Suspensi mobil atau peredam kejut merupakan sistem yang bertugas meredam getaran ketika mobil melintasi jalanan. Suspensi yang dipasang pada kendaraan kamu dapat meningkatkan kenyamanan saat mengemudi meski melalui jalanan yang rusak.

Terdapat beragam jenis suspensi mobil yang saat ini digunakan dalam industri otomotif. Setiap jenisnya memiliki struktur dan prinsip kerja yang berbeda. Nah, untuk mengetahui tentang sistem peredam kejut ini, kamu perlu menyimak info berikut:

     Apa Itu Suspensi Mobil

    Suspensi mobil adalah sistem yang terdiri dari berbagai komponen untuk mengatur gerakan roda dan menjaga stabilitas kendaraan saat digunakan.

    Tujuan utama dari sistem suspensi adalah meredam getaran, meningkatkan kenyamanan, dan memaksimalkan traksi kendaraan dengan memastikan kontak yang optimal antara roda dan permukaan jalan.

    Komponen utama dalam suspensi mobil terdiri dari per, pegas, peredam, dan batang stabilizer. Kombinasi dari komponen-komponen tersebut bekerjasama untuk menciptakan sistem suspensi yang optimal dalam kendaraan sekaligus menjaga stabilitasnya.

    Fungsi Suspensi Mobil

    Fungsi utama suspensi mobil yaitu meredam tekanan dari permukaan jalan, seperti jalan berlubang atau polisi tidur. Suspensi mobil mampu bergerak naik dan turun untuk mencegah getaran agar tidak terasa di dalam kabin kendaraan.

    Suspensi mobil juga berperan sebagai penyeimbang dan penopang kendaraan, baik saat diam maupun ketika berjalan sehingga tidak hanya kenyamanan, kamu juga akan memperoleh jaminan keamanan dalam berkendara.

    Jenis-jenis Suspensi Mobil

    suspensi mobil

    Berikut beberapa jenis suspensi mobil:

    • Suspensi Double Wishbone

    Suspensi Double Wishbone ditandai dengan keberadaan dua lengan atau arm yang disebut lower arm dan upper arm. Keduanya berperan sebagai penopang.

    • Suspensi Axle Rigid

    Berikutnya, ada suspensi mobil jenis Axle Rigid yang dirancang khusus untuk roda bagian belakang mobil. Ciri khas dari suspensi ini adalah keberadaan poros atau gardan yang terlihat cukup mencolok.

    • Suspensi MacPherson Strut

    Meskipun termasuk dalam jenis suspensi mobil paling sederhana, kenyamanan yang diberikan tetap bisa diandalkan, terlebih dalam meredam getaran saat melintasi jalan berlubang.

    Kelebihan suspensi MacPherson Strut meliputi desain konstruksi sederhana dan ringan sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.

    • Suspensi Torsion Beam

    Suspensi mobil jenis Torsion Beam merupakan evolusi dari suspensi tipe rigid. Namun, keunggulan utamanya terletak pada sistem peredaman yang lebih baik dan nyaman.

    • Suspensi Multi Link

    Suspensi Multi Link memiliki spesifikasi yang lebih kompleks karena merupakan desain ulang dari suspensi Double Wishbone. Kompleksitasnya terdapat pada komponen lengan ganda yang mendukung masing-masing roda kiri dan kanan.

    • Suspensi Pneumatic

    Suspensi mobil tipe pneumatik menggunakan gas atau udara yang disokong oleh sistem kompresor. Kelebihannya terletak pada kemudahan dalam mengatur ketinggian kabin. Namun, komponen pengganti di dalamnya memiliki harga yang tinggi dan daya tahannya tidak begitu baik

    • Suspensi Udara

    Suspensi Udara (Air Suspension) sering dipilih oleh pemilik mobil mewah karena menggunakan sistem komputerisasi yang memastikan pengaturan tepat tanpa kesalahan. Sayangnya, konstruksi suspensi ini cukup rumit dan harganya lebih tinggi.

    • Suspensi Trailing Arm

    Suspensi Trailing Arm adalah sistem suspensi yang mengandalkan lengan trailing sebagai penghubung antara roda dan kerangka kendaraan. Trailing arm biasanya dipasang pada basis kendaraan dan bergerak bersamaan dengan roda.

    Sistem suspensi Trailing Arm umumnya digunakan pada kendaraan dengan suspensi independen serta dapat diterapkan pada suspensi depan maupun belakang.

    Cara Kerja Suspensi Mobil

    Agar dapat beroperasi, suspensi mobil bergantung pada beberapa komponen seperti per, peredam, pegas, dan beberapa komponen pendukung lainnya. Ketika mobil bergerak di jalan yang tidak rata, roda-roda mobil akan naik turun.

    Pada saat itu, per dan pegas bertugas menahan pergerakan roda dan mengurangi getaran bodi mobil. Setelahnya, peredam akan menyerap getaran dan guncangan yang terjadi pada roda mobil. Suspensi mobil akan memastikan agar roda tetap dalam posisi yang tepat dan mengurangi kejutan saat melintasi jalan yang tidak rata.

    Karena suspensi mobil memainkan peran penting dalam kenyamanan berkendara, kamu jangan mengabaikan perawatannya. Jadi perhatikan spesifikasi setiap komponen suspensi saat membeli kendaraan. Segera perbaiki jika terjadi kerusakan untuk menghindari risiko ketidaknyamanan saat berkendara.

    Pastikan kerja suspensi mobilmu selalu oke dengan rutin servis pada Otoklix. Yuk booking jadwal kunjunganmu melalui aplikasi Otoklix sekarang juga!

    Pertanyaan Seputar Suspensi Mobil

    Apa yang dimaksud dengan suspensi pada mobil?

    Suspensi mobil adalah sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang dirancang untuk menyerap goncangan dan getaran ketika dalam perjalanan.

    Di mana letak suspensi pada mobil?

    Suspensi pada mobil terletak di setiap roda kendaraan. Komponen-komponennya seperti per, peredam kejut, pegas, dan lengan kendali terpasang di sekitar roda untuk menyerap goncangan.

    Apa saja jenis suspensi?

    Suspensi Trailing Arm, Suspensi Udara, Suspensi Double Wishbone, Suspensi Torsion Beam dan Suspensi MacPherson Strut.

    Apa fungsi dari sistem suspensi?

    Menyerap goncangan, menjaga stabilitas, meningkatkan traksi, menjamin pengendalian dan menjamin keamanan.