Aki mobil merupakan komponen yang sangat penting bagi sebuah mobil karena memiliki peran terhadap komponen listrik mobil OtoFriends. Aki mobil ternyata dapat di isi kembali dayanya apabila dibutuhkan. Untuk melakukannya, maka OtoFriends perlu menggunakan charger aki berkuliatas dan harga charger aki mobil tersebut juga cukup terjangkau.

Kali ini Otoklix akan membahas seputar aki mobil dan charger aki mobil. Mulai dari penyebab aki menjadi lemah, rekomendasi dan harga charger aki mobil terbaik, tips dalam memilih charger aki mobil dan cara menggunakannya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Penyebab Aki Lemah

Sebelum mengetahui beberapa rekomendasi terbaik dan harga charger aki tersebut, ada baiknya OtoFriends mengetahui apa penyebab aki mobil menjadi lemah.

Umumnya sebuah aki mobil memiliki usia sekitar 2 tahun dan penyebab aki mobil menjadi lemah adalah karena mobil tersebut jarang digunakan. Karena mesin mobil jarang digunakan, maka aki mobil tidak mendapatkan pasokan listrik yang dibutuhkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meskipun mobil sedang tidak digunakan, memanaskan mobil bukan merupakan solusi untuk mencegah aki mobil menjadi lemah.

Terdapat juga beberapa tanda aki mobil menjadi lemah seperti suara klakson yang sudah melemah, mobil yang sulit untuk dinyalakan, sampai dengan mobil mogok dalam waktu yang lama.

Untuk mengatasi aki mobil menjadi lemah, sebaiknya OtoFriends tetap menggunakan mobil meskipun intensitas penggunaannya dikurangi. OtoFriends juga dapat pergi ke bengkel aki mobil yang terpercaya dalam beberapa jangka waktu tertentu secara rutin untuk mengecek kondisi aki mobil OtoFriends dan memperbaikinya jika ada kerusakan.

Rekomendasi Charger Aki Mobil Terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi dan harga charger aki mobil terbaik yang bisa OtoFriends pilih.

Rekomendasi Chargeran Aki

MerekHarga
MONSTER® Charger Aki 12 Volt 2 Ampere Good QualityRp61 Ribuan
Charger Aki 12V6A Pulse Repair BY Intelligent AutomaticRp110 Ribuan
KERNDY Charger Aki LCD Layar 12V 20ARp129 Ribuan
Charger Aki Mobil Charger Aki Motor 12V6A Charger Accu Digital HOB-085Rp160 Ribuan
Charger Aki 12V/24V 6-105AH MF-2B Smart Battery Charger Mobil Motor Tr – MF-1Rp170 Ribuan
UrbanRoad Charger Aki Mobil Motor Lead Acid 140W 6V/12V 80AH – XW-10Rp200 Ribuan
Taffware Charger Aki Mobil Lead Acid Battery 12V/24V 100AH – LD-002SRp200 Ribuan
Charger Cas Aki Mobil Motor 400W 12V/24V 400Ah With LCDRp500 Ribuan
MAILTANK SH143 Charger Cas Aki Accu 50 AmpereRp900 Ribuan

Baca Juga: Harga Aki Mobil Terbaru, Jenis, dan Tips Pentingnya

Tips Memilih Charger Aki Mobil

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi charger aki mobil yang terbaik, ada juga beberapa tips dalam memilih charger aki mobil dari Otoklix yang perlu OtoFriends ketahui.

Umumnya terdapat dua jenis pengisian aki, yaitu lambat dan cepat. Untuk pengisian aki lambat, adalah pengisian yang biasanya membutuhkan waktu semalaman dan sangat cocok untuk OtoFriend yang melakukan pengisian secara pribadi di rumah.

Sementara untuk pengisian aki cepat bisa memangkas waktu pengisian aki mobil dan untuk pengisian aki cepat ini biasanya dilakukan di beberapa bengkel aki mobil yang berkualitas.

Untuk penggunaan pribadi, sebaiknya OtoFriends jangan mudah tergiur dengan charger aki yang memiliki ampere yang besar atau yang dapat melakukan pengisian dengan cepat untuk penggunaan pribadi.

Hal tersebut karena charger aki dengan ampere yang besar memang bisa mempercepat durasi pengisian charger aki mobil, namun hal ini bisa menimbulkan efek buruk yaitu aki menjadi cepat rusak jika tidak digunakan oleh orang yang berpengalaman. Aki dengan kapasitas pengisian 2 ampere sebenarnya sudah cukup untuk penggunaan pribadi di rumah OtoFriends.

Berikutnya adalah OtoFriends bisa mempertimbangkan untuk menggunakan charger aki yang memiliki fitur cut off. Fitur ini memiliki fungsi untuk menghentikan arus listrik saat aki mobil tersebut sudah penuh dan menghindari over charge.

Selain charger aki dengan fitur cut off, OtoFriends juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan charger aki mobil yang memiliki lampu indikator yang dapat menyala ketika aki mobil sudah dalam kondisi penuh.

Tidak kalah penting, OtoFriends juga harus memperhatikan kelengkapan yang diperlukan seperti kabel aki mobil yang memiliki cabang khusus atau kabel dengan klip “buaya” yang dapat mempermudah OtoFriends dalam menyambungkan ke aki mobil mobil dengan berbagai terminal aki.

Baca Juga: Aki mobil berapa ampere? Begini Cara Mengukurnya yang Benar!

Cara Menggunakan Charger Aki Mobil 

Informasi terakhir selain rekomendasi terbaik, harga charger aki mobil, dan tips dalam memilih charger aki mobil adalah cara menggunakan charger aki mobil. Berikut ini adalah urutan langkah-langkah yang benar dalam menggunakan charger aki mobil, simak selengkapnya. 

1. Pastikan Sumber Listrik

Langkah yang pertama adalah memastikan sumber listrik yang akan digunakan oleh chargeran aki. OtoFriends perlu memastikan bahwa selama proses chargeran aki bekerja, listrik yang digunakan tetap stabil.

Masalah yang sering dihadapi adalah ketika chargeran aki bekerja, listrik tiba-tiba mati. Hal ini bisa saja menyebabkan proses pengisian daya pada aki mobil menjadi terulang dan akan memakan waktu yang lebih lama.

2. Siapkan Chargeran Aki

Langkah yang berikutnya adalah mempersiapkan chargeran aki dan tempat terbaik untuk melakukan pengisian. Tempat terbaik untuk melakukan pengisian adalah tempat yang kering dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Meskipun beberapa produk chargeran aki mengatakan bahwa produknya water resistant atau tahan air, namun ada baiknya OtoFriends tetap memilih tempat yang kering dan terhindar dari air.

3. Sambungkan Kabel

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan kabel. Proses yang satu ini perlu OtoFriends lakukan dengan benar dan jangan sampai terjadi kesalahan. Kesalahan yang sering terjadi adalah pemasangan kabel untuk terminal plus dan minus yang terbalik. 

Perlu OtoFriends ketahui, apabila OtoFriends terbalik dalam memasang terminal plus dan minus ini, maka bisa saja terjadi korsleting.

Pemasangan yang benar adalah terminal plus menggunakan kabel berwarna merah, sementara untuk terminal minus menggunakan kabel berwarna hitam.

4. Lakukan Pengecasan

Setelah kabel terpasang, maka langkah yang selanjutnya adalah melakukan pengecekan kembali mulai dari arus listrik yang digunakan, tempat selama melakukan pengisian daya aki mobil, sampai dengan sambungan yang telah dipasang.

OtoFriends juga harus melakukan pengecekan dalam beberapa jangka waktu kedepan apakah pengisian aki mobil telah selesai dilakukan atau belum.

5. Cabut Kabel Ketika Selesai

Langkah yang terakhir adalah apabila aki mobil sudah penuh dan pengisian telah selesai dilakukan, maka cabut kabel ketika selesai digunakan. 

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, OtoFriends dapat memanfaatkan chargeran aki yang memiliki lampu indikator bahwa pengisian aki telah selesai dilakukan.

Jika OtoFriends merasa telah melakukan semuanya dengan benar namun aki tidak kunjung terisi, maka OtoFriends perlu membawa aki tersebut ke bengkel aki mobil yang berkualitas untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: 12 Cara Merawat Baterai Aki Agar Lebih Awet

Itulah beberapa informasi mengenai charger aki mobil, mulai dari penyebab aki menjadi lemah, rekomendasi terbaik dan harga charger aki mobil tersebut, tips memilih chargeran aki mobil serta cara menggunakannya.

Semoga informasi tersebut dapat membantu OtoFriends dan simak juga beragam informasi otomotif yang menarik dan bermanfaat lainnya hanya di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Charger Aki

Harga chargeran aki mobil adalah berkisar mulai dari di atas Rp50 Ribuan sampai Rp900 Ribuan.

Penyebab paling mobil menjadi lemah yang paling umum adalah karena mobil jarang digunakan.

Cara menggunakan chargeran aki adalah pertama memastikan sumber arus listrik agar tetap stabil selama proses pengisian, kedua adalah siapkan tempat yang mana dan kering untuk melakukan pengisian, selanjutnya adalah pasang kabel dengan benar, kemudian mulai lakukan pengisian daya dan terakhir lepas sambungan kabel ketika aki telah terisi penuh.