Program bantuan BBM yang diusung pemerintah di tahun 2022 kembali terealisasikan di tahun 2023. Info bantuan BBM tahun 2022, pemerintah mempersiapkan dana sebanyak Rp12,4 triliun yang akan disalurkan kepada 20,65 juga keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM), program bantuan pemerintah lainnya antara lain program sembako (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH). Khusus bantuan BBM ini, tujuan pemerintah untuk meringankan beban perekonomian masyarakat berpenghasilan rendah atas dampak kenaikan BBM.

Bantuan BBM 2023 kapan cair? Di bulan September ini sudah memasuki pencairan tahap ketiga yakni sekitar bulan Juli-September 2023. Karenanya, segera cari tahu apakah kita termasuk penerima BLT BBM dan cara mendaftarnya.

Baca juga: Cara Daftar dan Transaksi di Aplikasi My Pertamina

Cara Daftar Bantuan BBM 2023

BLT BBM 600 ribu memasuki tahap ketiga proses pencairannya di tahun 2023. Jika OtoFriends yang memiliki penghasilan rendah belum mendaftarkan diri, maka berikut ini syarat dan cara mendaftar BLT BBM.

1. Syarat Penerima Manfaat BLT BBM

Berikut ini syarat bagi penerima manfaat (PM) BLT BBM, antara lain:

  • Calon penerima merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Calon penerima merupakan warga miskin atau rentan miskin
  • Calon penerima bukan aparatur sipil negara (ASN) dan TNI atau Polri
  • Calon penerima telah terdaftar sebagai KPM pada DTKS
  • Calon penerima memiliki penghasilan maksimal Rp3,5 juta per bulan

Jika OtoFriends termasuk dalam kriteria sebagai penerima BLT BBM di atas namun belum pernah mendaftar sebagai penerima manfaat maka segera lakukan pendaftaran.

2. Cara Daftar BLT BBM

Setelah melihat syarat dan kriteria penerima manfaat yang berhak mendapatkan BLT BBM 2023 namun OtoFriends merasa belum pernah melakukan pendaftaran bantuan pemerintah tersebut, maka segera lakukan pendaftaran melalui aplikasi Cek Bansos.

Cara pendaftaran BLT BBM melalui aplikasi Cek Bansos, antara lain:

  • Unduh dan instal aplikasi Cek Bansos di smartphone atau gadget
  • Buat akun baru di aplikasi tersebut berdasarkan data diri  yang benar
  • Tuliskan informasi identitas diri yang diminta seperti nomor NIK, KK, dan data diri lainnya sesuai KTP
  • Upload foto KTP dan swafoto bersama KTP sesuai petunjuk yang telah diberikan pada aplikasi tersebut
  • Jika proses pembuatan akun baru tersebut selesai, kita bisa memilih menu “Daftar Usulan” untuk menginput nama calon penerima bantuan sosial BLT BBM
  • Kemudian pilih menu “Tambah Usulan”
  • Lalu tulis informasi identitas diri lengkap calon penerima bansos BLT dengan benar sesuai KTP
  • Tunggu beberapa saat hingga proses verifikasi data telah selesai.

Baca juga: Program Subsidi Mobil Listrik, Solusi Tepat Mengurangi Emisi?

Cek Bantuan BBM 2023

Cara untuk memeriksa daftar penerima manfaat BLT BBM dan bantuan pemerintah lainnya melalui aplikasi Cek Bansos atau melalui situs resmi di laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut ini langkah-langkahnya, antara lain:

  • Akses website cekbansos.kemensos.go.id
  • Input data diri yang dibutuhkan antara lain provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan
  • Input data nama penerima manfaat sesuai dengan KTP
  • Input kode verifikasi atau kode captcha yang benar lalu klik button “Cari Data”
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi apakah nama tersebut termasuk ke dalam daftar penerima manfaat BLT BBM

Untuk diketahui apabila OtoFriends menemukan data yang mencurigakan terkait bansos BLT BBM ini, seperti penerima bantuan yang salah sasaran, kita dapat mengajukan pengaduan melalui hotline Kementerian Sosial melalui nomor 08111022210 atau melalui email bansoscovid-19@kemensos.go.id.

Manfaat Bantuan BBM

Kenaikan BBM yang terjadi sejak tahun 2022 hingga saat ini memberikan dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat Indonesia. Kendati begitu, fluktuasi harga minyak dunia tetap tak terhindarkan.

Melihat hal tersebut, pemerintah memberikan kompensasi atas kenaikan harga BBM kepada masyarakat atau keluarga yang terdampak langsung atas kenaikan harga BBM tersebut melalui Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) yang disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Harapannya, dengan adanya bantuan BBM tersebut maka masyarakat akan merasa terbantukan secara finansial untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya seperti, kebutuhan makan, kesehatan, hingga pendidikan. Secara terperinci, berikut ini tujuan dan manfaat BLT BBM.

1. Mengurangi Beban Biaya Hidup

Walaupun BBM naik, akan tetapi dengan adanya program BLT BBM pemerintah berharap tetap dapat meringankan biaya hidup masyarakat, khususnya secara finansial agar daya beli masyarakat tetap stabil dan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya.

2. Menopang Perekonomian Rumah Tangga

BLT BBM ikut menopang perekonomian rumah tangga. Sebab masyarakat memiliki dana tambahan khusus yang dapat dialokasikan untuk keperluan rumah tangga seperti dana pendidikan atau modal bisnis.

3. Menekan Dampak Buruk Kenaikan Harga BBM

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kenaikan harga BBM dapat menciptakan inflasi sehingga berpengaruh langsung terhadap kebutuhan biaya transportasi masyarakat. Karenanya, untuk mengurangi dampak buruk tersebut, program BLT BBM diharapkan mampu mengurangi dampak negatif atas kenaikan harga BBM.

Baca juga: Nggak Punya Waktu ke Bengkel? Tenang, Otoklix Siap Datang ke Rumah

Demikianlah informasi tentang bantuan BBM yang diberikan pemerintah di tahun 2023. Bantuan tunai langsung tersebut cukup berguna untuk menghemat biaya operasional kendaraan.

Namun, bila ternyata kita belum lolos proses verifikasi sebagai penerima manfaat bantuan tersebut maka kita masih dapat menghemat biaya operasional kendaraan dengan memperhatikan perawatan mobil. Salah satu caranya dengan rutin melakukan servis mobil secara berkala.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Selain servis berkala, tersedia pula bengkel detailing mobil atau salon cuci mobil. Dalam satu tempat, kita dapat melakukan perawatan kendaraan secara menyeluruh. Segera download aplikasi Otoklix dan lakukan booking service.

Pertanyaan Seputar Bantuan BBM :


Cara daftar BLT BBM melalui aplikasi Cek Bansos dengan mengisi informasi identitas diri dengan data yang benar sesuai yang tertulis di KTP. Kita akan diminta untuk melakukan foto KTP dan swafoto bersama KTP.


Cara cek nama kita telah terdaftar sebagai penerima manfaat BLT BBM melalui aplikasi Cek Bansos, aplikasi yang sama saat kita akan melakukan pendaftaran calon penerima manfaat BLT BBM tersebut.


Cara untuk memeriksa daftar penerima manfaat BLT BBM dan bantuan pemerintah lainnya melalui aplikasi Cek Bansos atau melalui situs resmi di laman cekbansos.kemensos.go.id.