Ingin memodifikasi tampilan mobil? OtoFriends bisa mulai dari ban mobil dulu. Tak perlu sampai ganti velg, cukup ganti ban dengan tapak yang lebih lebar dari ukuran standar pabrikan mobil masing-masing.

Khusus untuk  pemilik city car dan low cost green car (LCGC), pasti menyadari bahwa bentuk ban mobil bawaan pabrik tampak terlalu kurus dan langsing. Hal itu membuat tampilan mobil jadi kurang gagah. Namun, dengan ganti ban ke ban tapak lebar otomatis tampilan mobil bakal lebih level up dari sebelumnya.

    Sebagaimana diketahui, ukuran ban mobil city car dan LCGC biasanya menggunakan ukuran 175/65 Ring 14 ke bawah. Bila ingin ganti ban ke tapak yang lebih lebar, cukup tambahkan sekitar 10 cm dari ukuran standarnya. Jadi, salah satu ukuran yang direkomendasikan adalah 185/60/R14. 

    Agar tak tertipu, catat kisaran harga ban mobil ring 14 tapak lebar di bawah ini:

    Daftar Harga Ban Mobil Ring 14 Tapak Lebar 

    Merek Ban MobilHarga
    Dunlop Direzza ZIIRp1,71 juta
    Dunlop SP Touring R1Rp752 ribu
    Dunlop LM704Rp713 ribu
    Dunlop FM901Rp574 ribu
    Michelin Energy XM2Rp1,14 juta
    Goodyear DuraplusRp780 ribu
    Goodyear Ducaro GARp899 ribu
    Goodyear Eagle F1Rp898 ribu
    GT Radial Champiro GTX ProRp677 ribu
    GT Radial Champiro EcoRp544 ribu
    Bridgestone Turanza T005ARp968 ribu
    Accelera EpsilonRp434 ribu
    Achilles Ban 122Rp455 ribu
    Achilles 868 All SeasonsRp499 ribu
    Achilles PlatinumRp435 ribu
    Forceum D 600Rp590 ribu

    Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Ban Mobil Ring 14 Tapak Lebar

    Usai mengetahui kisaran harganya, ada baiknya OtoFriends mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan ban mobil ring 14 tapak lebar. Simak ulasannya di bawah ini:

    1. Kelebihan menggunakan ban mobil ring 14 tapak lebar

    Selain membuat tampilan mobil makin kekar, penggunaan ban mobil tapak lebar juga punya banyak manfaat. Ban tapak lebar lebih dapat diandalkan dalam mereduksi jarak pengereman di medan jalan yang basah maupun kering. Lantaran, ban mobil tapak lebar memiliki hambatan gulir (rolling resistance) yang lebih baik dibanding ukuran standar yang membuat mobil bisa berhenti dalam jarak lebih pendek.

    Selain itu, ban mobil tapak lebar memiliki traksi yang lebih baik sehingga bisa memberi performa pengendalian yang lebih optimal ketimbang ban standar. Termasuk saat mobil harus mengangkut banyak barang. Keuntungan lainnya juga dapat dirasakan saat mobil menikung dengan cepat, penggunaan ban mobil tapak lebar dapat meminimalisir gejala bergeser pada mobil.

    Terakhir, penggunaan ban mobil tapak lebar juga bisa memberi pengaruh pada akselerasi. Traksi yang lebih besar mampu membuat ban mencengkram aspal lebih baik sehingga mobil bisa bergerak lebih cepat.

    1. Kekurangan menggunakan ban mobil ring 14 tapak lebar

    Terlepas dari berbagai kelebihan di atas, OtoFriends juga harus mempertimbangan kekurangan yang ditimbulkan oleh penggunaan ban mobil tapak lebar. Salah satunya soal kenyamanan, ban mobil tapak lebar disebut-sebut cenderung lebih bising saat dibawa berkendara ketimbang ban ukuran standar. 

    Selain itu, ban mobil tapak lebar ini juga kurang bisa menekan gejala aquaplaning di saat hujan dan adanya genangan air di jalan. Gejala tersebut muncul pada kecepatan yang lebih rendah dari ban yang lebih pipih. Lantaran, friksi ban mobil tapak lebar ke aspal bisa lebih cepat hilang, maka lebih cepat pula mobil kehilangan pengendalian.

    Kekurangan lainnya, ban mobil tapak lebar melebihi ruang spakbor mobil, jadi rentan terjadi gesekan. Namun, untuk masalah satu ini masih bisa diakali dengan cara melipat bibir spakbor atau digulung agar perjalanan tidak terganggu. Terakhir, tapak yang lebar otomatis membuat radius putar mobil bisa menjadi lebih lebar karena gerakan ban kiri-kanan berhenti lebih awal.

    Tips Aman Ganti Ban Mobil ke Tapak Lebar

    Berikut tips aman buat OtoFriends yang mau mengganti ban mobilnya ke tapak lebar:

    1. Sesuaikan ukuran ban dengan tenaga mobil

    Sebelum memilih ban tapak lebar yang akan dipasang perhatikan tenaga mobil masing-masing. Untuk mobil dengan 1.000 – 1.500 cc dilarang menggunakan ban ukuran yang lebih besar dua tingkat lebih. Lantaran, hal itu bisa membuat pengendalian mobil bertambah berat dan boros bahan bakar.

    1. Sesuaikan ketebalan dan lebar ban dengan pelek

    Bila OtoFriends juga menambah ukuran velg ban, maka lebar tapak bannya harus berkurang 10 milimeter dan tebal ban juga harus dikurangi 5-10% dari ukuran standar. Selain itu, pastikan juga speed rating atau tingkat kecepatan dan load rating ban baru lebih tinggi dari ban standarnya.

    Setelah itu, pastikan apakah pola baut velg ban tersebut sesuai dengan yang ada di mobil OtoFriends. Bila tidak maka jangan dipaksakan, sebab sangat berisiko terutama ketika mobil dikendarai dan melaju kencang, baut berpotensi kendor.

    1. Ganti shock dan tambahi anti roll bar

    Bila OtoFriends menginginkan hasil yang lebih memuaskan, sekalian ganti shock dan spring dengan ukuran lebih pendek. Sebab, semakin rendah kendaraan maka pengendalian pun semakin mantap. Lalu, tambahkan juga perangkat anti roll bar. Dengan adanya peranti tambahan tersebut, mobil kesayangan pun menjadi semakin nyaman dibawa berkendara. 

    Untuk diketahui, anti roll bar yang dipasang di sistem suspensi roda depan tersebut berfungsi untuk menyeimbangkan seluruh bagian mobil akibat beban yang tidak merata saat mobil menikung atau berputar. Jadi, mobil pun terhindar dari risiko terguling. 

    Bila OtoFriends masih bingung, ada baiknya konsultasikan soal niat mengganti ban mobil ring 14 tapak lebar tersebut kepada ahlinya di bengkel terdekat. Kini, menemukan bengkel terdekat tidak perlu repot-repot keluar rumah dulu. Cukup unduh aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa menemukannya sekaligus melakukan booking untuk jasa servis yang dibutuhkan.