Salah satu komponen mobil yang penting, tetapi terkadang kurang diperhatikan adalah bushing arm. Komponen mobil satu ini letaknya berada di bagian kaki-kaki mobil. 

Sebagai salah satu komponen penting pada mobil, bushing arm perlu diperhatikan kondisinya, sebab jika sudah rusak kinerja mobil jadi berkurang. Tidak hanya itu, jika kerusakan tidak segera diatasi, bushing arm yang rusak berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Lalu, bagaimana cara mengenali bahwa bushing arm tersebut sudah rusak? OtoFriends bisa simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Bushing Arm

Bushing arm merupakan komponen yang cukup asing bagi sebagian pemilik kendaraan. Padahal, komponen ini memiliki peranan yang cukup penting dan vital, terutama pada bagian handling.

Bentuk bushing arm serupa dengan tabung besi yang berukuran kecil, dan memiliki karet di bagian dalamnya. Meskipun berukuran kecil, OtoFriends tidak bisa sembarangan mengabaikan komponen satu ini.

Bushing arm yang letaknya berada di bagian kaki-kaki mobil ini berfungsi sebagai peredam getaran dari mesin, getaran akibat pergerakan kendaraan, juga sebagai penyeimbang suspensi. Oleh karena itu, ketika terjadi kerusakan, OtoFriends dapat dengan mudah mengenali ciri dan tanda-tandanya.

Baca juga: Mesin Mobil Terdiri dari Banyak Komponen Penting, Apa Saja?

Ciri-ciri Kerusakan Bushing Arm

Bushing arm yang rusak bisa dikenali dari berbagai ciri yang terjadi. Misalnya, ketika OtoFriends mendengar suara mengganggu ketika melewati jalanan rusak atau berlubang, terdengar suara di bagian jok depan, mobil mulai tidak nyaman dikendarai, keseimbangan mobil terganggu, hingga terjadi kerusakan pada bagian karet bushing arm. Simak penjelasannya berikut ini!

1. Terdengar Suara yang Mengganggu

Ketika mengendarai mobil lalu muncul suara yang mengganggu terutama ketika melewati jalanan rusak dan berlubang, bisa dipastikan terjadi kerusakan pada bushing arm. Suara mengganggu tersebut bisa OtoFriends dengar bahkan dari dalam kabin mobil. 

2. Muncul Suara Pada Jok Bagian Depan

Tidak hanya terdengar di bagian kabin mobil, suara mengganggu seperti berdecit juga bisa OtoFriends dengan di bagian jok depan. Suara tersebut berasa dari mesin bagian jok depan yang saling bergesekan. Bisa juga akibat dari karet dari selongsong besi yang mulai rusak.

Suara tersebut lama-kelamaan makin terdengar dan mengganggu. OtoFriends bisa memeriksanya ketika mencuci mobil menggunakan mesin hidrolik di tempat cuci mobil.

Baca juga: 10 Tanda Kaki Kaki Mobil Bermasalah, Segera Cek!

3. Mobil Tidak Nyaman Dikendarai

Selain terdengar suara mendecit maupun mengganggu baik dari bagian kabin atau jok depan, bushing arm rusak bisa dirasakan ketika mobil mulai tidak nyaman dikendarai. 

Rasa tidak nyaman tersebut akan terasa terutama ketika berkendara di jalan rusak atau berlubang. OtoFriends akan merasa mobil berubah arah padahal sebenarnya tidak sedang memutar kemudi.

4. Mobil Tidak Seimbang

Salah satu fungsi bushing arm adalah sebagai penyeimbang suspensi mobil. Jika komponen ini mengalami kerusakan, tentu saja berakibat pada keseimbangan mobil. 

Ketika melaju, OtoFriends akan merasa mobil melaju tidak seimbang, seakan-akan mobil melayang dan oleng. Ketidakseimbangan tersebut akan lebih terasa terutama ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Hal ini tentu membahayakan dan dapat memicu terjadinya kecelakaan.

5. Karet Bushing Retak

Pada bushing arm bagian dalam terdapat karet yang memiliki peranan penting dalam mendukung fungsi bushing arm dalam meredam getaran. 

Pada bushing yang rusak, karetnya juga akan mengalami keretakan. Hal tersebut bisa terjadi akibat dari beberapa hal, seperti bushing bekerja terlalu keras, mobil sering berkendara di jalan rusak, dan strut bar bushing mulai pecah.

Oleh sebab itu, jika sudah mengalami ciri dan tanda seperti yang dijelaskan, segera pergi ke bengkel resmi dan terpercaya untuk diperiksa apakah terjadi kerusakan dan mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya.

Baca juga: Hati-hati, Bagian Bagian Mesin Mobil ini Rentan Rusak

Cara Memperbaiki

Setelah mengetahui bahwa terdapat kerusakan terhadap bushing arm, sebaiknya OtoFriends segera memperbaikinya. Ada berbagai cara yang akan Otoklix jelaskan agar OtoFriends bisa memperbaiki bushing arm tersebut.

1. Bongkar Sebagian Kaki-Kaki Mobil

Cara pertama yang bisa OtoFriends lakukan adalah dengan membongkar sebagian dari kaki-kaki mobil. Hal ini disebabkan karena letak bushing arm tersembunyi dan biasanya ada di balik kaki-kaki mobil tersebut. OtoFriends bisa gunakan dongkrak untuk membantu membongkar kaki-kaki mobil.

2. Ganti dengan yang Baru

Kemudian, ganti bushing arm yang sudah rusak tersebut dengan bushing arm baru. Apabila bushing arm sudah terpasang, pasangkan kembali kaki-kaki mobil.

3. Gunakan Alat Press

Menggunakan alat press bisa dilakukan apabila karet bushing arm yang rusak mengalami keretakan. Alat press akan memudahkan melepaskan karet pada bushing arm.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Mobil Terdekat, dan Jenis Servisnya

4. Ganti Karet Bushing

Setelah karet yang retak tersebut dikeluarkan, kemudian OtoFriends bisa menggantinya dengan karet bushing yang baru. Lakukan dengan cara mengetok karet ke bagian dalam bushing menggunakan palu agar karet bisa terpasang secara lurus.

5. Jika Sulit Datang ke Bengkel

Jika mengalami kesulitan saat memperbaiki bushing yang rusak, sebaiknya segera datangi bengkel resmi dan terpercaya untuk dilakukan tindakan yang tepat. OtoFriends hanya tinggal berkonsultasi dengan teknisi, dan teknisi akan segera menanganinya dengan cepat. Di samping itu, OtoFriends juga bisa tahu berapa harga-harga bushing arm yang dijual di bengkel.

Baca juga: Service Rutin Mobil, Cek 6 Komponen Ini secara Berkala

Harga Bushing Arm

Untuk harga bushing arm sendiri, OtoFriends bisa mendapatkannya di harga Rp100 Ribu hingga Rp300 Ribuan di pasaran, tergantung dari jenis mobil yang dimiliki. Harga tersebut bervariasi tergantung bengkel yang OtoFriends datangi. Ada juga yang menjual bushing arm mulai dari harga Rp800 Ribuan.

Itulah penjelasan mengenai bushing arm yang merupakan salah satu komponen vital di bagian kaki-kaki mobil. OtoFriends juga bisa mengetahui bagaimana ciri-ciri pada mobil ketika bushing arm mengalami kerusakan.

Baca juga: 9 Tips Memilih Jasa Service Mobil, Teknisi, Hingga Garansi

Tidak hanya itu, ternyata ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki bushing arm, mulai dari membongkarnya sendiri hingga mempercayakannya pada bengkel terbaik dari Otoklix. 

Jika penjelasan mengenai bushing arm tersebut bermanfaat, OtoFriends juga bisa kunjungi berbagai informasi otomotif menarik lainnya hanya di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Bushing Arm

Letak bushing arm cukup tersembunyi di bagian kaki-kaki mobil.

Fungsi bushing arm adalah untuk meredam getaran dari mesin, getaran dari pergerakan mobil, dan penyeimbang suspensi.

Terdengar suara di kabin dan jok bagian depan, mobil tidak seimbang dan tidak nyaman dikendarai, hingga karet bushing retak.

Harganya mulai dari Rp100 ribu hingga Rp300 ribu di pasaran tergantung dari bengkel yang menjualnya.