Menggunakan aksesoris mobil berlebihan dan apalagi tidak rajin memeriksa kondisi aki dapat menjadi penyebab aki mobil tekor. Jika aki mobil rusak sebelum waktunya, sangat disayangkan karena harga aki mobil bisa dibilang tidak murah.

Yuk, ketahui penyebab aki mobil tekor dan juga cara mengatasi aki mobil yang tekor.

Penyebab Aki Mobil Tekor

Berikut beberapa penyebab aki mobil bisa jadi tekor:

1. Modifikasi mobil

Penyebab paling umum dari aki yang cepat habis adalah penggunaan aksesoris yang berlebihan ketika memodifikasi mobil. Konsumsi listrik yang besar biasanya terdapat pada audio mobil. Sehingga ketika kamu memodifikasi sistem audio mobil, sesuaikan kapasitas aki yang digunakan ya. 

Selain audio, penggunaan lampu proyektor juga mengonsumsi daya listrik tinggi, apalagi jika lampu proyektor tidak sesuai dengan standar. Tips bagi kamu yang ingin memodifikasi mobil dengan lampu proyektor berkualitas HD, kamu perlu mengetahui berapa daya listrik yang dibutuhkan dan mengganti aki dengan kapasitas yang lebih besar sesuai kebutuhan lampu.

2. Mobil jarang digunakan

Jika kamu beranggapan bahwa aki akan awet kalau mobil jarang digunakan, anggapan tersebut salah. Justru kalau mobil sering terparkir di garasi bisa membuat kondisi aki mobil tekor bahkan habis. Penyebabnya adalah mobil yang tidak dinyalakan tidak akan menyimpan daya.

Jangan sampai kamu menggunakan mobil yang jarang digunakan tanpa mengecek kondisi aki untuk menghindari mogok di tengah jalan. Agar aki tidak tekor saat mobil jarang digunakan, kamu bisa melepas terminal aki. 

Selain itu, kamu juga bisa memanaskan mobil secara berkala, setidaknya seminggu sekali, agar aki tetap berfungsi normal.

3. Mobil sering digunakan

Tidak hanya jarang digunakan, mobil yang terus menerus digunakan juga akan membuat aki tekor. Tentu saja, mobil yang sering dipakai pasti membutuhkan daya listrik yang besar. Tetapi hal ini sulit dihindari jika memang mobilitas kamu tinggi. Jadi, kamu bisa mencegah aki bermasalah di tengah jalan dengan cara mengeceknya secara berkala. Kemungkinan, usia pakai aki mobil kamu akan menjadi lebih pendek.

4. Air aki keruh

Aki yang bermasalah bisa dilihat dari air aki yang keruh. Air aki yang keruh ini disebabkan oleh kotoran yang menumpuk atau korosi dari sel-sel yang berkarat. Penggunaan air aki dengan kualitas buruk bisa memperpendek usia pakai aki.

5. Air aki habis

Penyebab aki mobil tekor berikutnya adalah air aki habis..Air pada aki yang basah memang wajar jika berkurang. Hal itu disebabkan air aki menguap. Hal ini terjadi karena proses pengisian setrum dari alternator ke aki. 

Tetapi, air aki yang habis akan berkurang di bawah batas bawah dapat membuat sel aki tidak terendam air akan mengalami oksidasi sehingga tidak bisa menghantarkan listrik. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek volume air aki setiap sebulan sekali, ya.

6. Alternator rusak

Alternator adalah komponen untuk membangkitkan energi listrik yang diisi ke aki. Alternator bisa mengalami keausan sehingga arus listrik yang dialirkan menjadi tidak stabil. Hal ini tentu bisa berdampak kepada aki. Jadi, segera ganti atau perbaiki alternator yang bermasalah ya.

8. Aki telah mencapai usia pakai

Aki kering maupun aki basah memiliki batas usia. Biasanya batas aki kering sekitar 2 tahun atau ketika mobil sudah menempuh jarak 50.000 km. Batas usia aki basah tergantung perawatan.

Cara Mengatasi Aki Mobil yang Tekor

Cara mengatasi aki mobil tekor berbeda-beda, tergantung jenis transmisi mobil kamu. Cara mengatasi aki bermasalah pada mobil matic berbeda dengan mobil manual.

Mengatasi aki tekor pada mobil matic

Cara mengatasi aki tekor pada mobil matic cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan aki normal dan kabel jumper aki. Kamu bisa meminta bantuan mobil lain untuk jumper aki.

Pertama, kamu perlu mengatur gigi pada kondisi P atau parkir. Hal ini dilakukan agar mobil tidak bergerak saat dilakukan cara jumper aki. Kemudian, matikan segala komponen elektronik pada mobil dan nyalakan mobil yang menjadi donor aki. Kemudian, pasang kabel jumper sesuai dengan kutubnya saat menyalakan mobil. Setelah itu, nyalakan mobil dengan aki bermasalah.

Pertahankan mesin mobil pada RPM di atas 600 selama kurang lebih 15 menit. Setelah proses jumper aki selesai, kabel jumper bisa dilepaskan perlahan.

Mengatasi aki tekor pada mobil manual

Kamu juga bisa melakukan jumper aki pada mobil manual. Tetapi jika kesulitan mencari donor aki, kamu bisa mendorong mobil untuk menghidupkan mesin. Posisikan mobil pada gigi 3 atay 4 kemudian injak pedal kopling mobil. Kemudian mobil didorong dengan jarak 5-10 meter dengan kopling masih diinjak.

Setelah itu pedal kopling bisa dilepas secara perlahan. Jika mobil berhasil hidup, biarkan dahulu selama 20 menit agar daya aki bisa terisi kembali.

Sudah paham penyebab aki mobil tekor dan bagaimana cara mengatasinya, kan? Periksa kondisi aki secara rutin dan lakukan ganti aki dengan membelinya di bengkel tepercaya, ya. Kamu juga bisa menemukan bengkel rekomendasi dan promo ganti aki di aplikasi Otoklix.