Kaca mobil anti peluru dijual lebih mahal dibandingkan harga kaca mobil atau kaca film biasa. Pasalnya, selain terjamin bahwa kaca mobil anti pecah, kaca ini juga diklaim sebagai kaca anti peluru terkuat.

Di mana saja, termasuk saat berkendara dengan mobil ancaman keselamatan selalu ada. Di sini peran kaca mobil anti peluru untuk memberikan jaminan perlindungan pengemudi dan penumpang dalam berkendara.

Tak heran bila harga mobil anti peluru dan kaca mobil anti peluru dijual dengan harga yang cukup mahal. Agar lebih jelas, berikut ini adalah jenis kaca mobil anti peluru, cara kerjanya, harga sampai tips memilih kaca mobil anti peluru terbaik.

Baca juga: Kaca Film Mobil Terbaik, Perlindungan Maksimal Efek Radiasi

Mengenal Kaca Mobil Anti Peluru

Kaca anti peluru ini ditemukan oleh ahli kimia asal Perancis Edouard Benedictus (1878 – 1930) yang mulai dipatenkan sejak tahun 1909. Awalnya, kaca anti peluru terbuat dari larutan celluloid yang dijepit oleh dua lembar kaca.

Kini, kaca anti peluru terbuat dari apa? Kaca mobil anti peluru terdiri dari lapisan kaca bersifat fleksibel dan polycarbonate yang terkenal dengan kemampuan menahan energi kinetik yang berasal dari peluru sampai kaliber tertentu.

Lapisan kaca polycarbonate ini terbuat dari material polimer yang didesain dalam plastik bening agar lebih tahan terhadap panas dibandingkan jenis plastik lainnya. Selain itu, jenis lapisan polycarbonate memiliki karakteristik lentur dengan ketebalan tertentu.

Kendati mampu menahan peluru sampai kaliber tertentu, tetapi kekuatan untuk menahan peluru tersebut tergantung pada seberapa besar ketebalan kaca anti peluru yang kita terapkan pada mobil.

Ketebalan kaca anti peluru umumnya berkisar antara 7 milimeter sampai 75 milimeter. Namun dalam penerapannya tergantung pada tipe atau jenis mobilnya itu sendiri. Misalnya saja mobil Avanza cocok menggunakan kaca mobil anti peluru merek Apache dengan ketebalan 4 mil.

Salah satu merek kaca mobil anti peluru yang terkenal adalah Apache. Jenis dan ketebalan kaca anti peluru ini masuk ke dalam 4 level, di antaranya: 

Level super : Memiliki ketebalan kaca film 18 mil dengan warna clear 0 persen.

Level 1 : Memiliki ketebalan kaca film 10 mil dengan warna clear 0 persen.

Level 2 : Memiliki ketebalan kaca film 8 mil dengan warna clear 0 persen.

Level 3 : Memiliki ketebalan kaca film 7 mil dengan warna clear 40 persen dan 80

persen.

Baca juga: Rekomendasi 9 Kaca Film Mobil Terbaik, Harga, dan Tips Memilih

Cara Kerja Kaca Mobil Anti Peluru

Sementara itu, cara memasangnya dimulai dari memasang kaca film anti peluru terlebih dulu baru kaca film biasa karena kaca film anti peluru membutuhkan suhu lebih panas mengingat ketebalannya yang lebih tebal daripada kaca biasa.

Saat peluru mengarah ke mobil peluru tersebut akan menembus kaca lapisan pertama yakni lapisan polycarbonate dan mengubahnya menjadi bentuk yang lebih pipih. 

Peluru yang menembus tersebut lumrah terjadi lantaran peluru masih menyimpan energi kinetik sehingga dapat menembus lapisan kaca mobil pertama. 

Sifat lapisan polycarbonate yang lentur ini bisa menghentikan laju peluru dan menyerap energi kinetik tersebut agar tidak mencapai lapisan terakhir.

Fakta yang perlu diketahui adalah ternyata kaca film anti peluru dan kaca mobil anti peluru berbeda. Kaca film anti peluru hanya memiliki satu lapisan untuk menahan peluru yang berasal dari satu arah.

Adapun kaca mobil anti peluru mampu menahan peluru dari satu sampai dua arah dalam waktu bersamaan.

Harga Kaca Anti Peluru Mobil

Harga kaca anti peluru mobil berbeda-beda tergantung jenis dan merek mobil dan bengkel pemasangannya. Namun secara garis besar, OtoFriends bisa memprediksikannya dari dua merek kaca mobil anti peluru yakni Apache dan Wealthy.

Harga kaca mobil anti peluru untuk jenis mobil Toyota Avanza akan dibanderol dengan harga sekitar Rp7 juta. Beda lagi dengan mobil premium seperti Mercedes-Benz dan mobil BMW, biaya kaca mobil anti peluru berkisar antara Rp10 jutaan sampai Rp12 jutaan.

Pada kaca mobil anti peluru merek Apache, ada pilihan ketebalan kaca anti peluru yakni 4 mil, 6 mil, 8 mil dan 10 mil. Untuk kaca anti peluru dengan ketebalan 10 mil ampuh menahan peluru yang berasal dari laras pendek, airsoft gun, anti busi dan anti kampak.

Adapun kaca mobil anti peluru merek Wealthy cukup mahal. Kaca anti peluru 1 set untuk 1 kendaraan berukuran 4 mil dibanderol dengan harga Rp20 jutaan, untuk ukuran 8 mil dan 12 mil berkisar antara Rp5 jutaan sampai Rp10 jutaan untuk 1 set mobil. 

Sedangkan PPF sendiri dibanderol dengan harga Rp75 jutaan untuk jenis mobil berdimensi besar.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Kaca Mobil, Solusi Bagi Kaca Mobil Kamu

Trik Pilih Kaca Mobil Anti Peluru Terbaik

Biaya yang dibutuhkan untuk membeli dan memasang kaca anti peluru tergolong cukup mahal. Karenanya, kita harus lebih cermat dalam memilih kaca anti peluru yang worth to buy. Berikut ini tipsnya.

1. Cek ketebalan kaca anti peluru

Ketebalan kaca anti peluru adalah faktor paling utama dan penting dalam menentukan kaca mobil anti peluru. Semakin tebal kaca anti peluru maka kemampuannya dalam menahan peluru dan serangan akan semakin kuat dan lentur.

2. Bandingkan harga kaca anti peluru mobil

Setelah mengetahui kaca dengan ketebalan tertentu yang dibutuhkan, maka kita bisa membandingkan harga kaca dari berbagai merek. Cara mudahnya dengan mencari informasi di portal otomotif.

Cari tahu untuk ukuran ketebalan kaca tersebut berapa harga dari masing-masing merek, ketahanan dan kualitasnya.

3. Murah belum tentu jelek, mahal belum tentu berkualitas

Agar tidak tertipu dengan harga mahal tetapi kualitas kaca tidak maksimal. Kita bisa mencari tahunya dengan melihat ulasan dari para pemilik mobil yang telah menggunakan kaca tersebut.

4. Cari tahu cara merawat kaca mobil anti peluru

Saat membeli dan memasang kaca anti peluru, OtoFriends bisa bertanya kepada seller tentang bagaimana cara merawat kaca mobil anti peluru. 

Sebaiknya dilap menggunakan apa dan bahan cairan apa yang terbaik agar kaca tidak baret dan tidak menurunkan kualitasnya.

Otoklix telah bekerja sama dengan bengkel mobil yang bisa dipercaya untuk memasang kaca mobil anti peluru. Ini daftar bengkel mobil terdekat.

Semoga OtoFriends menemukan bengkel dan kaca mobil anti peluru yang worth to buy, harga dan kualitas produk sama-sama bagus.

Pertanyaan Seputar Kaca Mobil Anti Peluru

Ketebalan kaca mobil anti peluru mulai dari 4 mil sampai 18 mil.

Harga kaca mobil anti peluru bervariasi mulai dari Rp7 jutaan sampai Rp20 jutaan tergantung dari ketebalan kaca yang OtoFriends pilih.

Kaca anti peluru terbuat dari lapisan polycarbonate yang terbuat dari material polimer bersifat fleksibel dan lentur sehingga lebih tahan terhadap panas dibandingkan plastik. Lapisan polycarbonate akan menghentikan laju peluru dan menyerap energi kinetik agar tidak bisa mencapai lapisan terakhir.