Exhaust port atau yang biasa dikenal dengan kepala silinder terletak pada blok silinder dan direkatkan menggunakan baut. Jika OtoFriends suka melakukan modifikasi atau bongkar pasang mobil, pastikan OtoFriends mengenal dengan baik peletakkan, fungsi dan perawatan exhaust port mobil agar tidak salah dalam melakukan pembongkaran karena ketahanan panas exhaust port mobil harus tetap terjaga. Berikut Otoklix rangkum informasi penting terkait exhaust port mobil yang harus OtoFriends ketahui.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Baca juga: Cara Memilih Bengkel Modifikasi Mobil dan Tipsnya

Fungsi Exhaust Port Mobil

Exhaust port mobil atau kepala silinder memiliki peranan penting dalam proses pembakaran bahan bakar mesin mobil. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat pembakaran mesin. Terdapat ruang bakar dalam exhaust port mobil. Model ruang bakar beragam, ada model segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, dan parabola. Namun Tidak hanya itu, beberapa fungsi exhaust port mobil lainnya, antara lain:

  1. Tempat Oli Pelumas Bekerja

Dalam exhaust port ada saluran oli yang digunakan untuk mengalirkan oli ke berbagai komponen mesin mobil. Mesin mobil yang terlumasi dengan baik akan memperlancar kinerja mesin. Saluran oli exhaust port mobil juga terhubung ke dalam blok mesin. Keduanya berkolaborasi untuk menjalankan mesin mobil dengan baik.

  1. Pelengkap Kinerja Katup

Salah satu komponen terpenting dalam exhaust port mobil adalah katup. Katup berperan untuk mengatur kapan valve intake dan exhaust terbuka tutup. Berbeda model exhaust port maka berbeda pula mekanisme katup. Terkait hal ini, OtoFriends harus memahami dengan baik setiap komponen, karena berbeda mobil maka berbeda pula mekanisme katup mesin mobil.

  1. Tempat Pemasangan Busi

Busi terpasang melekat pada exhaust port mobil. Tanpa adanya busi, mesin mobil tidak dapat melakukan pembakaran di ruang bakar. Alhasil, mesin mobil tidak memiliki tenaga untuk menjalankan mobil.

  1. Saluran Intake dan Exhaust

Bekerja sama dengan katup, exhaust port mobil juga menjadi saluran intake udara dan saluran exhaust asap sisa pembakaran mesin mobil. Tugas OtoFriends adalah menjaga kedua saluran ini tetap bersih sehingga proses masuk udara ke dalam ruang bakar dan pengeluaran asap sisa pembakaran dapat berjalan lancar dan tidak terhambat oleh kotoran atau kerak yang menempel.

  1. Tempat Sirkulasi Air Pendingin

Kondisi mesin mobil tidak boleh selalu dalam keadaan panas. Adanya exhaust port mobil sebagai tempat air pendingin bersirkulasi membantu mesin mobil terhindar dari masalah overheat. Suhu mesin akan distabilkan kembali sehingga mesin mobil dapat menjaga proses kerjanya dengan baik.

Penyebab Exhaust Port Mobil Bocor dan Rusak

Kebocoran exhaust port mobil menjadi masalah riskan yang harus segera diketahui penyebabnya. Beberapa hal yang bisa terjadi antara lain:

  1. Katup Exhaust Port Aus

Aus pada exhaust port bisa disebabkan sing yang terus berbenturan dengan klep atau katup. Mengatasi masalah ini, OtoFriends dapat segera melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa setiap komponen pembakaran mesin mobil telah terlumasi oli dengan baik

  1. Mesin Overheat

Panas yang berlebih dapat menyebabkan exhaust port mobil menjadi bengkok atau melenting. Alhasil, kemungkinan exhaust port mobil bocor atau rusak dapat terjadi. mengatasi hal ini OtoFriends harus melakukan perbaikan exhaust port di bengkel rekanan Otoklix. Namun jika kerusakan sudah parah, OtoFriends harus segera melakukan penggantian exhaust port mobil untuk membuat mesin mobil bekerja optimal kembali.

  1. Pemuaian Exhaust Port Mobil

Menghindari masalah ini, OtoFriends harus sering melakukan pengecekkan air radiator mobil untuk menghindari pemuaian exhaust port mobil. Pemuain terjadi akibat mesin mobil terlalu panas. Cek juga apakah ada kebocoran antar blok mesin, dan pastikan mesin pendingin mobil dalam kondisi yang prima. 

Apabila exhaust port mobil bermasalah, maka akan berdampak ke seluruh performa mesin mobil. Alhasil kemungkinan terburuk mobil mogok dapat terjadi. 

Baca juga: 5 cara Mengatasi Mobil Mogok dan Penyebabnya

Efek Modifikasi Exhaust Port mobil

Bagi OtoFriends yang suka melakukan bongkar pasang atau modifikasi mesin mobil, melakukan modifikasi exhaust port mobil bisa dilakukan untuk membuat mobil tampil lebih prima. Lantas, apakah modifikasi exhaust port mobil memberikan efek baik pada mesin mobil? Jawabannya, melakukan modifikasi exhaust port mobil memang dapat membuat tarikan mesin menjadi lebih enteng. Melakukan porting dan polis juga dapat meningkatkan performa mesin dan membuat bahan bakar lebih efisien. 

Namun, OtoFriends harus memastikan bahwa modifikasi exhaust port mobil telah ditangani oleh tenaga profesional. Karena, kesalahan dalam melakukan porting dan modifikasi dapat membuat tarikan mobil malah menjadi lebih loyo, konsumsi BBM menjadi lebih boros, dan berisiko membuat exhaust port mobil menjadi bocor. 

OtoFriends dapat melakukan konsultasi melalui aplikasi Otoklix jika ingin melakukan modifikasi exhaust port mobil. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Beberapa rekomendasi bengkel rekanan Otoklix tentu dapat menjadi pilihan tepat OtoFriends.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel mobil Terdekat dan Jenis Servisnya

Biaya Perbaikan Exhaust Port Mobil

Biaya perbaikan exhaust port mobil yang rusak atau bocor bisa bervariasi. Hal ini tergantung pada jenis dan tingkat kerusakannya. Pastikan OtoFriends mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan atau penggantian exhaust port mobil. Terkait biaya pembelian komponen exhaust port mobil sendiri biasanya dibanderol dengan harga Rp350 ribu hingga Rp5 jutaan. Biaya pemasangannya juga bervariasi, mulai dari Rp200 ribuan hingga Rp500 ribuan.

Kerusakan pada komponen exhaust port mobil harus segera ditangani. Jangan lupa untuk memastikan keaslian komponen exhaust port mobil agar tidak menyebabkan kerusakan mesin mobil lainnya. Melakukan penggantian komponen exhaust port mobil sendiri di rumah bisa jadi alternatif jika OtoFriends ingin melakukan penghematan perbaikan. 

Rutin memanaskan mobil, mengganti aki, melakukan servis mobil, dan memeriksa kondisi air radiator bisa menjadi solusi membantu OtoFriends melakukan perawatan exhaust port mobil. Rutinlah melakukan servis setidaknya 6 bulan sekali untuk memastikan setiap komponen mesin mobil dalam kondisi prima.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar Exhaust Port Mobil

Beberapa ciri seperti mobil sering mengalami overheat, asap knalpot berwarna putih, mesin mobil kurang bertenaga, air radiator cepat habis dan tercampur oli menjadi penanda bahwa exhaust port mobil mengalami masalah bocor atau kerusakan.

Segera bawa mobil ke bengkel apabila exhaust port mobil menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Apabila rusak ringan, exhaust port bisa diperbaiki. Namun bila mengalami rusak parah, melakukan penggantian exhaust port mobil adalah pilihan yang tepat.

Biaya perbaikan exhaust port mobil bisa bervariasi. Tergantung dari penyebab dan tingkat kerusakannya. Terkait biaya pembelian komponen exhaust port mobil sendiri biasanya dibanderol dengan harga Rp350 ribu hingga Rp5 jutaan. Biaya pemasangannya juga bervariasi, mulai dari Rp200 ribuan hingga Rp500 ribuan.