Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan. Saat ban bermasalah pastinya akan mengganggu performa mobil. Karena itulah, bengkel ban mobil hadir untuk membantu para pemilik mobil yang akan mengganti ban mobil atau memperbaiki ban. Berikut beberapa rekomendasi bengkel ban mobil terdekat di Jabodetabek!

Daftar bengkel ban mobil terdekat di  Jabodetabek

Nama bengkel

Alamat

Banner

Layanan

No. Telepon

Project Wheel-Toko Velg dan Ban Mobil

 

Jl. Dewi Sartika No.260, Cawang, Kec. Kramat jati, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630.

 

Ganti ban mobil, toko velg dan ban mobil

0811-9621-2479

J’Style

Jl. Alternatif Cibubur No.75, Nagrak, Kec. Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat 16967

 

Jual velg, ganti ban, spooring mobil

0811-9620-6348

Metropolitan Ban

Jl. Margonda Raya No.335, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16421

 

Ganti ban, service AS, service power window, body repair, dan cat oven

Mutiara Car Care

 

Jl. Margonda Raya No.350, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423

 

engine tune up, spooring & balancing, cuci automatic, service atau ganti ban, oli, spare part

Auto Ban Serpong

 

Jl. Raya Serpong No.KM. 8 No.15, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15325.

 

Ganti ban, spooring, balancing, isi nitrogen, dll

Espede Ban Bekasi

 

Ruko Mitra Plaza Blok A2

Jl. Cut Mutia, RT.003/RW.001, Sepanjang Jaya, Bekasi

Spooring dan balancing, perbaikan velg peang, ganti ban, dll

Telp: (021) 82404403

 

Tips memilih bengkel ban mobil

1. Pastikan teknisi profesional

Saat memilih bengkel ban mobil, pastikan teknisi yang menangani profesional. Biasanya para teknisi ini memiliki sertifikat dan pengetahuan mumpuni soal mobil. Dengan demikian, OtoFriends tidak perlu khawatir memercayakan mobil di bengkel tersebut.

2. Pastikan SOP jelas

Selanjutkan, pastikan standar operasional bengkel jelas. Biasanya setiap bengkel memiliki SOP dan Quality Control yang berperan penting dalam sebuah bengkel.

Baca juga: Daftar Bengkel Ban Mobil Murah di Jabodetabek

3. Pastikan bengkel mudah didatangi

Tips ketiga adalah mencari bengkel yang mudah didatangi baik saat pagi, siang, maupun malam. Bengkel jenis ini biasanya 24 jam beroperasi. Dengan memilih bengkel jenis ini, OtoFriends bisa merawat mobil sesuai waktu yang dimiliki. Selain itu, pastikan pelayanan yang diberikan bengkel mudah diakses. Coba satu layanan dulu, misalnya ganti oli. Jika pelayanannya mudah dan bagus, OtoFriends bisa lanjut ke servis selanjutnya.

4. Manfaatkan fitur booking online

Ada lagi cara termudah memilih bengkel ban mobil, yakni memanfaatkan fitur booking online di aplikasi Otoklix. Melalui aplikasi tersebut, OtoFriends bisa tahu di mana saja bengkel terdekat yang tersedia untuk didatangi. Selain terbebas dari antrian, OtoFriends juga akan mendapatkan harga pasti yang tertera di aplikasi. Apabila harga yang tertera tidak sama dengan di bengkel, maka OtoFriends berhak mengajukan refund.

Baca juga: 6 Rekomendasi Bengkel Ban Mobil Terdekat di Jabodetabek

Tips merawat ban mobil

1. Cek tekanan angin

Perlu diketahui, tekanan angin yang sesuai akan membuat usia ban lebih panjang dan juga hemat bahan bakar. Apabila tekanan udara ban kurang, ada risiko pecah ban. Sebab, dinding samping ban akan bersentuhan dengan jalan hingga akhirnya menipis atau aus. Ban yang tidak bisa menahan bobot mobil pun akan rusak.

2. Lakukan rotasi ban

Dengan melakukan rotasi ban, tingkat keausan ban akan menyebar dengan merata. Lakukan rotasi ban ini setiap kelipatan 10.000 km.

3. Lakukan spooring dan balancing

OtoFriends juga harus memastikan kondisi kelurusan ban atau spooring balancing. Lakukan perawatan spooring balancing setiap jarak tempuh mobil mencapai 10.000 km. Tanda-tanda ban perlu dilakukan spooring balancing adalah setir mobil bergetar, serta ban mobil terasa tidak lurus.

Sebagai informasi, spooring adalah proses meluruskan kembali kedudukan empat ban pada mobil. Sementara, balancing adalah upaya menjaga keseimbangan titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah di bagian yang kurang seimbang.

4. Perhatikan beban muatan mobil

Perlu diketahui, usia ban ditentukan oleh gaya berkendara. Oleh sebab itu, jangan melebihi kapasitas beban angkut agar fungsi ban tidak terganggu. Selain itu, pengereman mendadak juga dapat membahayakan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Kalau OtoFriends sering mengerem ataupun menikung dalam kecepatan tinggi, itu akan mengakibatkan ban cepat aus.

Baca juga: Rekomendasi 5 Bengkel Ban Mobil Terdekat di Depok

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar rekomendasi bengkel ban mobil terdekat di Jabodetabek

Biaya jasa ganti ban mobil dibanderol mulai dari Rp100 ribuan. Hal itu tergantung masing-masing bengkel. Sementara, harga ban mobil dibanderol mulai dari Rp300 ribu hingga Rp3 jutaan.

Masa kadaluarsa ban mobil biasanya lima tahun. Oleh sebab itu, saat membeli ban mobil baru, pastikan angka tahunnya mendekati tahun terbaru agar lebih awet.

Biaya spooring dibanderol mulai dari Rp90 ribu hingga Rp150 ribuan. Sementara, biaya finish balance dibanderol mulai dari Rp40 ribu.