Mobil tampil cantik, kinclong, dan bersih pasti menjadi dambaan setiap pengguna mobil. Kamu juga akan lebih nyaman ketika berkendara. Mungkin kamu sudah sering mencuci mobil di bengkel cuci mobil, tetapi apakah kamu sudah tahu tentang detailing mobil?

Detailing mobil atau auto detailing biasanya digunakan untuk mobil kontes, tetapi tidak ada salahnya pengguna mobil harian juga sesekali menggunakan layanan ini. Yuk simak informasi tentang detailing pada mobil.

Pengertian Detailing pada Mobil

Detailing adalah melakukan pembersihan dan perawatan ekstra secara mendetail, baik pembersihan pada interior, eksterior, bahkan sampai bagian dalam mesin. Mobil pun akan benar-benar bersih dari segala kotoran seperti debu jalanan, goresan kerikil, kerak dari kotoran, dan lainnya. 

Pembersihan ini juga bahkan sampai kepada velg, kolong mobil, baut-baut, dan detail lainnya. Dengan menggunakan detailing juga mampu membuat cat yang kusam, jamur, dan bau tidak sedap pada kabin dapat teratasi. Melakukan auto detailing artinya menjaga keawetan komponen juga.

Biaya Detailing Mobil

Biaya detailing memang jauh lebih mahal daripada cuci mobil biasa. Harganya pun bervariasi, tergantung ukuran mobil dan juga produk yang digunakan. Pada mobil berukuran kecil seperti sedan kecil, city car, dan hatchback, biaya untuk paket lengkap sekitar Rp2,5 jutaan. 

Tetapi di beberapa bengkel, ada pula yang mematok harga Rp950 ribu untuk paket terendah, yaitu pengerjaan paint correction, poles kaca, protection dengan wax, dressing trim dan ban mobil.

Sementara itu untuk mobil berukuran sedang dengan 5 seater biayanya sekitar Rp1,25-3 juta. Mobil berukuran besar yang berkapasitas 7 penumpang umumnya berharga Rp1,85-3,5 jutaan. Kamu perlu mempertanyakan biaya detailing mobil murah jika harganya jauh di bawah standar.

Pada beberapa bengkel auto detailing, ada tambahan biaya sekitar Rp3-3,5 jutaan untuk tambahan lapisan nano coating. Biasanya biaya paket perawatan akan lebih murah dibandingkan melakukan perawatan terpisah.

Tahapan Proses Auto Detailing

Kamu mungkin terkejut atas biaya yang dikeluarkan untuk melakukan detailing pada mobil. Tetapi, biaya itu tentu sebanding dengan hasil yang didapatkan. Mobil kamu akan bersih dan kinclong bahkan sampai ke baut. Agar lebih yakin, mari kita simak lebih jelas tahapan apa saja yang dilakukan saat proses detailing.

1. Cleaning

Proses cleaning ini sama dengan pembersihan pada salon mobil pada umumnya. Cleaning ini bertujuan untuk membersihkan kotoran pada mobil. Kamu juga bisa melakukan cleaning sendiri di rumah, seperti mencuci mobil seperti biasa.

Jika kotoran sudah berkerak dan tidak terangkat hanya dengan cara cleaning, maka akan dilakukan claying. Metode claying adalah menggunakan clay bar dan cairan lubrikasi untuk mempermudah proses claying.

Setelah itu dilakukan pula paint cleaning yaitu membersihkan bodi mobil tanpa merusak catnya, sehingga mobil tetap mulus. Jadi, setelah dilakukan cleaning, mobil baru dibersihkan secara lebih detail.

2. Paint Correction

Langkah selanjutnya adalah paint correction. Metode paint correction adalah memperbaiki cat mobil yang tergores, baret halus, maupun terkena oksidasi pada permukaan mobil. Ada beberapa proses pada paint correction, yaitu compounding, polishing, dan glazing.

Proses ini adalah proses paling penting pada detailing mobil. Pada tahap ini, mobil akan benar-benar diperbaiki agar penampilannya kembali cantik. Tetapi cara ini tidak dapat digunakan apabila mobil kamu mengalami kerusakan berat. Kerusakan berat ini harus diperbaiki dulu di body repair.

3. Protection

Setelah selesai proses paint correction, akan dilakukan proses protection. Fungsi protection adalah untuk memberikan perlindungan maksimal pada mobil sehingga kotoran tidak mudah menempel. Beberapa proses yang dilakukan pada tahap ini adalah wax, sealant, dan coating. Bahan-bahan yang digunakan juga menyesuaikan jenis permukaan mobil. 

Tahap protection ini bisa dilakukan untuk eksterior, interior, bahkan sampai ke bagian mesin. Jadi tidak hanya memberikan lapisan pada eksterior saja.

4. Maintenance

Ini adalah langkah terakhir dalam proses detailing mobil. Cara memaintenance mobil yang sudah dilakukan auto detailing bisa dilakukan di rumah. Perlu kamu ketahui, hasil auto detailing dapat bertahan sampai satu tahun, tergantung jenis produk yang digunakan. 

Perbedaan Detailing Mobil dan Salon Mobil

Fungsi detailing memang sama dengan cuci mobil lainnya, yaitu membersihkan mobil. Tetapi tentu saja ada perbedaan dalam pengerjaannya. Ini dia perbedaan detailing mobil dengan perawatan lainnya.

Pertama, cairan pembersih yang digunakan pada detailing berbeda dengan salon mobil. Cairan pembersih yang digunakan pada detailing dapat menjaga kebersihan lebih lama daripada salon mobil. Pembersihkan yang detail juga membutuhkan alat khusus.

Kemudian, pada auto detailing akan dilakukan pelapisan untuk memproteksi cat kendaraan yang dinamakan paint protection. Prosesnya disebut Nano Ceramic Coating. Hal ini juga akan membuat mobil menjadi lebih mengkilap. Jadi jika ada pertanyaan, apa perbedaan auto detailing dan coating, jawabannya adalah coating adalah bagian dari auto detailing.

Jadi sudah paham arti detailing mobil, kan? Kamu bisa menemukan bengkel-bengkel detailing mobil terdekat dengan fasilitas yang terjamin melalui aplikasi Otoklix. Kamu bisa memilih pada bagian detailing untuk menemukan bengkel rekomendasi perawatan bodi mobil.