Breathing engine merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan mesin untuk mengisi silindernya dengan campuran udara-bahan bakar, kemudian mengeluarkan gas buang yang terbakar. Semakin banyak campuran udara-bahan bakar yang dibakar oleh mesin, maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan. Berikut penjelasan lengkap seputar breathing engine!

Fungsi Breathing Engine

1. Sebagai tempat bersirkulasi

Breathing engine berfungsi sebagai tempat bersirkulasi atau pernapasan udara dalam kalter mesin. Saat mesin dihidupkan, piston yang ada di dalam mesin akan naik turun dalam posisi TMA-TMB. Pada kondisi tersebut terjadi kevakuman udara di dalam kalter.

Ketika piston naik, udara akan tersedot masuk. Begitu pula sebaliknya, udara akan tertekan keluar ketika piston turun. Breathing engine akan membuat pergerakan piston lebih lancar.

2. Sebagai pendingin mesin dan penghangat udara

Selain itu, breathing engine juga bisa menjadi pendingin mesin dan penghangat udara. Saat udara dari luar masuk ke mesin, dibutuhkan udara dingin agar suhu mesin tetap normal. Sementara, saat breathing engine menjadi penghangat udara, suhu akan terasa hangat ketika udara dipompa keluar dari mesin.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Masalah Selang Radiator Mobil Bocor

Komponen breathing engine bisa menghangatkan udara di box filter yang kemudian terhisap ke dalam ruang bakar. Selain itu, breathing engine juga bisa membuat kinerja mesin optimal.

3. Sebagai penyalur kompresi yang bocor

Fungsi lainnya, breathing engine bisa menjadi penyalur kompresi bocor. Ketika piston di kompresor, udara yang sudah bercampur dengan bahan bakar bisa melintas ke kalter. Udara tersebut melewati dinding silinder dan ring piston, lalu dikeluarkan saat piston bergerak naik turun. Kemudian, udara akan dipompa ke kotak filter udara untuk menjaga lingkungan sekitarnya.

Penyebab Oli Keluar dari Breathing Engine

1. Terjadi kebocoran kompresi mesin

Salah satu penyebab oli keluar dari breathing engine adalah terdapat kebocoran kompresi mesin di ruang yang ada di atas silinder. Kompresi mesin yang bocor bisa masuk ke tutup klep mobil. Asap yang keluar dari breathing engine bisa dilihat ketika tutup oli di bagian atas mesin dibuka. Bahkan, di lubang tutup oli juga terdengar bunyi angin bocor yang cukup keras.

Namun, berbeda halnya jika yang keluar adalah uap oli tipis dan berwarna sedikit hitam. Itu adalah hal yang normal.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Pompa Oli Beserta Cara Perawatannya

2. Pompa oli rusak

Penyebab oli keluar dari breathing engine juga bisa diakibatkan masalah kerusakan pada pompa oli. Sirkulasi bisa menimbulkan hidupnya lampu indikator oli. Pada sistem tersebut, terdapat sensor tekanan oli pada salah satu rongga mesin. Sensor tersebut juga dapat memeriksa tekanan pada aliran oli mesin.

3. Terlalu banyak oli mesin

Terlalu banyak oli di mesin juga bisa menimbulkan oli keluar dari breathing engine. Oli yang melebihi batas bisa menyebabkan oli masuk ke udara dari breathing engine. Hal itu disebabkan oli yang ada di bagian dalam mesin tidak bisa bersirkulasi dengan maksimal.

Saat mesin dinyalakan, oli juga akan terbuang sia-sia hingga melewati breathing engine. Untuk mengatasinya, kurangi oli sesuai batas yang dianjurkan. Lihat bagian pengukur yang ada di penutup oli mesin. Selain itu, lihat juga tutup kopling untuk melihat ukuran oli mesin.

4. Oli palsu

Penyebab lainnya adalah oli palsu. Oleh sebab itu, hati-hatilah saat membeli oli. Pilihlah toko oli yang terpercaya. Jangan tergoda dengan harga oli murah yang tidak wajar karena bisa jadi itu adalah oli oplosan alias palsu.

Penggunaan oli palsu bisa menyebabkan bagian mesin cepat aus. Selain itu, mesin juga akan cepat panas. Oleh sebab itu, pilih oli berkualitas baik dan terjamin keasliannya.

Baca juga: Cara Daftar Otoklix dan Keuntungan Servis di Otoklix

Itulah penjelasan seputar breathing engine. Sebagai tempat bersirkulasi, pastikan breathing engine mobil berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk melakukan service mobil secara rutin di bengkel terdekat. OtoFriends bisa menjadwalkan service rutin melalui fitur booking online di aplikasi Otoklix. Sehingga, OtoFriends dipastikan tidak akan mengalami antrian panjang ketika tiba di bengkel tujuan.

Selain itu, Otoklix juga menawarkan berbagai penawaran menarik, misalnya diskon harga service hingga jaminan uang kembali apabila layanan yang diterima tidak sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan perawatan mobil di bengkel terdekat melalui Otoklix!

Pertanyaan Seputar Breathing Engine

Breathing engine merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan mesin untuk mengisi silindernya dengan campuran udara-bahan bakar, kemudian mengeluarkan gas buang yang terbakar. Semakin banyak campuran udara-bahan bakar yang dibakar oleh mesin, maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan.

Breathing engine memiliki tiga fungsi utama. Di antaranya sebagai tempat bersirkulasi, sebagai pendingin dan penghangat udara, serta sebagai penyalur kompresi yang bocor.

Ada beberapa penyebab oli keluar dari breathing engine. Di antaranya terjadi kebocoran kompresi mesin, pompa oli sudah rusak, oli yang dimasukkan ke dalam mesin terlalu banyak, dan indikasi oli palsu.