Kompresor AC berisik biasanya terjadi pada mobil berusia lima tahun ke atas. Hal itu bisa disebabkan oleh piston yang aus atau kompresor AC kurang oli. Berikut beberapa penyebab kompresor AC berisik yang perlu diketahui. 

Penyebab kompresor AC mobil berisik

1. Komponen AC tidak terpasang presisi

Mesin AC yang dipasang tidak presisi bisa menyebabkan kompresor AC berisik. Hal ini disebabkan ada bagian longgar yang membuat AC bergetar.

2. Ada gesekan di dalam mesin AC

Selain itu, gesekan antara dua komponen juga dapat menimbulkan bunyi berisik. Misalnya, mesin AC aus atau piston kehabisan oli. Hal itu membuat mesin bekerja lebih berat. Bila oli habis, segera tambah. Begitu pula saat mesin aus, segera ganti dengan komponen mesin yang baru.

3. Ada kebocoran di saluran AC mobil

Kebocoran di saluran AC mobil juga dapat menyebabkan kompresor AC mobil berisik. Sebab, bocornya saluran AC menyebabkan freon dan oli lebih cepat habis. Akibatnya, terjadi gesekan pada piston hingga menimbulkan bunyi berisik dari sistem pendingin kabin mobil.

4. Ditemukan benda asing di kabin mobil

Benda asing yang masuk kabin mobil dapat menyebabkan kompresor AC mobil berisik. Misalnya, daun kering, sisa makanan, kerikil, atau pecahan benda asing. Benda-benda kecil itu dapat menghambat kinerja mesin.

Baca juga: Biaya Service Kompresor AC Mobil Jika Kompresor AC Ngorok

5. Kompresi pada kompresor hilang

Kompresor AC mobil berisik juga menjadi pertanda kemampuan kompresi sudah hilang. Fungsi kompresor di dalam AC adalah memompa udara dari bagian freon ke kondensor. Apabila kinerjanya lemah, udara yang dipompa ke kondensor juga akan melemah. 

Akibatnya, timbul suara berisik dari sistem pendinginan kabin mobil. Tidak hanya itu, AC mobil juga bisa terasa tidak dingin sama sekali. Bila mobil OtoFriends menimbulkan suara berisik dan AC mengeluarkan udara panas, segera ke bengkel untuk memperbaikinya.

6. Magnetic clutch bermasalah

Magnetic clutch berfungsi menghubungkan mesin dengan kompresor. Apabila bagian ini bermasalah, kinerja sistem AC tidak bisa maksimal, seperti kompresor AC mobil berisik hingga keluar hawa panas. Rusaknya magnetic clutch akan menghambat fungsi kompresor karena bagian tersebut terhubung langsung dengan mesin.

Cara mengatasi kompresor AC mobil berisik

Kompresor AC bisa diperbaiki, namun hal itu bergantung pada jenis kerusakan dan bagian mana saja yang rusak. Sebab, harga kompresor AC tidak murah dan tidak ada kompresor AC yang dijual per komponen saja.

1. Perhatikan oli kompresor

Cara mengatasi kompresor AC mobil berisik adalah perhatikan oli kompresor. Oli tersebut merupakan pelumas yang dapat mengurangi gesekan dan mencegah kompresor cepat panas.

2. Periksa piston

Selain itu, periksa apakah piston sudah aus. Hal itu bisa saja terjadi pada mobil usia tua atau mobil yang AC-nya kurang dirawat. Perlu diketahui, piston aus merupakan salah satu dari penyebab kompresor AC mobil berisik. Apabila piston terbukti aus, ganti kompresor dengan yang baru.

3. Cek thrust bearing

Periksa apakah thrust bearing longgar akibat pemasangan yang tidak benar. Bila benar demikian, OtoFriends cukup mengencangkan kembali thrust bearing yang longgar.

4. Periksa AS.

Terakhir adalah periksa AS. Untuk AC bertipe denso, AS pada kompresor yang tidak presisi bisa menimbulkan pergerakan piston melampaui batas maksimal. Apabila hal ini terjadi, itu akan menimbulkan benturan pada katup kompresor.

Baca juga: Apa Itu Kompresor AC Mobil? Begini Kisaran Harganya!

Itulah penjelasan mengenai penyebab kompresor AC berisik beserta cara mengatasinya. Walaupun kompresor AC mobil berisik bisa diperbaiki, namun lihat dengan detail kondisinya. Sebab, kompresor AC yang rusak parah atau ada bagian krusial yang rusak, itu tidak akan bisa diperbaiki lagi. Lebih baik mengganti kompresor AC rusak dengan yang baru.

Lakukan perawatan AC mobil di bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. OtoFriends akan mendapatkan jaminan bebas antrian apabila booking tempat secara online. Selain itu, OtoFriends juga mendapatkan garansi pemakaian serta tawaran menarik lainnya.

Pertanyaan Seputar Kompresor AC Mobil Berisik

Bunyi kompresor AC mobil berisik berasal dari gesekan dua komponen, yakni piston kehabisan oli atau mesin AC aus akibat penggunaan cukup lama. Sehingga, mesin bekerja lebih berat dari biasanya hingga menyebabkan kompresor AC mobil berisik.

Sebaiknya ganti oli kompresor AC mobil minimal satu tahun sekali atau ketika mobil mencapai jarak tempuh 20 ribu kilometer.Selain itu, pastikan pula karakteristik olinya. Jika refrigerant berbentuk gas, oli juga harus berbentuk gas. Begitu pula jika refrigerant berbentuk cair, maka oli kompresor juga harus cair.

Biaya ganti oli kompresor AC mobil dibanderol mulai dari Rp100 ribu sampai Rp200 ribuan. Untuk kualitas standar, ganti oli memakan biaya Rp100 ribu, namun oli berkualitas bagus bisa mencapai Rp200 ribu.