Berapa sebenarnya waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil? Biasanya, pemakaian ban mobil jangan lebih dari tiga tahun. Ada beberapa alasan kenapa usia ban mobil hanya sampai tiga tahun.

Ban mobil ini terbuat dari karet elastis yang dihasil dari karet alam dan senyawa-senyawa lain. Ban mobil memang sudah didesain kuat untuk melewati berbagai medan, cuaca dan juga daya tahan lama.

Namun demikian, ketahanan itu berangsur menurun seiring penggunaan ban mobil tersebut. Apalagi, jika mobil digunakan secara sering dan melalui berbagai medan dan cuaca. Ban mobil semakin lama makin berkurang kelenturannya, ban terasa keras dan tidak nyaman digunakan. Selain itu, daya cengkram ban terhadap permukaan jalan juga semakin berkurang seiring dengan usia ban.

Karena itu, usia ban maksimal sebaiknya tiga tahun. Jika usia ban sudah lebih dari tiga tahun segeralah lakukan pergantian.

Lalu bagaimana jika mobil kamu jarang kamu gunakan, tetapi umur ban mobil sudah lebih dari tiga tahun. Apakah juga harus segera diganti? Jawabannya, ya! Lalu, apa tandanya jika umur ban mobil sudah saatnya “pensiun”? Yuk, simak penjelasan selanjutnya.

Tanda-tanda Ban Mobil Harus DIganti

1. Umur ban mobil sudah mencapai tiga tahun

Usia pemakaian ban mobil sebaiknya maksimal tiga tahun. Jika usia ban sudah lebih dari tiga tahun segeralah lakukan pergantian. Jika kamu jarang kamu gunakan, tetapi umur ban mobil sudah lebih dari tiga tahun, kamu harus tetap menggantinya, karena elastisitas ban mobil kamu terus berkurang seiring waktu.

2. Jarak tempuh mobil sudah lebih dari 40 ribu km

Meskipun umur ban mobil kamu belum sampai tiga tahun, ban kamu harus segera diganti jika jarak tempuh penggunaan mobil sudah mencapai 40 ribu km atau lebih. Hal ini karena jarak tempuh yang sangat banyak tersebut membuat ban mobil kamu aus yakni alur ban menipis. Kondisi ini berbahaya jika kamu melewati jalanan basah yang berakibat kurangnya daya cengkram ban terhadap permukaan jalan.

3. Ketebalan ban mobil sudah mencapai batas TWI

Ban mobil memiliki tanda batas keausan untuk diizinkan dapat terus digunakan yakni Tread Wear Indicator (TWI). Jika kembagan ban sudah mencapai batas tersebut maka itu menandakan ban harus segera diganti.

4. Ban mobil gundul atau botak

Kembangan ban mobil semakin lama semakin menipis seiring dengan penggunaan. Karena itu, perhatikan ban mobil kamu jangan sampai gundul atau botak baik di sisi tengah, maupun bagian tepi. Jika bagian sisi maupun tepi, alur kembangan menipis atau gundul, segeralah lakukan pergantian.

5. Terdapat benjolan pada ban mobil

Selain ban gundul, benjolan pada ban mobil juga umumnya sering terjadi. Benjolan ban ini terjadi karena anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang putus. Hal ini juga menunjukkan ketahanan ban sudah tidak seragam. Jika kondisi ini terjadi, segeralah lakukan pergantian, untuk mencegah insiden pecah ban.

6. Ban sudah sering ditambal

Ban mobil juga harus segera diganti jika ban sudah terlalu sering ditambal. Sebab, kondisi ban yang sering bocor atau ditambal, ketahanan dan kekuatannya akan berkurang. Jika dibiarkan, akan mempengaruhi kinerja ban mobil tersebut.

7. Ban mobil sudah retak-retak

Ban mobil juga bisa mengalami keretakan. Biasanya ban yang terlalu sering terkena panas rentan mengalami keretakan pada sisi samping ban. Sebaiknya, ban yang sudah retak-retak ini harus segera diganti, karena ban akan mudah rusak dan berkurang kekuatannya saat digunakan.

Jadi, kenali tanda-tanda usia ban mobil kamu sudah harus segera diganti, Jika kondisi tersebut dibiarkan akan membahayakan keselamatan dalam berkendara.

Fungsi ban mobil

Perlu kamu ingat, ban mobil kamu memiliki fungsi penting, tidak hanya untuk menggerakkan mobil saja tetapi juga berfungsi lainnya.

1. Menahan beban

Ban mobil memiliki kerja yang cukup berat yakni menahan beban. Semakin besar beban mobil, maka semakin berat juga kerja ban mobil. Karena itu, tekanan ban mobil harus disesuaikan secara tepat agar mampu menopang berat dari beban kendaraan tersebut.

2. Meredam guncangan

Ban mobil juga berfungsi untuk meredam guncangan saat mobil melaju. Saat mobil berjalan, keberadaan suspensi saja tidak cukup meredam guncangan, sehingga keberadaan ban mobil juga berpengaruh untuk meredam guncangan. Apalagi jika permukaan yang dilalui tidak rata.

Kemampuan ban mobil untuk meredam getaran ini juga dipengaruhi tekanan angin yang sesuai pada ban mobil tersebut, Karena itu, pastikan tekanan angin pada ban sudah tepat untuk memaksimalkan meredam guncangan.

3. Meneruskan tenaga dari Mesin

Seperti yang disampaikan di awal, ban mobil memang berfungsi untuk menggerakan mobil. Ini berkaitan dengan kinerja dari mesin yang meneruskan tenaga yang dihasilkan pada ban mobil. Saat terdapat perintah gaya gerak maupun pengereman dari pengemudi, maka mesin akan meneruskannya kepada ban yang membuat ban meresponnya dengan bergerak atau berhenti.

4. Memaksimalkan kendali kemudi

Seperti poin sebelumnya, dimana ban merespon perintah dari mesin. Ban juga memaksimalkan perintah dari alat kemudi atau setir yakni dengan mengontrol arah kendaraan sesuai perintah kemudi.

Lakukan pengecekan secara rutin, apabila mobil memang sudah layak diganti, segeralah lakukan pergantian ban di bengkel. Untuk kamu yang di Jabodetabek, terdapat aplikasi Otoklix memudahkan kamu untuk menemukan bengkel ban mobil terdekat dari lokasi kamu.