AC mati saat sedang perjalanan jauh dan cuaca terik memang bikin kepala pusing. Apalagi jika di sepanjang perjalanan kamu belum menemukan bengkel AC mobil terdekat. 

Mencari bengkel AC mobil terdekat itu susah-susah gampang. Mungkin gampang ditemukan, tetapi belum tentu pelayanannya berkualitas. Banyak bengkel AC mobil yang mematok harga tinggi, tetapi pada akhirnya AC mobil kembali rusak tak lama setelah keluar dari bengkel.

Maka dari itu, kamu perlu menemukan bengkel yang memiliki montir yang andal, produk yang lengkap, dan harga yang rasional. Jika saat ini lokasimu di Jabodetabek, kamu bisa simak artikel ini.

Rekomendasi Bengkel AC Mobil Terdekat

JakartaRotary BintaroJl. RC. Veteran RT.10/RW.10 No. 1A Bintaro Raya Tanah Kusir, RT.10/RW.10, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
999 Auto MobilJl. Rajawali Selatan Raya No.1D, RT.4/RW.6, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10720
Aneka Jaya Auto MobilJl. Sunter Mas Barat I Blok H9 No. 12 Sunter Agung Tanjung Priok Jakarta Utara DKI Jakarta RT.2, RT.2/RW.8, Sunter Jaya, Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350
BekasiDENSO Mandala Motor AC MobilJl. Raya Pekayon No.1, RT.005/RW.001, Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17148
Formula Specialist AC MobilSentra Onderdil Harapan Indah Blok EF No 16, West Bekasi, RT.016/RW.017, Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bks, Jawa Barat 17131
BogorJaya Mulya AC MobilJl. Raya Wangun No.354, RT.01/RW.03,  Sindangsari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16146
Srikandi AC MobilSamping Kuntum/Seberang Ramayana, Jl. Raya Tajur No.239, Sindangsari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16137
Tangerang999 Auto Mobil PorisRuko Grand Poris Blok A2 No.4A, RT.001/RW.006, Cipondoh Indah, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15122
DepokSOLO SEJUK Automotive air conditioning servis.Jl. Kemakmuran No.1C, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Itu dia daftar bengkel AC mobil terdekat yang direkomendasikan untuk memperbaiki AC mobil kamu. Jika ingin dibantu melakukan booking servis AC mobil, bisa lho kunjungi website www.otoklix.com, atau Whatsapp Customer servis Otoklix melalui nomor 0822-9837-8787.

Tapi kamu tidak ingin terus-terusan servis, ‘kan? Kamu mau tahu juga bagaimana cara merawat AC mobil? Perhatikan jenis servis AC mobil dan tips merawatnya.

Jenis-jenis Servis AC Mobil

Setelah mengetahui rekomendasi bengkel AC mobil terdekat, ada baiknya kamu juga perlu tahu jenis-jenis servis AC mobil yang sering dikeluhkan. Biasanya montir akan melakukan pengecekan awal secara menyeluruh, baru mendeteksi kerusakan komponen.

Jika montir langsung mendeteksi tanpa melakukan pengecekan, kamu perlu waspada, ya! Jangan-jangan bengkel abal-abal.

Berikut jenis kerusakan AC mobil yang sering dijumpai:

  • Kerusakan pada kompresor AC mobil
  • Kebocoran pada kompresor AC mobil
  • Filter AC mobil berdebu
  • Kerusakan pada komponen evaporator
  • Munculnya suara pada blower AC mobil
  • Kerusakan pada Magnetic Clutch
  • Penggantian Spare Part AC mobil
  • Isi ulang oli kompresor
  • Isi ulang freon
  • Menghilangkan bau tidak sedap pada kabin mobil
  • Steril kabin mobil dari virus
  • Tune-up komponen AC mobil secara berkala
  • Penggantian kompresor AC mobil
  • Dan kerusakan AC mobil lainnya

Jika sudah diketahui penyebab kerusakan AC mobil, maka montir akan memberikan solusi untuk mengatasi kerusakan tersebut. Kamu hanya perlu membayar jasa servis sesuai jenis kerusakan AC mobil kamu. Jadi, dapatkan bengkel AC mobil terdekat yang bisa menjadi langganan kamu servis AC mobil.

Tips Merawat AC Mobil

Sistem pendingin AC sepertinya sudah menjadi fitur wajib ketika membeli mobil ya. Ketika cuaca terik, AC mobil membantu agar kita tidak “terpanggang” di dalam mobil. Begitu juga saat hujan, AC mobil membantu agar kaca depan tidak berembun. 

Membeli mobil baru pasti sudah terjamin AC-nya. Apalagi ketika membeli mobil second, salah satu komponen penting yang pertama kali kita cek adalah AC. Apakah AC-nya masih dingin? Apakah ada komponen AC yang perlu diganti?

Daripada terus-terusan servis AC, kita juga perlu tahu tips merawat AC mobil.

1. Jaga kebersihan pada kabin mobil

Kabin dan jok mobil yang kotor dan berdebu dapat tersedot dan bersirkulasi pada AC mobil sehingga AC mobil akan cepat kotor. Pastikan kabin mobil kamu selalu bersih dari kotoran dan debu. 

2. Hindari membuka lebar kaca saat ac menyala

Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan.

3. Hindari merokok dalam kondisi ac mobil menyala

Jika ingin merokok di dalam mobil sebaiknya matikan AC dan bukalah kaca agar asap rokok keluar dan tidak menempel di kabin mobil.

4. Bersihkan kondensor ac mobil

Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondensor AC. Bersihkan juga kondensor saat kamu mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

5. Bersihkan filter kabin

Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan filter kabin. Lakukan perawatan dengan cara saat melakukan servis di tukang servis AC mobil. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah penggantian filter kabin secara berkala.

6. Lakukan selalu servis berkala pada ac mobil

Dengan melakukan servis berkala pada AC akan membuat kamu menjadi lebih mudah dalam melakukan perawatan dan teratur dalam penggantian parts pada sistem pendingin AC mobil kamu.

Temukan bengkel AC mobil terdekat dari lokasi kamu yang memiliki kualitas yang baik. Salah satu cara untuk mendapatkan rekomendasi bengkel AC mobil terdekat dan terbaik di sekitar kamu adalah menggunakan aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!