service lampu mobil

Servis Lampu Mobil Apabila Kamu Temukan 4 Penyebab Ini

Saat melakukan perjalanan di malam hari, sangat penting bagi kamu memastikan bahwa lampu mobil kamu berfungsi dengan baik agar bisa melihat jalan dengan benar. Bayangkan jika lampu redup atau mati ketika berkendara di jalanan yang sedikit penerangan.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab lampu mobil mati. Berikut akan Otoklix rangkum untuk kamu semua, agar kamu paham sebelum membawanya ke bengkel service lampu mobil.

Penyebab Lampu Mobil Mati

Ada beberapa penyebab lampu mobil mati. Bisa karena sekring yang putus bahkan hingga switch yang leleh. Sebelum membawanya ke bengkel service lampu mobil, kamu bisa mengecek sendiri komponen yang kemungkinan menyebabkan lampu mobil kamu.

1. Sekring lampu mobil putus

Salah satu yang menyebabkan lampu depan mobil mati adalah sekring lampu yang putus. Penyebab ini cukup sering terjadi. Kamu bisa mengecek wadah kotak yang biasanya berada di bawah kanan dekat setir mobil. Itu adalah letak sekring.

Sekring berbentuk seperti dua jari atau gigi. Cari sekring yang terhubung dengan lampu, pastikan apakah kondisinya putus atau tidak. 

2. Relay putus

Selain sekring, komponen yang harus kamu cek juga adalah relay. Relay adalah kotak kotak yang berfungsi menghubungkan antara arus listrik dari saklar utama ke komponen listrik lainnya seperti klakson dan tentu saja lampu mobil.

Kamu bisa mengecek bagian ini ketika kondisi kunci kontak dan aki sedang aktif tetapi lampu mobil mati total. Karena biasanya selain masalah pada sekring, lampu mobil yang mati juga disebabkan relay yang putus.

Pada bagian relay, kamu akan melihat lampu mati dan menyala saat kabel sedikit saja digoyangkan. Jika memang terjadi masalah pada relay, maka cobalah untuk mengambil kabel yang masih utuh dan belum digunakan. Kemudian cabut pada bagian relay. Setelah itu jadikan kabel tersebut untuk menjadi penyambung langsung antara lampu dan sumber listrik.

Cara ini bisa kamu lakukan jika terdesak saja ya. Kalau ada bengkel service lampu mobil terdekat, sebaiknya langsung ditangani mekanik di sana saja ya. 

3. Bohlam lampu mobil mati

Penyebab lain dari lampu mobil mati adalah bohlam lampunya yang memang kondisinya mati. Beberapa penyebab bohlam lampu mati adalah usia pemakaian dan memasang bohlam yang bagian kacanya kotor atau terkena minyak.

Tipsnya, sebisa mungkin tidak menyentuh kaca bohlam dengan tangan karena bisa mengontaminasi kacanya. 

4. Tegangan kelistrikan tidak stabil

Bohlam lampu juga dipengaruhi oleh arus listrik yang diterimanya. Arus listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan bohlam lampu mobil sering putus. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menggunakan voltmeter atau multimeter. Kamu juga bisa mengecek aki mobil, apakah sudah soak atau masih bagus.

5. Service mika lampu mobil pecah

Hal ini tidak berhubungan dengan kelistrikan tetapi butuh perbaikan. Jika mika lampu mobil kamu pecah, hal ini bisa berdampak pada unit lampu mobil. Kondisi ini akan semakin parah jika hujan. Lampu mobil tidak memiliki pelindung dari air hujan.

Membersihkan Lampu Mobil

Selain masalah kelistrikan, hal yang cukup mengganggu bagi pengguna mobil adalah warna mika lampu mobil yang kusam termakan usia. Jadi, Otoklix juga akan membagikan cara membersihkan lampu mobil agar terlihat kinclong.

Langkah pertama adalah menyiapkan alat dan bahan sebagai berikut: lap chamois dan kain microfiber, air hangat, sabun cuci mobil, amplas 1500 dan 2000, bensin atau minyak tanah, dan compound.

Kemudian, cucilah mika lampu mobil menggunakan sabun cuci mobil lalu keringkan sampai benar-benar kering. Kemudian mulai buat ramuan yang terdiri dari bensin dan sabun dengan rasio 60:40 atau 70:30. Gosokkan ramuan ke kaca lampu menggunakan amplas 2000. Jika sudah terlihat bersih, amplas kembali dengan amplas 1500. 

Langkah berikutnya adalah mengoleskan compound. Apabila kaca atau mika lampu mobil menguning, kamu juga bisa membersihkannya dengan pasta gigi. Kamu tinggal mengoleskan compound dan pasta gigi kemudian lap dengan microfiber. Jika sudah selesai, siram dengan air.

Biaya Service Lampu Mobil

Biaya service lampu mobil berkisar antara Rp300 ribu sampai dengan Rp350 ribuan untuk mobil pabrikan Jepang. Untuk mobil keluaran Eropa mungkin bisa mencapai Rp500 ribuan.

Selain menggunakan compound atau pasta gigi, kamu bisa membawa kaca lampu mobil yang menguning ke bengkel service lampu mobil karena mereka memiliki bahan pembersih yang lengkap. 

Di bengkel service lampu mobil, bagian mika akan dilepas, dibongkar untuk dibersihkan. Ada dua pilihan lem perekat pemasangan lampu yang sudah dibersihkan, yaitu lem basah dan lem kering.

Harga untuk lem basah, biayanya adalah Rp350 ribuan per mobil. Sedangkan jika menggunakan lem kering biayanya sekitar Rp750 ribuan. Perbedaannya, lem basah lebih gampang dibongkar pasang karena cukup dipanaskan lagi lem akan meleleh. Kalau lem kering harus dibersihkan dulu sisa-sisa lemnya, dikerok sebelum dipasang. Proses pemasangan menjadi lebih lama tapi daya rekatnya lebih kuat.

Kamu mencari bengkel service lampu mobil, service mika lampu mobil pecah, dan berbagai permasalahan lainnya? Cari saja di Otoklix.

Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *