Menemukan ban yang tepat untuk mobil bukan perkara mudah. Jika memilih ban secara asal-asalan, bisa mengganggu kinerja mobil kamu, lho! Kinerja mobil yang buruk ujung-ujungnya bisa membahayakan keselamatan pengemudi maupun penumpangnya. 

Tentu, kamu tak mau hal itu terjadi, kan? Untuk itu, bagi kamu yang baru membeli mobil dan hendak mengganti ban, penting lebih dulu mempelajari cara memilih ban mobil yang tepat. Di akhir artikel ini, kamu juga akan menemukan rekomendasi 10 merk ban mobil terbaik yang bisa dipilih. Simak sampai habis ya!

Rekomendasi Merk Ban Mobil Terbaik

Memilih ban mobil berdasarkan merknya pun juga penting. Pilihlah ban dengan merk yang sudah teruji saja kualitasnya seperti yang akan dibahas di bawah ini:

1. GT Radial

Merk ini adalah merk ban asli buatan Indonesia. Untuk itu, tak sulit menemukan merk ban satu ini, sebab pasti tersedia di banyak toko ban mobil di Indonesia. 

Kualitas ban GT Radial juga sudah teruji dan disebut-sebut sebagai merk ban terbaik yang dipunyai Indonesia. Hal itu terbukti lewat ajang sirkuit Formula 1, merk ban ini hadir sebagai salah satu sponsor utama.  

Bila kamu mencari ban yang bisa menjaga kestabilan ketika berkendara, maka ban GT Radial tipe Champiro BXT Plus 185/70 dengan ukuran mulai dari R13 bisa jadi pilihan yang pas. 

2. Bridgestone

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan merek ini. Sebab, Bridgestone memang merk ban populer di dunia, bahkan orang yang tidak paham otomotif pun pasti pernah mendengar atau melihat logo merek ban mobil tersebut. 

Tak hanya terkenal, kualitas merk ini pun sudah terjamin. Tak hanya stylish tapi juga fungsional, jadi tidak licin. Selain itu, merk ban ini juga disebut-sebut bisa bikin hemat bensin kamu lho!

Kok bisa? Lantaran, ban Bridgestone memang dibuat dengan teknologi kompon Nano Pro Tech yang bisa menurunkan koefisien hambatan gulir, sehingga mengurangi hilangnya energi di puncak kompon saat ban mobil berputar. 

3. Michelin

Merek ini terkenal sebagai merek ban yang sering dipakai di mobil premium kelas atas. Maka, tak heran harga rata-rata ban mobil merk ini juga mahal-mahal. Sebab merek ini punya inovasi tersendiri terkait kemampuannya meredam suara, juga memiliki daya tahan dan daya cengkram saat pengereman yang baik. 

Selain itu, merek ini juga dikenal dengan merek ban paling awet sebab setiap bannya dilengkapi dengan Michelin Silica Rain Technology. 

4. Achilles

Merek selanjutnya adalah Achilles. Merek ini juga cukup populer dan mudah ditemukan di setiap bengkel atau toko ban mobil yang ada di sekitar

Bicara soal kualitas, tentu tak perlu diragukan lagi. Tak hanya bisa dipakai untuk mobil penumpang, ban merek ini juga kerap dipakai di ajang balap mobil dalam negeri hingga kelas dunia.

Merk ini memproduksi ban untuk berbagai tipe mobil mulai dari mobil penumpang, van, truk, bus, hingga mobil balap. Untuk harga pun beragam, mulai dari kisaran Rp 384 ribu hingga jutaan rupiah.

5. Dunlop

Selanjutnya, merek Dunlop, yang merupakan pemain lama di industri ban mobil. Merek ini punya keunggulan tersendiri yakni memiliki compound yang lebih soft dan daya redam yang sempurna. Daya cengkramnya pun cukup baik.

Dengan begitu, kendaraan yang menggunakan ban mobil merek ini terasa lebih nyaman dipakai saat berkendara. Untuk harganya, juga terbilang terjangkau. Beberapa tipe ban ada yang dibanderol mulai Rp329 ribu. 

6. Falken

Bila kamu mencari ban mobil yang awet, merk Falken bisa dipertimbangkan. Sebab usia ban ini diklaim 13% lebih panjang daripada merk lainnya. Namun, hal itu tergantung pada penggunaannya, ya. 

Merk ini juga sudah tercatat dalam daftar ban mobil dengan kualitas terbaik. Ban-ban yang diproduksi produsen merek ini dikhususkan untuk penggunaan kendaraan di jalan raya ketimbang balapan. Untuk itu, harganya pun cukup terjangkau, yakni dimulai dari Rp600 ribuan.

7. Hankook

Merek ini berasal dari Korea dan merupakan 10 besar perusahaan ban terbesar di dunia. Produk ban merk ini biasanya digunakan sebagai ban OEM oleh beberapa pabrikan otomotif. 

Keunggulannya dibanding merk lain adalah dari segi bahannya. Ban ini dirancang dengan empat alur melingkar yang bisa mencegah ban dari aquaplaning ketika berada di medan jalanan yang basah. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp600 ribuan dan banyak  digunakan untuk mobil low MPV.

8. Accelera

Selanjutnya, ada Accelera. Ban mobil merek ini punya banyak model di antaranya Phi, Plush, X-Grip, Eco, Accelera Alpha, dsb. 

Namun, model ban di merek ini yang cocok dipakai sehari-hari adalah model ban jenis sport. Harganya dibanderol mulai dari Rp390 ribuan dengan kualitas yang tak diragukan. Sebab, rata-rata ban merek ini dirancang memiliki daya cengkram yang kuat dan durabilitas yang baik.

9. Pirelli

Deretan merk ban mobil terbaik selanjutnya adalah Pirelli. Merk ban asal Italia ini cocok untuk kamu yang gemar travelling maupun balap. Lantaran, build quality-nya luar biasa dan ketahanannya pun super kokoh.

Merk ini memfokuskan pada kenyamanan dan keamanan pengemudi. Namun, soal harga memang cukup mahal yakni dipatok mulai dari Rp2.350.000.

10. Nexen

Terakhir, adalah Nexen yang terkenal dengan daya tahannya yang bagus dengan harga yang terjangkau. Ban mobil ini sudah terkenal di Asia termasuk Indonesia.

Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat

Berikut tips memilih ban yang tepat untuk mobil kamu:

1. Pilih yang sesuai dengan tipe mobil

Cara sederhana memilih ban yang tepat adalah dengan menyesuaikan dengan tipe mobilnya. Sebagaimana diketahui, ada beragam jenis tipe mobil seperti mobil khusus untuk mengangkut orang atau penumpang, tipe light truck atau truk kecil, tipe special trailer (ST), dan lain-lain.

Untuk itu, cari tahu dulu apa tipe mobil kamu. Caranya cek saja kode yang ada di ban bawaan mobil kamu. Biasanya di dinding samping ban akan tercantum kode kombinasi huruf dan angka seperti ini P216/54R14 97V. Tipe ban mobil adalah huruf paling awal di urutan kode tersebut yaitu huruf P yang artinya Passenger alias penumpang. 

2. Pilih sesuai kebutuhan

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah soal kebutuhannya. Di medan jalan seperti apa kendaraan kamu sering melintas? 

Misal, mobil kamu hanya dipakai untuk transportasi pulang pergi ke kantor yang medan jalannya adalah jalan aspal atau jalan raya saja, maka tipe ban yang cocok untuk mobilmu adalah tipe H/T atau High Terrain, yang sangat nyaman dan tidak berisik.

Namun, bila kamu hobi travelling ke lokasi ekstrem dengan ciri khas medan jalan berlumpur dan penuh bebatuan, maka tipe ban yang cocok adalah tipe M/T atau Mud Terrain.

Atau, kamu tinggal di daerah yang sering hujan dan banjir, maka tipe All Terrain atau A/T adalah tipe yang tepat untuk dipakai.

3. Pilih motif alur ban yang sesuai 

Tak kalah penting adalah bentuk/motif alur ban. Faktor satu ini masih berkaitan dengan faktor sebelumnya yakni soal kebutuhan dan medan jalan seperti apa yang sering dilewati.

Lantaran, motif alur ini sangat berpengaruh pada gesekan ban dengan jalan. Semakin kecil gesekan yang ditimbulkan, semakin besar risiko mobil kamu terpeleset atau tergelincir di jalan. 

Sedikit pengetahuan saja, untuk yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi dan sering banjir, pilihlah motif alur V. Sebab, motif tersebut memiliki daya gesek yang lebih besar dari motif lainnya, jadi cocok di jalanan licin atau basah.

Sebaliknya, untuk jalanan yang panas, hindari motif alur ban yang banyak guratannya. Lalu, buat kamu yang sering melewati jalan yang bergelombang, maka motif alur bulat menjadi pilihan yang tepat. 

4. Pilih sesuai ukuran, lebar, dan ketebalan

Selanjutnya, sebelum memilih ban, cari tahu dulu ukuran, lebar, dan ketebalan ban seperti apa yang cocok dengan jenis mobilmu. Cara sederhana mencari tahu ukuran dan lebar ban yang tepat adalah dengan melihat kode yang ada di dinding samping ban bawaan. 

Masih menggunakan contoh kode ban mobil yang sama yakni P216/54R14 97V, maka 3 angka pertama di kode tersebut yaitu angka 216 menunjukkan lebar telapak ban dalam satuan mm. Lalu, 2 angka selanjutnya yakni 54 menunjukkan aspek rasio ketebalan ban, dalam persentase atas lebar tapaknya. Dua angka setelah huruf R yaitu angka 14 menunjukkan diameter velg dalam satuan inci, dan dua angka terakhir yakni 97 menunjukkan indeks beban maksimum.

Jadi, tugas kamu sekarang tinggal mencari ban dengan ukuran, lebar, hingga ketebalan sesuai yang tercantum di ban bawaan mobilmu.

5. Cek usia ban mobil

Faktor lain yang tak boleh dilewatkan adalah terkait usia ban mobil. Ya, ban juga punya tanggal kadaluarsanya, untuk itu pastikan kamu sudah mencatat tanggalnya dengan baik, dan ganti sebelum waktunya kadaluarsanya tiba. 

Usia ban bisa dilihat di tubuh ban itu sendiri, biasanya ada kode empat digit angka seperti 0313. Dua angka pertama menunjukkan waktu pembuatan, yakni di minggu ketiga, dan dua angka terakhir menunjukkan tahun produksi, yaitu 2013.

Selain itu, saat kamu memilih ban baru, pastikan tahun pembuatannya masih baru. Lantaran, meski belum pernah digunakan, karena ban itu terbuat dari karet, pasti beda kualitasnya antara yang baru dan yang lama. Demikian pula dengan tempat penyimpanannya, hindari membeli ban yang disimpan di tempat lembab atau sudah terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu tertentu.

6. Jangan terlalu perhitungan

Terakhir, jangan terlalu perhitungan saat hendak membeli ban baru. Sebaiknya jangan asal pilih ban yang murah saja, tapi cermati juga kualitas, tempat membelinya, dan lain sebagainya. 

Upayakan membeli ban hanya di tempat yang resmi dan terpercaya. Cari tempat yang memberi jasa pemasangan ban mobil langsung jika memang butuh langsung diganti. Kamu bisa membuat janji bongkar pasang ban dengan mudah lewat aplikasi Otoklix

Nah, demikianlah pembahasan seputar ban mobil. Apakah kamu sudah menentukan mana merk ban mobil terbaik yang cocok untuk kendaraanmu? Yuk, segera ganti ban di bengkel terdekat jika memang sudah saatnya.