OtoFriends bisa mencari tahu cara memperbaiki aki kering yang tidak bisa menyimpan setrum melalui blog otomotif seperti Otoklix. Apabila kondisi air aki kering ini tidak segera ditangani maka bisa mempengaruhi seluruh mekanisme kelistrikan di dalam mobil.

Seluruh sistem kelistrikan pada mobil sangat bergantung pada aki mobil sehingga saat komponen ini rusak maka seluruh komponen mobil yang membutuhkan aliran listrik akan ikut rusak dan berpotensi tidak bisa menyala.

    Mengingat mobil merupakan moda transportasi yang sering kita gunakan setiap hari, maka mungkin saja beli air aki kering dan berdampak pada penurunan performa mesin mobil. Bagaimana cara memperbaiki aki kering yang tidak bisa menyimpan setrum? Ini jawabannya.

    Baca juga: Apa Itu Aki Kering, Ciri Kerusakan, dan Cara Memperbaikinya

    Cara memperbaiki aki kering yang tidak bisa menyimpan setrum

    Sekalipun aki kering termasuk komponen mobil yang jarang sekali rusak. Akan tetapi, bukan menutup kemungkinan aki kering tidak bisa menyimpan setrum karena satu dan lain hal. Supaya performa mobil kembali optimal, sebaiknya segera perbaiki aki kering yang tidak bisa setrum tersebut di rumah.

    1. Lepaskan hubungan arus aki dan buka penutup aki

    Cara memperbaiki aki kering yang tidak menyimpan setrum dimulai dari melepas aki kering tersebut dari mesin mobil dan putuskan arus hubungan pada aki. Lepaskan terlebih dulu dari sisi negatif lalu sisi positifnya dengan berhati-hati.

    Lalu buka penutup aki dan karetnya dengan memotong pinggiran segel. Cungkil bagian tutup tersebut hingga terbuka dan terlepas dari setiap sel aki. 

    Keluarkan air aki menggunakan pipet atau jarum suntik. Keluarkan air aki dengan hati-hati hingga menyisakan 30% sampai 40% di dalam aki.

    Perlu diingat bahwa air aki bisa memberikan efek korosif terhadap kulit manusia sehingga dibutuhkan ekstra kehati-hatian saat melakukannya.

    2. Isi aki dengan air zuur

    Selanjutnya, isi aki kering tersebut menggunakan air zuur dan bukan mengisinya dengan air aki biasa. Sewaktu membeli air zuur, kita harus memastikan apakah air tersebut benar-benar air zuur dengan mencari tahu ciri-ciri air zuur melalui situs otomotif.

    Gunakan pipet atau injector atau alat bantu lain seperti jarum suntik untuk memasukkan air zuur ke dalam aki kering tersebut. Batas volume pengisian air zuur ini hanya sampai batas berwarna putih yang ada di masing-masing sel.

    Jika air zuur diberikan terlalu banyak malah bisa merusak aki kering karena air zuur merupakan bahan kimia yang mengandung asam sulfat.

    Baca juga: Mengenal Air Aki Zuur dan Air Accu serta Fungsinya

    3. Tutup aki kembali

    Sesudah mengisi aki kering dengan air zuur sesuai batas maksimalnya, tutup kembali aki dengan penutupnya. Pastikan karet penutup dan penutup tertutup rapat supaya aki tidak meluber.

    4. Pasang kabel aki

    Setelah itu, pasang kembali kabel-kabel aki dimulai dari kabel positif terlebih dulu kemudian kabel negatifnya. Dengan begitu, arus listrik akan bisa mengalir dengan optimal.

    5. Hidupkan mesin

    Cara memperbaiki aki kering yang tidak bisa menyimpan setrum yang terakhir adalah dengan menyalakan mesin mobil untuk mengetahui apakah aki sudah terpasang dengan benar atau justru ada kerusakan lain pada komponen kelistrikan mobil.

    Untuk mengetahui apakah pengisian aki kering ini sudah optimal atau justru sebaliknya adalah dengan memperhatikan RPM. Apabila RPM berada di bawah 600 maka pengisian aki kering kurang optimal dan harus diperbaiki lagi.

    Jika kita sudah berusaha untuk memperbaiki pengisian dan pemasangan aki kering tersebut tetapi masih saja RPM di bawah 600, maka sebaiknya panggil layanan bengkel mobil ke rumah untuk memperbaiki aki kering tersebut.

    Baca juga: Cara Perbaiki Aki Kering, Bisa Dibongkar atau Donor Aki

    Penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum

    Untuk meminimalisir kerusakan saat mencoba memperbaiki dan mengisi air aki kering, sebaiknya kita ketahui terlebih dulu penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum.

    Usia pakai aki telah habis

    Sama halnya dengan komponen mobil lainnya, aki memiliki batas usia pakai. Umumnya usia pakai aki kendaraan bermotor hanya mencapai 3 tahun. Kendati demikian, ada juga usia pakai aki mobil yang mencapai 5 tahun. 

    Sebenarnya faktor yang memperpanjang usia pakai aki kendaraan adalah perawatan yang dilakukan pemilik mobil. Saat daya setrum aki telah berkurang dan melemah segera ganti aki mobil dengan yang baru.

    Air aki yang habis dan kering dibiarkan begitu saja

    Apabila kita membiarkan begitu saja air aki yang habis dan kering tanpa menggantinya dengan yang baru maka hal tersebut berisiko menurunkan kemampuan aki dalam menyimpan setrum. 

    Isi ulang dengan air aki biasa

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sebaiknya isi aki yang kering menggunakan air zuur dan bukan air aki biasa. Bila kita sering mengisi ulang air aki maka kita bisa menggunakan air aki demineral yang tidak mengandung mineral.

    Apapun itu yang terpenting adalah tidak mengisi aki dengan air keran atau air yang mengandung mineral air. Kandungan air keran atau mineral air tersebut justru bisa merusak aki dan kerak pada aki sehingga muncul warna hitam pada aki yang sulit dibersihkan.

    Dinamo ampere rusak

    Penyebab aki tidak dapat menyimpan setrum yang terakhir adalah kurang optimal kinerja dinamo ampere karena overcharge sehingga air aki cepat menguap.

    Daftar harga aki kering

    Tekstur aki kering berupa cairan bersifat gel sehingga bisa meminimalisir terjadinya penguapan. Sekalipun terjadi penguapan hingga mengeluarkan uap, tetapi mesin akan tetap bekerja karena penguapan hanya terjadi di dalam wadah. Kejadian ini disebut juga dengan maintenance free (MF) dan tidak perlu dilakukan perawatan khusus.

    Oleh karena itu, tak heran bila harga aki kering cenderung lebih mahal ketimbang aki basah. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini harga aki kering.

    Jenis Aki KeringHarga Aki Kering
    Harga Alat Cas Charger Aki Accu Kering Basah 6V 12V 24V 2A 6A Motor MobilMulai dari Rp58 ribu
    Harga Aki mobil Agya, Ayla, Calya, Sigra, Sirion GS MF NS40ZL Accu keringMulai dari Rp675 ribu
    Harga Aki Mobil Avanza, Rush,Terios, Xenia, APV NS40Z GS MF Accu KeringMulai dari Rp680 ribu
    Harga Aki mobil Honda CRV, HRV, ODYSSEY GS MF NS60LS 46B24L(S) Accu keringMulai dari Rp740 ribu
    Harga Aki Mobil Daihatsu Xenia NS60 GS astra MF Aki KeringMulai dari Rp815 ribu
    Harga Aki mobil / battery GS MF type 55D23L 12v-60Ah Accu keringMulai dari Rp900 ribu
    Harga Aki Mobil Toyota Camry 55D23L Amaron Aki KeringMulai dari Rp1 juta
    Harga Aki Mobil Toyota Innova Diesel NX110-5L / 80D26L Bosch Accu KeringMulai dari Rp1,1 juta
    Harga Aki Mobil Mitsubishi Pajero Sport NX120-7L / 95D31L Bosch Accu KeringMulai dari Rp1,4 juta
    XTRA SUPREME 75D31R – N70Z – AKI MOBIL KERING SMFMulai dari Rp1,4 juta
    Harga aki mobil Mitsubishi Pajero NX120-7L 105D31L AMARON AKI KERINGMulai dari Rp1,6 juta
    Harga Aki Mobil Mercedes Viano Vaneo Din 100 60044 60038 Amaron Accu KeringMulai dari Rp2,3 juta
    Harga GS ASTRA AKI Mobil Start StopMulai dari Rp3,5 juta
    Harga GS ASTRA Baterai Mobil GS CalciumMulai dari Rp1,3 juta

    Tips merawat aki kering

    Sekalipun aki kering tidak memerlukan perawatan khusus, tetapi situasi di mana aki kering sulit menyimpan setrum cukup menjengkelkan. Kendati demikian, kita perlu rutin melakukan pengecekan dan perawatan aki kering dengan langkah-langkah berikut ini:

    • Panaskan mesin mobil sebelum digunakan atau bila tidak digunakan.
    • Rutin membersihkan kotoran dan kerak yang membandel pada aki.
    • Sebisa mungkin tidak menambah aksesoris mobil yang berlebih.
    • Cek apakah braket aki terpasang dengan benar dan kencang.

    Pertanyaan Seputar Cara Memperbaiki Aki Kering yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

    Air aki mengandung elektrolit yang membantu menyimpan muatan listrik pada aki. Karenanya, aki mobil dapat menjadi distributor listrik terbesar di dalam sistem kelistrikan mobil.

    Kita bisa mengecas aki kering sebagai salah satu bentuk perawatan aki mobil.

    Untuk memperbaiki aki kering bisa dimulai dengan melepaskan aki dan arus listriknya dari mobil, isi aki kering menggunakan air zuur, tutup aki kembali dan pasang kabel aki. Terakhir nyalakan mesin untuk memastikan mobil dapat menyala.