Datsun 240Z atau lebih dikenal dengan Datsun Fairlady menjadi mobil sport ikonik tahun 70-an. Sampai sekarang, Datsun 240Z masih banyak dicari oleh banyak orang. Mobil hasil karya desainer Albrecht Goertz ini memiliki desain yang elegan dengan kap mesin yang panjang dengan lampu depan bulat.

Tahun 2014, Nissan membawa lagi Datsun masuk ke Indonesia dengan menjual mobil Datsun terbaru. Datsun yang dibawa ke Indonesia ini berbeda dengan mobil Datsun zaman dulu. Lebih menyasar ke mobil dengan segmentasi mobil murah untuk masyarakat menengah kebawah.

Datsun 240Z termasuk mobil yang sudah berumur, meluncur pertama  tahun 1969 di Jepang. Sampai sekarang, berarti sudah 50 tahun lebih umurnya. Namun, pesona mobil Datsun 240Z ini pamornya masih tinggi dan banyak dicari. Yuk kita bahas Datsun 240Z, fitur dan harganya secara lengkap.

Sejarah Singkat Datsun 240z

Datsun 240Z adalah mobil sport coupe 2-door yang diproduksi oleh Nissan pada tahun 1969-1978. Mobil ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1969 sebagai salah satu alternatif mobil sport harga terjangkau dan menawarkan performa yang baik. Desain mobil ini terinspirasi dari mobil sport dari Inggris salah satunya Jaguar E-Type.

Untuk pasar Jepang, Datsun 240Z bernama Nissan Fairlady Z, nama Datsun 240Z digunakan untuk luar Jepang. Datsun 240Z dirancang oleh tim pimpinan Yoshihiko Matsuo, yaitu kepada Sport Car Styling Studio dari Nissan. Tidak heran bila mobil yang dihasilkan bisa menjadi salah satu ikon mobil JDM saat ini.

Generasi Datsun 240Z diteruskan oleh Datsun 260Z. 260Z menggunakan mesin yang lebih besar 2.6 Liter dengan tenaga 162 HP. Diluncurkan tahun 1974 sampai 1978 secara global. Generasi ketiga bernama Datsun 280Z, diluncurkan tahun 1975 sampai 1978. Mesin ditingkatkan menjadi 2.8 Liter dengan tenaga 170 HP. Secara desain eksterior, 3 generasi ini memiliki bentuk yang hampir mirip.

Baca juga: Cek Harga Mobil Datsun Terbaru 2022, Bekas, dan Spesifikasi

Desain dan Fitur Datsun 240Z

Desain mobil coupe dua pintu Datsun 240Z sangat stylish dan ikonik. Tidak hanya sampai disitu saja, bagian interior, fitur tidak kalah menarik dari bagian eksteriornya. Yuk kita bahas satu persatu. 

Interior Datsun 240Z

Interior Datsun 240Z sangat minimalis dan sporty, dengan jok berlapis kulit warna hitam dengan panel dashboard warna hitam. Ada beberapa model yang menggunakan jok warna coklat. Setir menggunakan palang 3, terdapat 2 speedometer besar satu untuk indikator RPM dan kecepatan. Pada bagian tengah terdapat 3 buah instrumen indikator yang berjajar rapi. 

Eksterior Datsun 240Z

Eksterior Datsun 240Z memiliki desain yang stylish dan sporty. Bagian ujung kap mesin memiliki desain yang meruncing. Ditambah dengan lampu utama yang berbentuk bulat membuat Datsun 240Z sangat menawan. Desain kap mesin yang memanjang dengan dua kursi penumpang membuat mobil ini terlihat berotot.

Pindah ke bagian belakang, terdapat kaca besar berada pada belakang kursi penumpang. Terdapat juga spoiler kecil di atas lampu dengan tulisan 240Z dan Datsun. Lampu belakang berbentuk kotak dengan lampu belakang, lampu rem dan lampu mundur digabung menjadi satu. 

Baca juga: 10 Mobil Klasik Terpopuler di Indonesia, Harganya di Bawah Rp200 Jutaan

Fitur Datsun 240Z

Semua mobil Datsun 240Z atau Nissan Fairlady Z sudah menggunakan suspensi independen pada keempat rodanya. Suspensi menggunakan merk MacPherson. Rem depan menggunakan cakram dan rem belakang menggunakan tromol standar. Karburator menggunakan Twin Hitachi HJG 46W 1.75 in (44 mm) SU-type. 

Mesin dan Performa Datsun 240z

Datsun 240Z menggunakan mesin berkode L24 berkapasitas 2.393 cc 6 cylinder segaris SOHC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 151 HP dengan torsi maksimal 198 Nm. Pilihan transmisi tersedia manual 4 atau 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Khusus untuk transmisi otomatis hanya tersedia pada tahun 1971 sampai 1973 saja.

Konsumsi BBM Datsun 240Z diklaim 11 liter/100 km, atau sekitar 9 km/liter. Kecepatan maksimal dari mobil yang memiliki bobot 1068 KG ini mampu mencapai 201 km/jam. Untuk 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam 8 detik. Termasuk salah satu mobil sport Jepang murah yang bisa bersaing dengan mobil Eropa pada masanya.

Baca juga: Cek di Sini! 14 Mobil Tahun 80an yang Irit BBM dan Gampang Dirawat

Harga Datsun 240Z Bekas

Harga Datsun 240Z saat awal peluncuran tahun 1970-ad dijual dengan harga $3.526, setengah dari harga Porsche 911 saat itu. Dengan strategi ini banyak orang yang kepincut dengan mobil Datsun 240Z. Sekarang, harga Datsun 240Z bekas di Indonesia berkisar antara Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar bahkan bisa lebih. Harga mobil ini tergantung dari kondisi, modifikasi dan kelengkapan surat-suratnya. 

Datsun 240Z merupakan pilihan yang bagus bagi kolektor mobil sport lama yang memiliki desain yang menarik. Harga mobil Datsun sekarang ini memang sudah tidak wajar, harganya bisa untuk membeli mobil sport baru. Namun, pembeli harus mempertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli. Disamping harganya mahal, perawatan mobil ini tidaklah mudah, sparepart tidak banyak yang jual.

Khusus untuk perawatan mobil bekas, kamu selaku pemilik harus lebih sering-sering melakukan service rutin untuk mengetahui kondisi mobil. Agar performanya tetap maksimal, lakukan tune up saat performanya dirasa menurun. Tidak semua bengkel mobil bisa menerima mobil keluaran tahun lama. Carilah bengkel yang sudah berpengalaman terutama untuk mobil-mobil lama. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel sesuai kebutuhanmu. Yuk coba sekarang dan temukan bengkel terbaik untuk mobilmu.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Datsun 240z


Datsun adalah merek mobil yang dimiliki oleh Nissan Motor Company.


Datsun ingin menyasar segmen mobil murah di Indonesia mulai tahun 2014 di Indonesia.


Harga Datsun Cross bekas di Indonesia saat ini bisa didapatkan mulai dari 90 juta.