Polisi Indonesia memiliki berbagai tugas, antara lain pemeliharaan keamanan, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Dalam menjalani tugasnya, Polisi dibekali dengan mobil patroli. 

Berbeda dengan mobil pada umumnya, mobil polisi Indonesia dirancang khusus, salah satunya pada bagian eksterior yang diberi warna dan lambang kepolisian. Selain itu, mobil patroli polisi juga dibekali spesifikasi mumpuni sehingga dapat melaju dengan gesit. 

Faktanya, memang tak hanya satu merek mobil yang digunakan untuk patroli polisi Indonesia. Bagi OtoFriends yang belum tahu, ini macam-macam mobil yang digunakan Polisi Indonesia. 

Daftar Mobil Polisi Indonesia untuk Tugas Patroli

1. Hyundai Elantra 

Hyundai Elantra termasuk salah satu jenis mobil sedan kelas premium yang digunakan Polisi Indonesia. Dari segi penampilannya saja, Hyundai Elantra mampu mencuri perhatian karena konsep Fluidic Sculpture, yakni tampilan yang fokus terhadap kontur alami.

Tampilan bodi Elantra tampak berkelas diperkuat dengan lampu utama bagian depan yang dilengkapi lampu proyeksi. Tak hanya itu, velg tipe Alloy 17 inchi turut menghadirkan kesan gagah. 

Sementara interiornya, mobil ini memiliki dashboard yang sudah dilengkapi fitur canggih. Fitur tersebut, antara lain navigasi, heated front, rear seats, hingga fitur touchscreen yang terintegrasi dengan spion. 

Menariknya, fitur-fitur tersebut disatukan ke dalam steering wheel mounted controls yang disematkan di bagian kemudi.

Pada mesinnya, Hyundai Erlanta memiliki performa yang diklaim mumpuni. Berbekal Dual CVVT DOHC 16V berkapasitas 1.8 liter, Erlanta mampu menghasilkan tenaga hingga 148 tenaga kuda.

Baca Juga: Spesifikasi Hyundai Santa Fe, SUV Elegan dan Tangguh 

2. Mitsubishi Lancer Ex

Selain Erlanta, Mitsubishi Lancer Ex juga memiliki desain hingga performa yang mumpuni. Ini sebabnya, Lancer Ex dipilih menjadi salah satu mobil Polisi Indonesia. 

Tampak dari segi eksterior, mobil ini langsung memberikan kesan elegan berkat fog lamp di bawah lampu utama. Sementara di bagian belakang, terdapat pula rearlamp horizontal dengan desain menyipit. 

Sementara bagian dalamnya, mobil yang dapat menampung lima penumpang ini memiliki kamin cukup lapang. Dashboard Lancer Ex juga lengkap dengan adanya AC controller, gate type, serta fitur multimedia canggih di headunit-nya.

Urusan pacunya, Lancer Ex ditenagai mesin tipe 4B11T 4 silinder dengan kapasitas 2000cc mengusung teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing and Lift Economic Control (MIVEC). Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 150 tenaga kuda dengan torsi 205Nm. 

Khusus mobil polisi, Lancer Ex juga dibekali GPS tracker yang terintegritas dengan pos pemantauan masing-masing serta kamera 360 derajat. 

3. Ford Focus

Ford Focus merupakan salah satu mobil Polisi Indonesia yang dijadikan sebagai kendaraan Pengamanan Objek Vital atau Pam Opvit. Ciri khas armada kepolisian ini tampak dari warnanya yang dibuat oranye. 

Dibekali mesin DURATEC HE berkapasitas 2 liter, Ford Focus menghasilkan tenaga maksimum hingga 145 PS dengan torsi 185Nm. 

Tak hanya kapasitas mesinnya yang mumpuni, Ford Focus khusus untuk mobil polisi juga dibekali fitur-fitur unggulan, seperti GPS, log book patroli, handy talkie, mini call centre, repeater, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Bengkel Mobil Mitsubishi, Pilih Bengkel Resmi atau Umum?

4. Mitsubishi Galant V6

Mitsubishi Galant V6 merupakan salah satu mobil polisi yang sudah lama digunakan. Sebagai informasi, Galant V6 hadir pada era 90-an.

Adapun yang digunakan Polisi Indonesia adalah Galant V6-Single Turbocharge. Mobil ini diklaim sangat cepat saat melaju di jalan raya berkat mesin 4 silinder berkapasitas 2,4 liter yang menghasilkan tenaga hingga 160 tenaga kuda.

Sementara pada Mitsubishi Galant versi terbaru sudah dibekali mesin 6 silinder berkapasitas 3 liter. Tenaga yang dihasilkan mencapai 402 tenaga kuda sehingga diklaim lebih cepat dari Ferrari tipe Modena.

5. Mazda 6

Jenis mobil polisi Indonesia yang terakhir adalah Mazda 6. Tidak hanya sering digunakan untuk patroli, mobil ini juga dapat melaju kencang mengejar para penjahat yang mencoba kabur.

Mazda 6 mengusung mesin MZR 2.5L DOHC 16 valve yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 167hp. Khusus untuk kebutuhan kepolisian, Mazda 6 dibekali performa yang ditingkatkan sehingga mampu menghasilkan tenaga menjadi 197-199tk.

Keberadaan on board computer dan automatic headlamps di mobil ini menjadi daya tarik tersendiri. Ada pula tombol multifungsi pada lingkar kemudi dan cruise control sehingga sensasi berkendara semakin mewah.

Meski terbilang mobil lawas yang hadir pada 2007, Mazda 6 masih cukup banyak dicari. Saat ini, unit bekas Mazda 6 harganya kisaran Rp60 juta hingga Rp70 juta.

Jika OtoFriends menginginkan kinerja mobil tetap awet, seperti mobil Polisi Indonesia yang keren, lakukan servis rutin dengan memanfaatkan fitur booking online di aplikasi Otoklix. Temukan juga bengkel terdekat lewat Otoklix.