu membersihkan permukaan kaca lampu memakai air bersih lalu keringkan.

Setelah itu, botol dikocok terlebih dahulu dan cairan dituang ke kain bersih atau spons. Kemudian, gosok ke permukaan lampu yang kusam secara merata. Harganya sekitar Rp156 ribuan per botol.

Itu dia 4 merek cairan pembersih kaca mobil yang buram.

Baca juga: Jangan Biarkan Kotor, Ini Cara Membersihkan Mesin Mobil

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram

Setelah menyimak pembahasan di atas, secara umum cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram secara maksimal adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan peralatan

Pertama, siapkan peralatan yang dibutuhkan:

  1. Cairan pembersih mobil
  2. Compound
  3. Lap microfiber atau chamois
  4. Amplas 1500 dan 2000
  5. Bensin atau minyak tanah (dicampur dengan sabun dengan rasio pencampuran 60:40 atau 70:30.

2. Mengamplas menggunakan bensin

Setelah bensin dan sabun sudah tercampur rata, maka celupkan amplas 2000 dan gosok secara merata pada kaca lampu mobil. Setelah cukup bersih, ganti ke amplas 1500. Setelah selesai, keringkan dengan lap chamois.

2. Cuci kaca lampu mobil

Lakukan pencucian kaca lampu mobil menggunakan sabun cuci dan bersihkan seluruh permukaannya secara merata. Kemudian, keringkan dengan lap chamois atau microfiber sampai benar-benar kering.

3. Mengoleskan compound

Setelah itu, oleskan compound secara merata ke permukaan kaca lampu mobil. Compound ini akan menutupi baret dan lecet. 

4. Gosok kaca lampu mobil

Kemudian, gosok permukaan kaca lampu dengan gerakan melingkar. Kalau masih ada baret, bisa gunakan amplas 1500. Supaya lebih efektif, rendam dulu amplas tersebut pada campuran air dan alkohol. Lakukan tahapan secara berulang-ulang sampai kaca menjadi lebih jernih.

Baca juga: Cara Membersihkan Interior Mobil, Perhatikan 4 Bagian Ini!

Tips Merawat Kaca Lampu Mobil

Usai mengetahui penyebabnya, berikut tips agar kaca lampu mobil tidak mudah buram:

  • Hindari memarkir mobil di bawah terik sinar matahari. Upayakan parkir mobil di tempat yang teduh untuk menghindari oksidasi, sehingga tidak mudah buram.
  • Pilih bohlam lampu yang sesuai dengan spesifikasi mobil masing-masing. Hindari lampu yang watt-nya terlampau besar.
  • Gunakan cairan khusus untuk melindungi kaca lampu mobil seperti wax dan cairan anti sinar UV.
  • Bersihkan dan keringkan kaca lampu mobil secepat mungkin setelah diguyur hujan atau terciprat becek di jalan. Jangan dibiarkan air hujan atau becek tadi terlalu lama menempel di kaca lampu mobil, agar tak meninggalkan noda yang susah dibersihkan.

Demikian artikel tentang cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram. Selain itu, rutinlah membersihkan dan merawat kaca lampu mobil. Bila tak ada waktu, kunjungi saja tempat cuci mobil terdekat. Saat ini, menemukan bengkel terdekat lebih mudah dan praktis dengan menggunakan aplikasi Otoklix. Bahkan, kamu bisa melakukan booking berbagai jenis perawatan mobil seperti cuci mobil, ganti oli, ganti aki, tune up, hingga perawatan ban dan AC mobil. 

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram :


Langkah membersihkan kaca lampu mobil yang pertama adalah mencuci permukaan kaca terlebih dahulu sampai bersih, keringkan dengan lap, lalu gosok menggunakan bahan pembersih, bisa cairan khusus atau campuran yang dibuat sendiri dari bahan-bahan yang mudah ditemukan.


Lampu mobil biasanya menjadi kuning karena tidak kuat menahan panas dari lampu, apalagi kalau daya lampu yang dipasang lebih besar dari spesifikasi. Tempertatur yang berlebih itu membuat kaca mobil menguning.


Biaya membersihkan kaca mobil di bengkel mulai dari Rp300 ribu untuk mobil kecil dan sedang, sedangkan mobil besar dibanderol sampai dengan Rp500 ribuan.