Mencuci mobil merupakan aktivitas paling dasar dalam merawat kendaraan. Proses mencuci mobil bisa dilakukan sendiri maupun di tempat cuci mobil. Saat ini, ada dua jenis tempat cuci mobil yang bisa ditemui yakni secara manual dan menggunakan mesin cuci mobil otomatis atau istilahnya robotik. 

Cuci mobil robotic biasanya jadi pilihan untuk menghemat waktu. Walaupun sedikit lebih mahal dari cuci mobil konvensional, mencuci di mesin cuci mobil otomatis sangat efisien. Soal harga, cuci mobil robotik sangat bervariasi. Tergantung servis yang diberikan yakni mulai dari Rp60 ribu sampai Rp500 ribuan. 

Meski mencuci mobil di mesin robotik lebih hemat waktu, ternyata ada juga kekurangannya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari teknologi mesin cuci mobil otomatis.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Mesin Cuci Mobil Otomatis

Seperti diketahui, kelebihan dari mencuci mobil menggunakan robot yakni sangat menghemat waktu. Namun, ada juga beberapa kekurangannya dan berikut adalah penjelasannya.

Kelebihan cuci mobil otomatis

1.   Proses singkat

Waktu mencuci yang singkat jadi faktor penting bagi mesin cuci mobil otomatis. Hanya 10-20 menit prosesnya jika tidak mengantre. Banyak pengguna kendaraan yang memilih cuci di mesin cuci otomatis karena tidak punya waktu untuk cuci konvensional.

2.    Tidak perlu keluar mobil.

Selain proses singkat, cara mencucinya juga sangat mudah yakni menggunakan mesin sehingga sopir tidak perlu turun dari mobil. Bisa drive and go atau drive-thru.

3.    Mendapat pelindung cat.

Sebagian tempat cuci mobil otomatis memiliki servis tambahan yaitu mendapatkan pelindung cat. Namun, tidak semua tempat cuci mobil memberikan fasilitas ini. Selain itu, biaya yang harus dibayar juga biasanya lebih mahal, tapi sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Kekurangan cuci mobil otomatis

1.    Harga lebih mahal.

Waktu cuci lebih cepat membuat harga lebih mahal. Pasalnya, mesin robotik memiliki biaya perawatan yang tinggi. Mesin robotik carwash membutuhkan tenaga listrik yang cukup besar, yaitu 5.000 – 12.000 watt. Dengan besarnya daya listrik yang dibutuhkan, maka biaya operasional yang dikeluarkan oleh pengusaha juga besar.

2.    Cat berpotensi tergores.

Memilih tempat cuci mobil otomatis harus teliti. Dengan pencucian menggunakan mesin robotik, ada potensi cat mobil tergores. Saat proses pencucian, alat cuci mobil yang masih menggunakan sikat berbahan dasar plastik berpotensi membuat cat bodi mobil lecet.

3.    Tidak detail.

Dengan waktu yang singkat dan menggunakan mesin, tentu saja hasil dari cuci mobil robotik tidak detail. Pencucian dengan mesin tidak akan menjangkau kotoran di sela-sela mobil. Jika ingin mencari hasil cuci yang maksimal, lebih baik cuci manual.

Rekomendasi tempat cuci mobil otomatis atau robotik di Jakarta

Walau memiliki kelebihan dan kekurangan, tempat cuci mobil otomatis hingga saat ini masih jadi favorit untuk yang ingin menghemat waktu. Berikut 5 rekomendasi tempat cuci otomatis di Jakarta.

1.Robotic Carwash

Alamat: Jl Pd Kelapa Raya No 80,  Duren Sawit, Jakarta Timur.

2.Rego Cuci Mobil

Alamat: Jl. Cendrawasih Raya No 99, RW6, Cengkareng Jakarta Barat.

3.Cuci Mobil Robotic

Alamat: Jl H Naman No 29, RT 1/RW 3, Pd Kelapa., Jakarta Timur.

4.  Yellow Car Spa

Alamat: Jalan Danau Indah Raya Blok C 2, RT 7/RW 13, Sunter Jaya, Tj

Priok, Jakarta Utara.

5.  Auto 578 Antasari Premium Carwash & Detailing.

Alamat: Jl Pangeran Antasari No 83A, RT 7/RW 2, Cilandak, Jakarta Selatan.

Itulah beberapa lokasi mesin cuci mobil otomatis di Jakarta. Jangan lupa untuk selalu merawat kendaraan mulai dari eksterior, interior maupun mesin. Temukan tempat mencuci mobil maupun bengkel servis yang bisa dicari di aplikasi Otoklix

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena kamu hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.