Pengalaman berkendara di malam hari memang beda dibandingkan dengan siang hari. Minimnya penerangan bisa membatasi jarak pandang dan memperlambat waktu reaksi pengemudi. Itu sebabnya, OtoFriends harus lebih fokus dan ekstra waspada saat nyetir mobil malam hari.

Kondisi jalanan di malam hari juga biasanya cenderung sepi. Bagi sebagian orang, keadaan ini bisa membuat mereka lengah sehingga menurunkan fokus dan kewaspadaan.

    Di sisi lain, ada pengemudi yang justru antusias dengan jalanan yang sepi sehingga kerap berkendara dengan kecepatan tinggi dan mengabaikan rambu-rambu lalu lintas. Hal ini tentu saja berbahaya dan berisiko menimbulkan kecelakaan.

    Faktor lain yang membuat nyetir mobil malam hari berisiko adalah pengemudi yang umumnya sudah kelelahan setelah bekerja seharian. Berkurangnya tenaga dan daya fokus ini bisa menurunkan kewaspadaan saat nyetir.

     

    7 Tips Nyetir Mobil Malam Hari

    Namun, kadang nyetir mobil malam hari tak bisa dihindari. Mungkin kamu harus lembur, baru selesai meeting larut malam, menunggu kemacetan berkurang, menghadiri acara malam hari, adalah sebagian alasan orang nyetir mobil malam hari.

    Untuk menjaga keselamatan diri OtoFriends saat harus nyetir mobil malam hari, ingat dan praktikkan tips nyetir mobil malam hari berikut, ya.

    1. Redupkan lampu dashboard dan indikator

    Lampu dashboard dan indikator yang terlalu terang bisa membuat silau dan mengganggu pandangan saat berkendara. Jika mobilmu dilengkapi fitur dimmer switch, redupkan lampu dashboard agar kamu bisa melihat kondisi jalan dengan baik.

    2. Gunakan headlights dengan bijak

    Headlights adalah lampu utama pada setiap kendaraan. Lampu ini terbagi menjadi sorot jauh (high beams) dan sorot rendah (low beams) dengan fungsi yang berbeda. Pastikan kamu menggunakannya dengan bijak.

    Saat nyetir mobil malam hari dengan penerangan minim, OtoFriends bisa menyalakan high beams. Kemudian, bila ada kendaraan mendekat, ganti lampu menjadi low beams.

    3. Atur posisi kaca spion

    Posisi kaca spion dapat diarahkan sedikit ke bawah untuk menghindari silau dari mobil belakang. Kamu bisa juga mengarahkan spion bagian dalam ke pengaturan night atau auto dim.

    4. Waspadai kondisi sekitar

    Karena minimnya penerangan, jarak pandang OtoFriends pada malam hari umumnya lebih pendek dibandingkan siang hari. Maka itu, kamu perlu ekstra waspada dengan kondisi sekitar, terutama terhadap objek yang tidak mengeluarkan cahaya, seperti hewan, orang berjalan, pesepeda, dan lain-lain.

    5. Jaga kecepatan dan jarak berhenti

    Tips nyetir mobil malam hari yang juga penting adalah menjaga kecepatan dan jarak berhenti yang cukup. Dalam kondisi gelap, kamu harus ekstra hati-hati dibandingkan saat nyetir di siang hari.

    6. Jaga jarak aman berkendara

    Untuk ini, kamu bisa mengikuti panduan dari Kementerian Perhubungan berikut:

    • 30 kilometer per jam, jarak minimal 15 meter, jarak aman 30 meter.
    • 40 kilometer per jam, jarak minimal 20 meter, jarak aman 40 meter.
    • 50 kilometer per jam, jarak minimal 25 meter, jarak aman 50 meter.
    • 60 kilometer per jam, jarak minimal 40 meter, jarak aman 60 meter.
    • 70 kilometer per jam, jarak minimal 50 meter, jarak aman 70 meter.
    • 80 kilometer per jam, jarak minimal 60 meter, jarak aman 80 meter.
    • 90 kilometer per jam, jarak minimal 70 meter, jarak aman 90 meter.
    • 100 kilometer per jam, jarak minimal 80 meter, jarak aman 100 meter.

    Alternatif lain dari menghitung jarak antarkendaraan adalah memperhatikan roda belakang mobil di depanmu. Pastikan roda tersebut masih terlihat sehingga kamu dapat memaksimalkan ruang untuk bermanuver ketika berkendara maupun saat menyalip.

    7. Perhatikan kecepatan aman berkendara

    Demi keamanan, OtoFriends dianjurkan untuk menjaga kecepatan tetap rendah saat nyetir mobil malam hari. Langkah ini dianggap lebih aman karena kamu jadi lebih mudah mengendalikan arah dan posisi kendaraan.

    Tambahan tips nyetir mobil malam hari adalah memastikan mobil dalam kondisi prima. Untuk itu, OtoFriends perlu mengecek kondisi kendaraan secara menyeluruh sebelum memulai perjalanan.

    Mager karena malas antre saat membawa mobil ke bengkel? Tenang, kini kamu bisa servis mobil secara cepat dan tepat dengan melakukan booking waktu kunjungan secara online lewat aplikasi Otoklix.

    Dengan booking online, kamu akan mendapat jadwal servis yang pasti sehingga tinggal datang ke bengkel sesuai waktu yang telah ditentukan. Tak perlu antre dan menunggu lama. Nyaman sekali, bukan?

     

    Pertanyaan Seputar Nyetir Mobil

    Berapa lama waktu untuk belajar nyetir mobil?

    Menurut peraturan, jam belajar nyetir mobil minimal 80 jam dan maksimal 100 jam.

    Bagaimana cara mengatasi grogi saat belajar nyetir mobil?

    Latih diri untuk tenang dan rileks setiap kali nyetir serta kontrol keberanian agar dapat mengemudi dengan fokus yang tinggi.

    Kalau malam mobil pakai lampu apa?

    Nyalakan high beams saat penerangan jalan minim, dan ganti dengan low beams bila ada kendaraan mendekat.

    Berapa kali pertemuan kursus stir mobil?

    Paket kursus mengemudi mobil umumnya 6 hingga 9 pertemuan.