Sebagai pemilik mobil sport atau supercar tidak ada salahnya memperhatikan oli mesin yang digunakan. Sebab, oli mobil sport memiliki spesifikasi yang khusus.

Sebab, mobil sport memiliki mesin dengan kinerja yang sangat tinggi. Selain itu kondisi jalan di Indonesia belum seluruhnya bagus, masih sering mengalami kemacetan, ditambah ada risiko tabrakan.

Dengan begitu pemilihan oli yang salah malah akan membuat menimbulkan sebuah masalah pada mobil sport kalian. Salah satunya adalah performanya yang “memble” atau menurun.

Sementara itu, setiap oli juga memiliki spesifikasi sendiri. Hal itu guna memenuhi kebutuhan mobil sport kesayangan kalian semua.

Oleh sebab itu berikut Otoklix rangkumkan beberapa rekomendasi oli mesin untuk mobil sport kalian.

Liqui Moly TOP TEC 4100 SAE 5W-40

Liqui Moly TOP TEC 4100 SAE 5W-40 yang menjadi oli mobil paling baik. Ini dikarenakan, oli mobil buatan pabrik asal Benua Biru ini mampu digunakan oleh mobil dengan mesin diesel maupun bensin.

Oli ini juga unggul dari oli mobil lainnya, karena mampu melindungi mesin dari kinerja yang berat. Selain itu mampu menjaga suhu mesin agar tetap stabil di segala kondisi, baik pada saat suhu tinggi maupun rendah.

Banyaknya keunggulan yang dimiliki oli mobil ini, membuat harga jual dari Liqui Moly TOP TEC 4100 SAE 5W-40 cukup mahal, yaitu mencapai Rp 810 ribu. Meski tergolong mahal, namun harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Baca Juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

Motul H-Tech 100 Plus

Motul H-Tech 100 plus juga menjadi salah satu oli terbaik yang banyak digunakan. Oli ini memiliki bahan dasar sintetik.

Sebagai oli yang menggunakan bahan sintetik, Motul H-Tech 100 Plus mampu membuat mobil memiliki tarikan mesin yang ringan dan lembut. Hebatnya lagi, oli ini sudah menggunakan teknologi ester, yaitu teknologi yang biasanya digunakan pada pesawat.

Teknologi ini membuat mobilmu menjadi semakin tahan lama dan tangguh saat digunakan di segala kondisi.Namun perlu diketahui, kalau oli Motul H-Tech 100 Plus ini memiliki jangka waktu penggunaan yang relatif pendek. 

Motul H-Tech 100 Plus hanya mampu bertahan untuk jarak 2.000 – 5.000 km. Dengan begitu, kamu harus siap untuk sering mengganti oli mobil dan mengeluarkan budget sekitar Rp200 ribu.

STP Synthetic Oil 4L

Rekomendasi oli mobil sport selanjutnya adalah STP Synthetic Oil 4L.  Oli mobil yang satu ini memiliki kandungan tropical formula, yang sengaja dirancang untuk melindungi mesin kendaraan di daerah beriklim tropis.

Akan tetapi untuk bisa mendapatkan perlindungan mesin yang tahan lama, kamu tentu harus melakukan pemakaian secara berkala. Dengan melakukan hal ini, kamu tidak hanya membuat mesin tahan lama, tetapi juga dapat membuat mesin semakin mudah dinyalakan, serta tarikan gas yang lebih lembut dan ringan.

Oli STP Synthetic Oil 4L ini pun dibanderol dengan harga yang tidak terlalu murah, yaitu sekitar Rp 300 ribu. Namun, harga tersebut sesuai dengan kelebihan yang diberikan.

Baca Juga: Deretan 7 Mobil Sport Murah Harga 200 Jutaan

Fastron Gold SAE 4L

Fastron Gold SAE 4L bisa menjadi rekomendasi oli yang bisa digunakan untuk mobil sport kalian. Bagaimana tidak, oli mobil keluaran Pertamina ini sudah dilengkapi dengan teknologi nano guard.

Teknologi dapat melapisi dan melindungi keseluruhan mesin, hingga ke sisi yang tidak bisa dijangkau. Fastron Gold SAE 4L ini pun bisa digunakan oleh semua jenis mobil, dari yang mobil biasa atau standar hingga mobil premium.

Oleh sebab itu, karena oli ini mendukung semua jenis mobil, harga yang ditawarkan pun tidak murah, karena mengharuskan kamu merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp400 ribu.

Shell Helix HX7

Oli mesin mobil sport selanjutnya adalah Shell Helix HX7. Bagaimana tidak, oli jenis sintetik ini pasalnya mampu melumasi mesin dengan baik, serta menjaga suhu mesin dengan optimal.

Terlebih, oli ini sudah menggunakan teknologi flexi molecule, yang dapat membersihkan mesin hingga ke sisi-sisi yang sulit dijangkau. Selain itu, penggunaan teknologi ini pun ditujukan untuk membentuk sebuah lapisan, yang dapat bekerja optimal dalam melindungi mesin.

Buat kamu yang berencana ingin membeli Shell Helix HX7, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp200 – Rp300 ribu untuk bisa memiliki oli mobil terbaik yang satu ini.

TOP 1 HP Sport

Selanjutnya adala oli mesin mobil sport merek TOP 1 HP Sport. Oli mobil ini menjadi salah satu oli mobil terbaik.

Sebab, oli ini menggunakan bahan dasar 100 persen sintetik. Dengan begitu, membuat mesin mobil lebih stabil dan lebih tahan di suhu tinggi.

Kemudian, oli ini juga lebih unggul dari oli mobil lainnya, karena bisa digunakan pada spesifikasi mobil terbaru. Hal itu dikarenakan, TOP 1 HP Sport, sudah melewati standar pabrik dan memenuhi standar internasional tertinggi dari International Lubricant Standardization and Approval Committee (ILSAC) GF-5.

Kendati demikian harga yang ditawarkan oli ini cenderung murah, yaitu sekitar Rp 95 – Rp 99 ribu per liternya. Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan kualitas oli terbaik.

Eneos CVT Fluid Asia 1L

Oli mobil yang terakhir adalah  Eneos CVT Fluid Asia 1L. Merek oli mobil yang satu ini mungkin tidak begitu terkenal, jika dibandingkan dengan Castrol dan lain sebagainya.

Akan tetapi, oli mobil yang satu ini menjadi oli mobil terbaik se-Asia Tenggara. Khusus untuk mesin mobil dengan sistem transmisi CVT Metal Belt.

Dengan begitu, untuk kamu yang memiliki mobil dengan sistem transmisi CVT, kamu bisa menjadikan Eneos CVT Fluid Asia 1L sebagai pilihan oli mobil terbaikmu. Karena menariknya, oli mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar Rp150 ribu saja. 

OtoFriends jika kalian ingin mengganti oli mesin mobil sport kalian, bisa melalui bengkel rekanan Otoklix. Dengan begitu kualitasnya pun bisa dipercaya dan dengan harga yang pasti.