Citroen Indonesia hadir kembali! Setelah hampir 30 tahun tidak menjajaki pasar otomotif tanah air, Citroen Indonesia mengumumkan peluncuran berbagai model mobil yang akan dijual di market Indonesia. Terkenal dengan brand mobil yang menawarkan kenyamanan premium, berikut Otoklix rangkum sejarah, jenis, dan spesifikasi mobil yang ditawarkan. 

Sejarah Mobil Citroen Indonesia

Masih asing terhadap mobil pabrikan Citroen Indonesia? Wajar, karena Citroen Indonesia tercatat hadir di pasar otomotif Indonesia pada 30 tahun lalu, tepatnya di tahun 1990an. Pabrikan mobil asal Prancis ini terkenal sebagai brand mobil yang unggul karena produk yang diciptakan mampu memberikan kenyamanan berkendara. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Mobil Eropa Murah untuk Anak Muda

Meluncurkan mobil pertamanya di tahun 1949, Citroen menawarkan jenis kendaraan yang berbeda dengan pabrikan mobil lainnya. Alhasil, citra Citroen berkembang sebagai pabrikan mobil yang menawarkan keunikan tersendiri dan langsung mendapatkan hati di masyarakat luas.

Citroen masuk ke Indonesia pada tahun 1970an. Sayangnya, karena pabrikan mobil otomotif Jepang di Indonesia begitu kompetitif, Citroen memutuskan untuk mundur karena kurang mendapatkan market pasar.

3 Mobil Baru Citroen Indonesia

Terkenal unggul dibidang kenyamanan dan keunikan desain ban yang separuh tertutup bodi, kini Citroen Indonesia kembali hadir dengan menawarkan 3 model mobil baru. Diprediksikan, 3 model mobil baru Citroen Indonesia ini akan mampu menggoyangkan pasar otomotif Indonesia. Mobil tersebut adalah Citroen C5 Aircross, Citroen C3, dan Citroen e-C4.

  1. Citroen C3

Diprediksikan akan menggeser mobil Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, mobil Citroen C3 membidik masyarakat yang memiliki budget dengan harga dibawah Rp300 jutaan. Penjualannya sendiri akan langsung diimpor dari wilayah India. Ada dua pilihan mesin, yaitu mesin 1200 cc 3 silinder naturally-aspired dan 1.200 cc 3 silinder turbo. Tertarik untuk membeli? Persiapkan diri dari sekarang, karena kabarnya mobil C3 ini akan mulai dipasarkan di Indonesia di tahun 2023 mendatang. 

  1. Citroen C5 Aircross

Kedua, model Citroen C5 Aircross. Citroen Indonesia menyiapkan beberapa opsi jenis mesin. Namun, belum bisa diprediksikan jenis mesin mana yang akan masuk ke pasar otomotif Indonesia. 

Sekedar Informasi, untuk pasar Eropa Citroen menawarkan jenis mesin 1.200cc Turbo 128 hp. Opsi mesin diesel, Citroen Indonesia menawarkan C5 Aircross yang memiliki mesin empat silinder turbo diesel 1.499 cc, 128dk dengan torsi 300 Nm. Ada lagi opsi plug-in hybrid yang memadukan mesin empat silinder turbo 1.598 cc bertenaga 178 dk dengan motor listrik 107 dk. Sedangkan jenis mesin yang dipasarkan di wilayah India adalah mesin 4 silinder diesel turbo 1.997 cc dengan daya 174 hp.

Adapun mobil Citroen C5 Aircross ini masuk ke segmen SUV menengah dan penjualannya akan langsung diimpor dari Prancis.

  1. Citroen e-C4

Terakhir, model Citroen e-C4. Mobil Citroen e-C4 ini merupakan jenis mobil listrik yang nantinya akan diimpor langsung dari Spanyol. 

Baca juga: Kelistrikan Mobil Bermasalah? Ini Rekomendasi Bengkel Kelistrikan Mobil

Mobil Citroen e-C4 ini mampu menempuh jarak 350 kilometer berdasarkan klaim WLTP. Ditenagai motor listrik dengan kapasitas baterai 50 kWh, mobil Citroen e-C4 memiliki kecepatan pengecasan 0-100% , setara dengan waktu 1 jam 13 menit.

Kekurangan dan Kelebihan Mobil Citroen Indonesia

Meski memiliki keunggulan tersendiri, ada beberapa kekurangan yang harus OtoFriends ketahui terkait mobil pabrikan dari Citroen Indonesia ini. Meski belum dipasarkan secara resmi di Indonesia, informasi terkait kelebihan dan kekurangan mobil Citroen tercatat dari mobil-mobil keluaran sebelumnya, yaitu:

  1. Kelebihan Mobil Citroen Indonesia
  • Merupakan satu-satunya mobil di dunia yang menggunakan sistem mesin mobil suspensi Hydraulic Pneumatic. Sistem suspensi Hydraulic pneumatic ini membuat ayunan suspensi mobil menjadi sangat empuk dan lembut, sehingga pengemudi dan penumpang dapat merasakan kenyamanan berbeda saat berkendara menggunakan mobil pabrikan Citroen Indonesia ini.
  • Suspensi anti pegal meski digunakan berkendara keluar kota. Suspensi yang digunakan Citroen Indonesia ini memang menjadi nilai tersendiri karena mampu meredam goncangan menjadi gerakan halus. 
  • Bisa ganti ban tanpa menggunakan dongkrak. Cukup menaikkan satu ban ke atas papan balok, putar keempat baut, dan pindahkan tuas. Ban mobil akan siap diganti saat tuas di ketinggian maksimal menyangga rangka.
  • Keunikkan lainnya adalah, OtoFriends bisa gunakan minyak goreng sebagai pengganti oli suspensi. Penggantian ini bersifat sementara jika tiba-tiba terjadi kebocoran oli suspensi saat sedang berkendara.
  1. Kekurangan MObil Citroen Indonesia
  • Butuh perawatan ekstra, mengingat suspensi yang dimiliki berbeda dengan suspensi mobil pada umumnya.
  • Bengkelnya susah. Tidak semua bengkel bisa menangani kerusakan mobil dengan suspensi Hydraulic Pneumatic. OtoFriends harus memastikan lokasi bengkel ada di kota tempat tinggal OtoFriends untuk kemudahan servis dan perbaikan.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Mobil Terdekat, dan Jenis Servisnya

  • Sparepart jarang. Mobil keluaran Citroen Indonesia ini adalah mobil pabrikan Perancis dan rata-rata di impor langsung dari luar seperti India dan Spanyol. Berbeda dengan mobil pabrikan Jepang yang sparepartnya sudah banyak beredar di Indonesia.

Harga Mobil Citroen Indonesia

Berdasarkan informasi, mobil Citroen Indonesia akan mulai dipasarkan di tahun 2023 mendatang. Belum ada informasi detail terkait harga yang ditawarkan. Namun OtoFriends bisa mulai mencicil dan menyiapkan budget setidaknya Rp300 juta rupiah untuk mendapatkan mobil Citroen C3. 

Jangan lupa untuk melakukan test drive dan memastikan kekurangan serta kelebihan mobil Citroen model baru tersebut jika memang OtoFriends berniat untuk melakukan pembelian. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait bengkel dengan tenaga profesional untuk perawatan mobil Citroen OtoFriends. Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. Harga lebih hemat hingga 50% dari harga servis di bengkel resmi.

Pertanyaan seputar Citroen Indonesia

Citroen adalah mobil keluaran pabrikan Prancis yang mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1990an.

Berdasarkan informasi, mobil Citroen Indonesia akan mulai dipasarkan di tahun 2023 mendatang. Belum ada informasi detail terkait harga yang ditawarkan. Namun OtoFriends bisa mulai mencicil dan menyiapkan budget setidaknya Rp300 juta rupiah untuk mendapatkan mobil Citroen C3.

Mobil Citroen menawarkan spesifikasi mobil yang beragam. Ada berbagai macam pilihan mesin. Namun, pihak Citroen belum mau bicara banyak terkait spesifikasi dan harga yang ditawarkan karena mobil Citroen Indonesia ini baru akan rilis di Indonesia di tahun 2023.