Klakson mobil terbaik biasanya memiliki indikator tidak hanya dari segi suara yang khas, kualitas atau dalam hal ini frekuensi juga merupakan faktor penting yang perlu diperhitungkan. 

Seperti yang sudah OtoFriends ketahui, klakson mobil merupakan komponen mesin mobil yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama pengendara lainnya. Tentu akan sangat bermasalah jika klakson mobil memiliki suara atau kualitas frekuensi yang tidak mumpuni. Masalah klakson mobil mati secara tiba-tiba juga bisa terjadi, terlebih jika klakson mobil tidak dirawat dengan baik. 

Baca juga: Penyebab Klakson Mobil Mati dan Tips Cara Mengatasinya

Mengantisipasi hal tersebut, berikut Otoklix rangkum hal penting dan rekomendasi klakson mobil terbaik untuk OtoFriends ketahui jika ingin melakukan upgrade klakson mobil terbaik, simak penjelasannya di bawah ini:

Jenis Klakson Mobil

Perlu OtoFriends ketahui, klakson mobil memiliki begitu banyak varian sehingga dapat menghasilkan jenis suara yang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada sistem mesin mobil apakah memiliki dinamo listrik atau tidak, atau malah justru menggunakan sistem energi pembangkit lainnya untuk bisa menghasilkan suara klakson mobil. Oleh sebab itu, berdasarkan sumber energinya, ada 3 jenis klakson mobil terbaik yang perlu OtoFriends ketahui, yaitu:

Baca juga: Klakson Mobil: Fungsi, Jenis, dan Harga Klakson Mobil

  1. Klakson Mobil Udara

Sering mendengar klakson mobil terbaik dengan suara yang keras dan berisik, maka bisa dipastikan bahwa mobil tersebut menggunakan klakson mobil udara. Klakson mobil udara ini biasanya digunakan oleh kendaraan seperti truk, kapal, dan kereta.

  1. Klakson Mobil Arus Listrik AC

Klakson mobil terbaik dengan arus listrik AC ini sangat umum untuk digunakan. Biasanya ada pada kendaraan-kendaraan kecil, seperti sepeda motor atau mobil berdimensi ramping. Klakson mobil arus listrik AC berbunyi sangat nyaring karena menggunakan dinamo listrik. Biasanya klakson mobil arus listrik AC memiliki frekuensi antara 1800 hingga 3550 Hz.

  1. Klakson Mobil Arus Listrik DC

Berbeda dengan kedua klakson lainnya, klakson mobil arus listrik DC memiliki bunyi yang lebih solid. Klakson arus listrik DC ini menggunakan rangkaian arus listrik searah sehingga bunyi klaksonnya pun terdengar lebih nyaring dan keras. 

Rekomendasi Klakson Mobil Terbaik

Beberapa rekomendasi klakson mobil terbaik ini bisa OtoFriends jadikan alternatif pilihan jika ingin melakukan upgrade klakson mobil.

  1. Wolo Bad Boy

Rekomendasi klakson mobil terbaik yang pertama adalah Wolo Bad Boy. Klakson mobil terbaik ini dibuat di Amerika Serikat, memiliki suara yang nyaring dan solid. Klakson mobil terbaik Wolo Bad Boy ini dibanderol dengan harga berkisar Rp1,5 jutaan.

  1. Marco Tornado

Marco Tornado dapat menjadi rekomendasi klakson mobil terbaik kedua. Sesuai dengan namanya, suara dari klakson Marco Tornado ini terdengar sangat keras dan nyaring. Dibuat dengan kualitas bahan terbaik, Marco Tornado didukung oleh kompresor dan output yang mumpuni. Suara bawaannya bisa mencapai hingga 151 dB. Menariknya otofriends bisa mendapatkan klakson mobil terbaik Marco tornado ini hanya dengan harga berkisar Rp1,6 jutaan.

  1. MPC B1

Klakson MPC B1 merupakan klakson jenis udara yang sering digunakan pada kereta. Klakson mobil MPC B1 ini sangat cocok untuk di gunakan di mobil-mobil berjenis SUV dan juga jeep. Klakson MPC B1 ini masuk dalam rekomendasi klakson mobil terbaik karena mampu menghasilkan suara yang solid dan nyaring. Hingga sekarang, klakson MPC B1 ini sering digunakan pada truk, kapal, pick up, bahkan motor dan juga mobil-mobil pribadi. 

  1. Hella Twin Tone Horn

Rekomendasi klakson mobil terbaik selanjutnya adalah Hella Twin Tone Horn. Sesuai dengan namanya, jika tertarik menjadikan klakson mobil Hella Twin Tone Horn menjadi pilihan klakson mobil terbaik OtoFriends, maka tidak tanggung-tanggung, OtoFriends akan mendapatkan 2 klakson mobil sekaligus. Satu klakson dengan nada tinggi dan satu klaksonnya lagi dengan nada rendah. Menariknya, klakson mobil Hella Twin Tone Horn ini tidak hanya unggul di pasaran dengan manfaat dua klakson mobil sekaligus, melainkan memiliki frekuensi dan nada suara yang juga tidak kalah hebat.

  1. Keong Dr D Fischer

Terakhir, ada klakson mobil terbaik Keong dr D Fischer. Klakson mobil Keong Dr D Fischer ini juga tidak kalah hebatnya dari rekomendasi klakson mobil terbaik lainnya. Dibanderol dengan harga yang relatif pas di kantong, OtoFriends bisa langsung menikmati kualitas suara dari klakson mobil OtoFriends hanya dengan Rp200 ribu rupiah saja. 

Penyebab Klakson Mobil Mati

Secanggih apapun rekomendasi klakson mobil terbaik jika tidak dirawat maka klakson mobil rusak dapat saja terjadi. Jika masalah klakson mobil mati atau rusak sudah terjadi, melakukan pengecekan relay klakson bisa menjadi solusi. 

Baca juga: Cara Pasang Relay Klakson yang Benar, Harus Sesuai Urutan

Segera bersihkan relay klakson dan cek kondisinya apakah masih layak untuk digunakan atau tidak. Jangan lupa cek bagian kabel klakson, saklar, dan juga sekring. Klakson mobil tergabung dalam sistem kelistrikan mobil yang tentu akan rawan rusak apabila ada debu atau kotoran yang menempel. 

Cara Merawat Klakson Mobil Terbaik

Beberapa cara yang bisa Otofriends lakukan untuk melakukan perawatan klakson mobil terbaik antara lain:

  1. Rutin melakukan pengecekkan dan menjaga kebersihan klakson mobil
  2. Tidak terlalu sering membunyikan klakson mobil
  3. Jangan membeli klakson mobil yang tidak berkualitas
  4. Menjaga klakson mobil agar tidak terkena air
  5. Tekan klakson mobil dengan benar

Sama halnya dengan komponen mobil lainnya, klakson mobil membutuhkan perhatian khusus agar dapat terjaga kualitas dan bunyinya. Segera kunjungi bengkel jika masalah klakson mobil mati menimpa OtoFriends. Gunakan aplikasi Otoklix agar booking bengkel dapat lebih mudah dan cepat.

Pertanyaan Seputar Klakson Mobil Terbaik

Klakson mobil berpotensi untuk mengurangi risiko berkendara. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, klakson mobil juga berfungsi sebagai alat keselamatan berkendara.

Penyebab klakson mobil mati bisa saja muncul dari beberapa hal. Membawa mobil ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan bisa menjadi solusi, agar penyebab klakson mati dapat segera diketahui.

Ada beberapa rekomendasi klakson mobil terbaik. Pemilihan dapat disesuaikan dengan jenis mobil dan tujuan penggunaan. Beberapa rekomendasi klakson mobil terbaik tersebut antara lain MPC B1, Marco Tornado, dan lain-lain.