Xpander merupakan salah satu kendaraan yang mengalami berbagai penyegaran signifikan. Mobil Xpander terbaru sudah memiliki opsi transmisi CVT, suspensi mirip Pajero Sport, hingga penggunaan rem tangan elektrik. Di Indonesia, Xpander hadir dalam tujuh tipe. Lantas, berapa konsumsi BBM Xpander yang diklaim irit ini? Simak, ya!

Perkiraan konsumsi BBM Xpander 

Konsumsi bahan bakar adalah data paling intuitif guna mengukur bahan bakar yang diperlukan untuk berkendala, dikenal sebagai L / 100 kilometer. Konsumsi BBM Xpander rata-rata mencapai 8.33 liter per 100 km.

Sebagai informasi, konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan bergantung dari teknologi dan ukuran yang dimiliki. Variabel-variabel itu meliputi kondisi jalan, kondisi cuaca, cara mengemudi, kecepatan kendaraan, hingga beban mobil.

Berikut formula yang digunakan untuk menghitung konsumsi bahan bakar secara umum:

(Liter yang digunakan × 100) ÷ km perjalanan = liter per 100 kilometer.

Dengan formula tersebut, OtoFriends bisa mudah mendapatkan estimasi konsumsi BBM Xpander.

Baca juga: Harga Mobil Xpander 2022 Terbaru dan Spesifikasinya

Spesifikasi Xpander

1. Eksterior

Mitsubishi Xpander terbaru memiliki tampilan eksterior yang lebih tangguh. Selain itu, terdapat tambahan fitur kamera dan sensor parkir yang bisa mempermudah pengemudi.

Pada bumper depan dan belakang juga terdapat facia T-Shape. Hal ini tampak dari bentuk lampu mobil yang mirip huruf T. Selain itu, lampu itu sudah mengandalkan LED sehingga bisa memberikan pencahayaan yang terang ketika malam hari.

Pada gril depan Xpander sudah diganti krom warna hitam dengan kisi-kisi lebih besar dibanding model sebelumnya. Di bagian samping, terdapat pembaruan di bagian pelek Xpander terbaru. Pelek tersebut sudah menggunakan ukuran 17 inci, di mana ukuran sebelumnya 15 inci dengan model two tone. Di bagian belakang, terdapat lampu desain T-Shape dengan LED, sama seperti lampu bagian depan.

Mitsubishi Xpander terbaru memiliki ukuran panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.695 mm. Selain itu, mobil ini memiliki ground clearance hingga 220 mm yang sehingga mobil bisa melewati berbagai medan.

2. Interior

Mitsubishi Xpander terbaru juga mengalami penyegaran di bagian interior yang tampak modern dan stylish. Kabin Xpander terbilang luas karena bisa memuat hingga tujuh penumpang. Tidak hanya itu, Xpander juga memiliki berbagai fitur hiburan, seperti head unit berukuran 8 inci dengan konektivitas smartphone.

Kemudian, mobil Xpander terbaru juga dilengkapi AC model digital. Di baris kedua, terdapat cup holder dan arm rest untuk memberi kenyamanan pada penumpang. Selain itu, ada fitur cruise control, kunci keyless dengan start stop button, tilt & telescopic steering, serta power outlet yang tersedia dari baris depan hingga belakang.

Pada setir kemudi terdapat tombol pengaturan, headlight auto off ketika mesin mati, dan auto lock yang bisa membuat mobil mengunci otomatis dalam waktu 30 detik.

Baca juga: Bengkel Mobil Mitsubishi, Pilih Bengkel Resmi atau Umum?

3. Spesifikasi mesin

Dapur pacu Mitsubishi Xpander tidak perlu diragukan lagi. Dibekali mesin berkapasitas 1.499 cc, 4 silinder, MIVEC, DOHC, mobil ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 103 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan akan disalurkan ke roda depan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual lima percepatan dan otomatis CVT. Adapun transmisi CVT pada Xpander terbaru bertujuan untuk memberikan performa mesin lebih baik.

Akan tetapi, transmisi manual masih menggunakan rem tangan model tarik. Selain itu, Xpander terbaru juga menggunakan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan Torsion Beam dengan Trailing arm di bagian belakang.

Estimasi harga Xpander

Tipe mobil XpanderEstimasi harga
Xpander GLS MTRp253,4 juta 
Xpander GLS CVTRp262,6 juta
Xpander Exceed MTRp266,7 juta 
Xpander Exceed CVTRp275,9 juta 
Xpander Sport MTRp290,05 juta
Xpander Sport CVTRp304,7 juta 
Xpander Ultimate CVTRp307,1 juta 

Baca juga: OtoTips: Tips Otomotif, Berkendara, dan Perawatan

Tips merawat Suzuki Xpander

Seperti mobil lainnya, Suzuki Xpander juga memerlukan perawatan rutin setidaknya sebulan sekali. Misalnya, mencuci mobil setiap kali kotor. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan noda yang tertinggal. Cuci dengan air bersih dan keringkan dengan lap halus untuk menghindari baret pada cat mobil.

Selanjutnya, pastikan eksterior mobil selalu bersih, terutama di bagian kaca dan cat bodi. Apabila dibiarkan kotor, hal itu bisa menimbulkan jamur. Oleh sebab itu, hindari hawa lembab terlalu lama. Misalnya, saat mobil terkena hujan, segera keringkan.

Untuk perawatan yang lebih baik, OtoFriends bisa ke bengkel terdekat. Lakukan servis rutin dan pembersihan mobil secara teratur. OtoFriends dapat melakukan booking online lewat aplikasi Otoklix untuk mempermudah reservasi.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar Xpander

Konsumsi BBM Xpander rata-rata mencapai 8.33 liter per 100 km. Sebagai informasi, konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan tergantung dari teknologi dan ukuran yang dimiliki. Variabel-variabel itu meliputi kondisi jalan, kondisi cuaca, cara mengemudi, kecepatan kendaraan, hingga beban mobil.

Mobil Xpander terbilang irit. Untuk pemakaian dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, konsumsi BBM Xpander sekitar 12 km/liter. Sementara, untuk rute tol-nya, Xpander dengan transmisi CVT menghabiskan konsumsi bahan bakar sekitar 18 km/liter.

Xpander dan Xpander Cross facelift 2022 menggunakan bahan bakar dengan minimal angka RON 90 di mobil. Hal ini sudah sesuai dengan kandungan oktan Pertalite dengan RON 90.