Remap ECU mobil biasa dilakukan lantaran tenaga pada mesin kurang optimal. Selain menambah tenaga mesin, remap ECU mobil juga bisa membuat konsumsi BBM lebih efisien. Namun, pada umumnya tenaga yang dikeluarkan maksimal 80% dari batasannya. Sebab, ECU mobil standar sudah disetel oleh pabrikan dengan batas tertentu. Berikut informasi lengkap terkait remap ECU mobil!

Apa itu remap ECU mobil?

Remap ECU mobil merupakan proses kalibrasi ECU mobil yang dapat meningkatkan tenaga mesin lebih dari 10%. Sementara itu, Electronic Control Unit (ECU) adalah komponen yang bekerja untuk mengatur serta mengontrol mesin kendaraan. Setiap pabrikan umumnya sudah memiliki setelan untuk masing-masing mobil.

Fungsi ECU hampir sama dengan Central Processor Unit (CPU) pada komputer. Semua data dan informasi dari sistem kendaraan akan dikirim ke ECU. Misalnya, sistem pendingin mesin, udara yang dibutuhkan mesin, bensin yang dibutuhkan, hingga karakter berkendara si pengemudi.

Namun demikian, tenaga mesin tetap dibatasi oleh pabrikan. Hal itu demi keselamatan pengemudi. Bila tidak dibatasi, mesin akan mengeluarkan tenaga maksimal yang berpotensi membahayakan pengemudi saat berkendara.

Baca juga: Biaya Service ECU Mobil Berdasarkan Kerusakannya

Kelebihan remap ECU mobil

Berikut beberapa kelebihan remap ECU mobil:

1. Performa mesin meningkat

Setelah melakukan tuning, tenaga mesin biasanya bisa meningkat hingga 10%. Remap ECU mobil memang bertujuan meningkatkan performa mesin, sehingga wajar jika hal ini jadi kelebihan utama.

2. Daya torsi meningkat

Setelah melakukan remap ECU mobil, daya toris juga akan meningkat. Akselerasi mesin mobil yang pada awalnya lemot bisa kembali responsif setelah remap ECU mobil.

3. Tarikan RPM lebih enteng

Selain memberikan tingkat akselerasi yang baik pada tarikan bawah, putaran RPM tengah sampai atas juga terasa lebih baik. Hal ini jadi favorit pengendara yang suka mengendarai mobil dalam kecepatan cukup tinggi.

4. Konsumsi bahan bakar lebih efisien

Remap ECU mobil juga bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien. Setelah dilakukan tuning, konsumsi bahan bakar bisa irit sampai 2-3 km per liter dari setelan pabrikan.

Baca juga: Catat Daftar Bengkel Mobil Balap di Jabodetabek

Kekurangan remap ECU mobil

Meskipun memiliki banyak kelebihan, remap ECU mobil juga tidak terhindar dari kekurangan. Berikut beberapa kekurangan remap ECU mobil:

1. Mobil kerap bermasalah

Salah langkah dalam remap ECU mobil bisa menimbulkan masalah pada mesin. Oleh sebab itu, bila OtoFriends ingin melakukan remap, pilihlah bengkel yang hasil kerjanya sudah teruji. Misalnya, memilih bengkel berkualitas baik di aplikasi Otoklix.

2. Mesin mobil mati

Settingan yang tidak sesuai bisa menyebabkan mesin mobil rusak, bahkan mati. Oleh sebab itu, pilih bengkel yang memang berkompeten melakukan remap ECU mobil.

3. Mesin mobil tidak awet

Hasil dari remap ECU mobil adalah tenaga mesin yang lebih besar. Tanpa disadari, pengendara akan sering memacu mobil dalam kecepatan tinggi. Hal itu tentu berimbas pada umur mesin yang lebih pendek. Oleh sebab itu, cek kondisi mesin dan ganti oli mesin secara berkala.

4. Suara mesin lebih kasar

Setelah melakukan remap ECU mobil, suara mesin akan terdengar lebih kasar. Sebab, mobil akan sering dipacu dalam kecepatan tinggi. Namun, hal itu tidak akan berdampak pada kerusakan mesin jika pemilik mobil rutin mengecek kondisi mesin serta melakukan servis.

Untuk melakukan remap ECU mobil, biaya remap ECU mobil variatif. Rata-rata bengkel membanderol sekitar Rp4 juta hingga Rp10 jutaan. Hal itu bergantung dari jenis dan merek mobil. 

Baca juga: Deretan Bengkel Mobil Mewah, Servis Supercar dan Sports Car

Cara remap ECU mobil

Cara remap ECU mobil adalah dengan menggunakan software khusus yang diinstal pada laptop. Software Flash akan menyetel ulang beberapa menu yang ada di dalam ECU mobil. Mulai dari speed limiter, pengapian, konsumsi bahan bakar, hingga boost controller.

Walaupun bisa menggunakan software, melakukan remap ECU mobil tidak mudah. Hal itu harus dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman. Apabila dilakukan secara sembarangan oleh orang yang tidak kompeten, mesin mobil bisa jebol.

Berikut gambaran remap ECU mobil:

Sebuah mobil memiliki kapasitas mesin 2500 cc, 4 silinder dan tenaga bawaan 104 hp. Setelah dilakukan tuning, mesin itu bisa menghasilkan tenaga sampai 120 hp atau naik hingga 16 hp. Tenaga mesin pun jadi lebih besar dari setelan bawaan pabrik.

Pertanyaan Seputar Remap ECU Mobil

Remap ECU mobil adalah proses kalibrasi ECU mobil yang dapat meningkatkan tenaga mesin lebih dari 10 persen. Remap ECU mobil berfungsi menyetel ulang ECU sesuai dengan kebutuhan si pemilik kendaraan. Rata-rata proses remap ECU mobil memakan waktu 1-4 jam.

Remap ECU mobil adalah cara yang mudah untuk meningkatkan performa mesin tanpa harus mengaplikasikan banyak peranti performa. Bahkan, pada mobil yang tidak menggunakan part performa, power dan torsinya bisa dikatrol.

Bila dilakukan dengan cara yang benar, remap ECU mobil tidak akan merusak komponen mesin. Oleh sebab itu, remap ECU mobil harus dilakukan oleh teknisi profesional dan berpengalaman.

Ya. Remap ECU mobil sifatnya permanen, tidak bisa dikembalikan ke settingan awal atau standar pabrikan. Apabila ingin mengembalikan ke settingan awal, ada cara tersendiri yang tidak semua orang mampu melakukannya.