OtoFriends, melihat banyaknya merek aki motor, rasanya bingung kalau harus milih satu yang tepat. Oleh karena itu, sebelum bahas soal aki mana yang sebaiknya dipilih, kamu bisa memulai dengan memahami jenis dan fungsi aki melalui artikel ini. Yuk, simak hingga selesai! 

Apa Fungsi Aki Motor 

Fungsi utama aki memang untuk menyimpan energi listrik. Namun bukan cuma itu, aki juga punya fungsi lain yang tidak kalah penting. 

  1. Menstabilkan tegangan

Sebelum energi listrik sampai ke aki, tegangan AC pada motor akan distabilkan di kiprok. Jadi begitu mencapai aki, tegangan listrik sudah dalam kondisi stabil dan menjadi arus DC. Arus inilah yang nantinya dialirkan ke semua bagian motor. 

  1. Sebagai sumber energi listrik

Aki ini jadi sumber listrik utama motor. Mulai dari menyalakan motor sampai lampu, aki-lah yang membantu menghidupkannya. 

  1. Menyimpan listrik

Selain sebagai sumber tenaga, aki juga berperan sebagai tempat untuk menyimpan energi listrik. Ketika listrik mengalir masuk ke aki, terjadi reaksi kimia yang mengubah energi tersebut menjadi bahan kimia yang siap digunakan oleh semua komponen motor. 

Mengenal Jenis Aki Motor 

Secara garis besar, aki itu ada dua jenis, yakni aki basah sama aki kering. Namun, apa sih bedanya? 

  1. Aki Basah

Jenis aki basah ini menggunakan elektrolit berbentuk cairan. Berikut beberapa ciri-cirinya: 

  • Elektrolitnya cair, jadi aki ini pakai wadah transparan supaya kita bisa lihat cairannya dari luar 
  • Ukurannya agak gede, dan perlu perawatan ekstra karena cairannya gampang menguap. Jadi, harus sering diisi biar tetap stabil. 
  • Harganya relatif murah, dan gampang dicari. 
  1. Aki Kering

Beda sama aki basah, elektroda aki kering ini pakai bentuknya gel. Berikut ciri khasnya: 

  • Pakai gel buat elektrodanya, dan wadahnya cenderung gelap. 
  • Kotaknya lebih kecil dari aki basah, tetapi lebih tahan lama karena penguapannya minim. Makanya, perawatannya lebih simpel. 
  • Aki kering tidak bisa diisi ulang. Jika rusak, maka harus ganti yang baru. 
  • Harganya sedikit lebih mahal daripada aki basah. 

 

10 Aki Motor Terbaik 

Aki motor itu penting buat performa mesin. Biar lebih gampang cari aki motor, berikut 10 merk aki motor terbaik. 

  1. GS Astra MF GTZ-5S

Aki GS ASTRA MF GTZ-5S ini termasuk salah satu merk aki motor yang bagus buat performa. Dengan CCA tinggi, mesin motor kamu bisa nyala dengan mudah, bahkan waktu pagi atau saat cuaca dingin. 

  1. Aspira MF Kit Battery GTZ-5S

Dibuat dari material berstandar original equipment manufacturer (OEM), aki Aspira pakai teknologi AGM yang mengunci air aki zuur dan diklaim antibocor. Awet, dan punya daya starter tinggi. 

  1. MotoBatt Gel Aki MTZ6S

Motobatt sering jadi pilihan di event besar seperti MotoGP. Praktis dipasang dan punya CCA besar (85), bikin performanya oke banget. Cocok buat yang suka aki yang praktis digunakan. 

  1. Kayaba GTZ-5S

Aki ini cocok untuk berbagai merek motor, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Meski lokal, aki KAYABA ini sudah punya sertifikasi ISO dan TUV. Jadi aman, perawatannya juga simpel. 

  1. Bosch M6 Mega Power Ride RBTZ-6V

Jika kamu suka barang praktis, aki Bosch ini cocok banget. Brand-nya udah terkenal di dunia otomotif. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, sudah ada cairan elektrolit yang diisi dari pabrik, jadi tinggal pasang di motor kamu. 

  1. Yuasa Aki Motor MF YTZ5-S

Yuasa YTZ5-S MF punya keunggulan dengan accu zuur terpisah, jadi kualitas aki tetap fresh sebelum digunakan. Praktis dan cocok buat yang mau mesin selalu siap pakai. 

  1. Astra Quantum Federal GTZ5S

Aki ini dijual dengan air aki (accu zuur) yang bisa diisi saat pertama kali pakai. Kamu juga tidak perlu sering ngecek dan tambah air aki. Jadi lebih hemat waktu dan biaya perawatan. 

  1. Daytona GIGA CHARGE MF ZTZ6V-BS

Daytona menjamin keamanan lewat sertifikasi CE. Ini bikin aki yang satu ini jadi pilihan tepat buat kamu yang cari keandalan dan keamanan saat berkendara. Teknologinya juga bisa jaga stabilitas kelistrikan motor. 

  1. Yuasa Yumicron YB5L-B(BA)

Meski aki basah, Yuasa YB5L-B(BA) punya daya tahan yang baik asalkan rajin menambah air aki jika perlu. Cocok buat yang telaten dalam perawatan dan ingin merk aki motor yang bagus dan tahan lama. 

  1. TDR Lithium Iron Phosphate (LiFePO4) Battery TLFP-9R

Aki TDR TLFP-9R ini bikin revolusi dalam dunia aki motor. Lebih tahan lama, punya performa maksimal, dan terminal kuningan yang kuat bikin pemeliharaannya jadi lebih gampang. 

Tanda Aki Motor Harus Diganti 

Aki motor yang bagus sekalipun bisa rusak karena pemakaian atau penyebab lainnya. Jika tidak segera diganti, ini bisa merembet ke masalah lain. Karena itu, kamu perlu tahu kapan aki motor harus diganti. 

Apabila mesin motormu susah dinyalakan atau cuma kedengaran suara “klik-klik”, itu bisa menjadi tanda-tanda kalau aki motor perlu diganti. Cek juga lampu motor kamu, jika tiba-tiba jadi redup atau kurang terang dari biasanya, itu juga merupakan petunjuk kalau aki motor sudah lemah. 

Selain itu, coba cek apa suara klaksonnya melemah, speedometer-nya meredup, tegangan aki di bawah 12 volt, performa motor jadi berat atau lemah saat dinyalakan, atau usia pakai aki sudah mencapai 2 tahun atau lebih. Ketika kamu menemukan salah satu atau beberapa tanda ini, mungkin saatnya kamu pertimbangkan untuk ganti aki motor. 

Ingat, aki motor yang bagus itu penting buat performa mesin yang maksimal. Jika ada keluhan terkait mesin motor atau butuh saran lebih lanjut seputar perawatan kendaraan, jangan ragu untuk konsultasi dengan OtoBuddy melalui WA di nomor 0822-9837-8787. 

 

Pertanyaan Seputar Aki Motor  

  1. Aki apa yang bagus untuk motor?

Aki yang bagus untuk motor tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna. Namun beberapa merek yang dianggap bagus antara lain GS Astra MF GTZ-5S, Aspira MF Kit Battery GTZ-5S, dan MotoBatt Gel MTZ6S. 

  1. Aki yang bagus merk apa?

Beberapa merek aki yang dianggap bagus untuk motor antara lain GS Astra, Aspira, Motobatt, Yuasa, Bosch, dan TDR. 

  1. Normalnya aki motor berapa?

Normalnya, umur pakai aki motor berkisar sekitar 2 tahun atau lebih tergantung pada kualitas aki dan cara penggunaannya. 

  1. Berapa ampere aki sepeda motor? 

Ampere pada aki sepeda motor bervariasi tergantung merek dan tipe aki, namun beberapa aki memiliki ampere sekitar 3 sampai 7 ampere.