Produsen oli lokal juga tidak kalah bersaing dengan merek luar negeri. Pertamina meluncurkan oli Prima XP 20W-50 untuk mobil kesayangan kamu. Memangnya oli ini cocok untuk mobil apa sih? Apa saja kelebihannya?

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Mari kita simak ulasannya.

Spesifikasi Oli Prima XP 20W-50

Oli Prima XP memiliki kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau. Tidak heran daya beli pengguna mobil pun tinggi. Oli Prima XP terdiri atas dua varian kekentalan, yaitu SAE 10W-40 dan SAE 20W-50. Ada beberapa keunggulan yang membuat oli Prima XP bersaing dengan merek oli sejenis.

Pertama, oli Prima XP dibuat dari bahan dasar semi sintetis dengan penambahan zat aditif, salah satunya adalah RN additive. Oli Prima XP 20W-50 untuk mobil juga memiliki kekentalan ganda atau multi grade. Selain itu, oli ini juga sudah tersertifikasi API SJ, API CF, dan ACEA A2-96/B2-98.

Oli Prima XP SAE 20W-50 dapat digunakan pada mobil berbahan bakar bensin dan kendaraan multi katup yang dilengkapi sistem DOHC atau twin cam. Bisa juga digunakan pada kendaraan mesin diesel dengan beban kerja sedang.

Keunggulan Oli Prima XP

Memilih oli terbaik artinya menjaga performa mesin mobil tetap baik. Beberapa keunggulan dari oli Prima XP 20W-50 untuk mobil adalah sebagai berikut:

1. Harga terjangkau

Oli Prima XP memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp160 ribuan untuk 4 liter, jadi sekitar Rp40 ribuan per liter. Harga ini jauh lebih murah daripada oli dengan kekentalan yang lebih rendah. Tetapi meskipun murah, penggunaan oli harus sesuai dengan spesifikasi mobil.

2. Performa terbaik

Oli Prima XP memiliki performa yang maksimal terhadap mesin mobil, terutama dirasakan ketika melakukan perjalanan jauh. Apalagi jika ditambah perawatan mengganti oli secara teratur. Kinejra dan usia pakai mesin mobil akan akan semakin terjaga.

3. Memperpanjang usia mesin

Oli tidak hanya berfungsi sebagai pelumas saja, tetapi dengan adanya penambahan zat additive, oli juga bisa membuat usia pakai mesin menjadi lebih panjang. Sebabnya adalah oli mampu menahan gesekan serta membersihkan mesin dari endapan kotoran.

4. Mampu membersihkan mesin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, menggunakan oli Prima XP dapat membuat mesin kendaraan bersih karena adanya penambahan zat aditif. Deposit sisa hasil pembakaran atau deposit pada piston tidak akan mudah terbentuk. 

5. Mesin mudah distarter

Kamu pasti menginginkan oli yang bekerja maksimal saat mesin pertama kali dihidupkan. Menggunakan oli Prima XP 20W-50 untuk mobil mudah distarter adalah salah satu solusinya. Mesin menjadi mudah distarter dan oli bekerja optimal saat mobil pertama kali dihidupkan.

6. Tidak mudah teroksidasi

Oli tidak mudah teroksidasi dan tahan terhadap penguapan sehingga volume oli akan tetap terjaga. Volume oli yang kurang lama-kelamaan bisa habis. Tentu saja jika takaran oli tidak sesuai, maka oli tidak bisa bersirkulasi dengan baik ke seluruh komponen mesin.

7. Mencegah overheat

Selain sebagai pelumas, Prima XP juga berfungsi untuk menahan suhu tinggi pada mesin. Sehingga mesin mobil tidak cepat panas atau overheat.

8. Usia pakai panjang

Oli Prima XP dapat bertahan dengan baik sampai penggunaan 7.500 km. Jadi, sebaiknya lakukan ganti oli setiap kelipatan 7.500 km ya.

Oli Prima XP 20W-50 untuk Mobil Apa?

Mobil-mobil yang cocok menggunakan oli Prima XP 20W-50 di antaranya adalah Toyota Avanza, Yaris, Innova, Rush, Agya, Daihatsu Xenia, Terios, Granmax, Honda Jazz, CRV, Brio, Mitsubishi Outlander, Xpander, Nissan Livina, Juke, Kia Picanto, Rio, Hyundai Avega. Hampir semua mobil yang banyak digunakan dapat menggunakan oli Prima XP.

Meskipun dapat digunakan pada berbagai tipe mobil, tetapi kamu perlu memperhatikan usia kendaraan sebelum menggunakan oli ini. Sebenarnya penggunaan oli Prima XP 20W-50 untuk mobil keluaran terbaru tidak disarankan. Oli dengan kekentalan 20W-50 lebih cocok digunakan pada mobil berusia 10 tahun ke atas.

Mengapa demikian? Karena oli dengan kekentalan 20W-50 dapat dibilang oli yang kental. Hal ini cocok digunakan pada mobil berusia 10 tahun ke atas karena telah memiliki celah dinding silinder dan kepala piston lebih dari 0,5 mm.

Berbeda dengan kendaraan baru yang celah antar komponennya antara 0,1-0,3 mm. Sehingga lebih cocok menggunakan oli yang lebih encer, misalnya 5W-30 atau 0W-20. Sementara itu jika kendaraan berusia tua menggunakan oli yang encer, mesin mobil bisa terasa kasar karena oli tidak mengisi celah yang sudah renggang tersebut.

Jadi, gunakan oli Prima XP 20W-50 untuk mobil yang tepat ya. Pelajari kode kekentalan SAE pada oli agar tidak salah memilih oli. Kalau bingung, kamu bisa mempercayakan ganti oli ke mekanik di bengkel umum terdekat saja.

Ada 1.000+ bengkel se-Jabodetabek yang telah menjadi mitra Otoklix lho. Selain bertanya pada mekanik bengkel, kamu juga bisa konsultasi dulu dengan OtoBuddy sebelum melakukan booking service di aplikasi Otoklix.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.