Biaya ganti kaca mobil di setiap wilayah tentu berbeda-beda ya OtoFriends. Belum lagi perbedaan merek serta posisi kaca mobil yang ingin diganti turut memengaruhi berapa kisaran harga ganti kaca mobil.

Penggantian kaca mobil perlu kita lakukan ketika visibilitas dalam berkendara menjadi terganggu. Hal ini bisa OtoFriends lihat pada kaca di bagian depan dan belakang. Bila dirasa ada gangguan pada visibilitas seperti lampu yang berpendar saat malam hari, maka ganti kaca mobil dengan yang baru harus segera kita lakukan 

Selain tidak enak dimata, visibilitas yang terganggu ini juga berbahaya karena bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Maka dari itu, simak estimasi biaya ganti kaca mobil terbaru berikut ini.

Baca juga: Rekomendasi 9 Kaca Film Mobil Terbaik, Harga, dan Tips Memilih

Biaya Ganti Kaca Mobil

Ganti kaca mobil yang pecah atau rusak memiliki biaya yang bervariasi tergantung dari jenis kaca mobil, jenis kerusakan, dan biaya lain-lainnya. Namun, biaya ganti kaca mobil samping dan belakang umumnya dipatok dengan kisaran harga mulai Rp 1 juta hingga Rp 3,5 juta. Sedangkan ganti kaca depan dengan yang baru dibanderol dengan harga sekitar Rp 1 juta. 

Adapun pemasangan kaca mobil kurang lebih memerlukan biaya Rp 600 ribu. Agar lebih jelas, OtoFriends bisa memastikan ini kepada bengkel kaca mobil.  Usahakan bertanya terlebih dahulu terkait biaya ganti kaca mobil terbaru agar sesuai dengan dana yang dimiliki.

Lamanya ganti kaca mobil tergantung dari jenis dan ukuran mobil. Untuk mobil berukuran kecil, kemungkinan bisa memakan waktu sekitar 2-3 jam. Sedangkan pada mobil yang berukuran sedang dan besar, ganti kaca mobil memakan waktu sekitar 3-4 jam.

Jenis-jenis Kaca Mobil

Ada tiga jenis kaca mobil yang perlu kita ketahui sebagai pemilik mobil. Kaca mobil terbagi menjadi 3 jenis, yaitu kaca tempered, kaca partially tempered, dan kaca laminated. Berikut ulasan lengkapnya.

Kaca tempered

Kaca jenis ini memiliki kekuatan tiga kali lipat lebih kuat dari kaca biasa apabila terkena benturan atau benda tumpul, sehingga sangat kokoh dan cocok digunakan untuk mobil. Tekstur kacanya sangat keras dan tidak mudah pecah meskipun terkena benturan. Biasanya, kaca tempered digunakan pada bagian samping dan belakang mobil.

Kaca partially tempered

Proses pembuatan kaca partially tempered kurang lebih sama dengan jenis kaca tempered. Hanya saja, kadar pendinginan akhirnya sedikit dikurangi pada bagian tengah kaca mobil. Tujuannya agar ketika terjadi retak pada kaca, sisi tengah tidak sepenuhnya hancur berkeping-keping.

Kaca laminated

Jenis kaca yang terakhir ini sangat kuat serta mampu meredam benturan. Kaca laminated biasa digunakan pada bagian depan mobil agar saat pecah tidak langsung berhamburan.  Meski terlihat kokoh, sekali kaca laminated mengalami keretakan maka dampak retaknya akan menjalar dengan cepat. 

Baca juga: 8 Penyebab Kaca Mobil Macet dan Cara Mengatasinya, Lengkap!

Rekomendasi Kaca Mobil

Ada beberapa merek kaca mobil yang umum dijumpai di pasaran. Berikut beberapa diantaranya sebagai pertimbangan bagi OtoFriends yang akan ganti kaca mobil.

1. Iceberg

Kaca mobil yang menjadi rekomendasi pertama yaitu Iceberg. Kaca mobil merek Iceberg dilengkapi dengan teknologi yang mempunyai bahan 100 persen dari carbon melalui teknologi nano. Kaca film mobil ini memiliki tiga varian unggulan, yakni Ice, Onyx, dan Pearl.

2. 3M

Kaca film mobil 3M ini memiliki tingkat kegelapan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita dan mencegah hingga 95 persen cahaya yang masuk. Selain itu, suhu di dalam mobil akan tetap dingin dengan batuan kaca mobil 3M yang mampu mencegah sinar infra merah. Kaca film mobil 3M dapat ditemukan dengan harga mulai dari Rp 600 ribu sampai Rp 5,6 juta.

3. V-Kool

Kaca mobil ini sudah beredar di pasar Indonesia selama lebih dari 20 tahun lamanya. V-KOOL menawarkan berbagai varian yang terbuat dari material dan teknologi terbaik. Setiap kaca film mobil V-KOOL yang diciptakan, setidaknya memiliki tujuh lapisan elektrik yang diperkuat dengan emas untuk meningkatkan daya tahan dan performanya.

4. Solar Gard

Solar Gard dirancang untuk melindungi penggunanya dari paparan sinar matahari yang menyengat. Kaca mobil merek ini memiliki produk unggulan dengan nama Black Phantom Series yang menggunakan material The Most Advanced Nano Ceramic Technology yang membuatnya memiliki tampilan hitam pekat.

5. Huper Optik

Kaca mobil ini menggunakan teknologi nano ceramic yang memungkinkan kaca menjadi jernih, bersih, tahan lama, dan warnanya tidak mudah luntur meski digunakan dalam berbagai cuaca serta kondisi. Selain itu, kinerja AC akan lebih maksimal karena suhu panas dalam ruangan mampu teredam dengan baik.

6. Spectrum

Kaca mobil ini hadir dengan berbagai macam pilihan kegelapan, mulai dari 40 persen hingga 80 persen. Spectrum diklaim mampu menahan sinar UV hingga 90 persen. Selain itu, Spectrum juga menggunakan teknologi clip film yang membuatnya tidak perlu melakukan proses pewarnaan.

7. Llumar

Rekomendasi kaca mobil yang terakhir ini sudah tidak perlu diragukan lagi nama besarnya. Llumar masuk dalam pilihan kaca film mobil terbaik yang bisa OtoFriends gunakan. Kaca mobil ini kerap dijadikan sebagai pilihan untuk beberapa mobil-mobil mewah. Llumar mampu melindungi kita dari paparan sinar matahari menyengat yang masuk ke dalam mobil.

Tips Memilih Kaca Mobil Terbaik

Memilih kaca mobil ternyata tidak bisa kita lakukan secara sembarangan. Kaca depan, kaca samping, dan kaca belakang mobil memiliki tingkat kegelapan yang berbeda-beda. Berikut tips memilih kaca mobil yang perlu OtoFriends ketahui.

Memilih kaca depan mobil

Kaca depan dianjurkan hanya memiliki tingkat kegelapan 20 persen saja demi alasan keselamatan. Namun, jika 20 persen dirasa masih terlalu terang, OtoFriends bisa memilih tingkat kegelapan sampai maksimal 40 persen.

Tingkat kegelapan 40 persen kaca mobil di bagian depan tidak akan terlalu silau ketika dipakai berkendara di siang hari. Sementara di malam hari bisa mengurangi gangguan silau dari sorotan lampu kendaraan yang berlawanan arah.

Memilih kaca samping mobil

Bila OtoFriends memakai kaca mobil bagian depan dengan tingkat kegelapan 20 persen, sebaiknya jangan memasang kaca film terlalu gelap di kaca samping pengemudi. Sebab, mata kita akan butuh waktu lama untuk menangkap bayangan di spion. Berikan selisih 20 persen antara tingkat kegelapan kaca depan mobil dan kaca samping mobil. 

Memilih kaca belakang mobil

Ganti kaca belakang mobil dipengaruhi oleh bagian spion tengah kabin. Jika spion tengah kabin sudah dilengkapi dengan rayben mode, maka kaca belakang bisa menggunakan 20 persen atau 40 persen. Namun bila belum ada mode rayben, disarankan pakai 60 persen untuk menghindari silau dari pantulan lampu mobil di belakang kita lewat spion tengah.

Itulah beberapa informasi seputar ganti kaca mobil. Melihat fungsinya yang berkaitan erat dengan keselamatan berkendara, maka kita sebaiknya melakukan ganti kaca mobil di bengkel terpercaya. OtoFriends bisa melakukan booking servis dan memilih sendiri bengkel yang akan dituju melalui aplikasi Otoklix

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Ganti Kaca Mobil

Lamanya ganti kaca mobil tergantung dari jenis dan ukuran mobil. Untuk mobil berukuran kecil, kemungkinan bisa memakan waktu sekitar 2-3 jam. Sedangkan pada mobil yang berukuran sedang dan besar, ganti kaca mobil memakan waktu sekitar 3-4 jam.

Biaya ganti kaca mobil umumnya bervariasi tergantung dari jenis kaca mobil, jenis kerusakan, dan biaya lain-lainnya.

Kaca film mobil 3M dapat ditemukan dengan harga mulai dari Rp 600 ribu sampai Rp 5,6 juta.