Mobil travel jadi transportasi terbaik untuk pergi liburan bersama teman dan keluarga. Sering kali jenis mobil-mobil penumpang seperti Avanza, Toyota, ataupun Daihatsu tidak sanggup menampung jumlah anggota keluarga yang terlalu banyak, akhirnya pilihan mobil travel jadi alternatif tepat untuk solusi jumlah penumpang dan penghematan biaya perjalanan. 

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik 2022 harga Rp100 Jutaan Irit BBM

Nah, jika membeli tiket travel atau menyewa mobil travel terasa berat, tidak ada salahnya untuk membeli mobil travel sebagai transportasi terbaik untuk liburan OtoFriends dan keluarga loh! Karena mobil travel harus memiliki kapasitas besar dan tenaga mumpuni, berikut OtoFriends rangkum informasi seputar rekomendasi mobil travel terbaik yang bisa bikin liburan OtoFriends bersama keluarga terasa semakin asyik. Simak ulasannya dibawah ini.

Baca juga: Segini Harga Sewa Campervan untuk Road Trip di Indonesia

Sekilas Tentang Mobil Travel

Memiliki mobil travel pribadi akan mempermudah OtoFriends mengatur rencana dan menghemat biaya perjalanan. Mobil travel cocok dimiliki bagi OtoFriends yang memang suka pergi berlibur atau staycation ke luar kota dalam jangka waktu yang lama.Selain irit konsumsi BBMnya, mobil travel juga mampu memuat banyak penumpang dan barang-barang. 

Sekedar informasi, ada berbagai jenis mobil travel sesuai dengan jenis dan kegunaannya. Otofriends bisa memilih berdasarkan lokasi perjalanan, di dalam kota atau keluar kota, di medan off-road, atau di medan biasa. Tentukan juga rentang budget yang bisa OtoFriends siapkan, sehingga OtoFriends dapat menemukan mobil travel terbaik yang bisa OtoFriends miliki sebagai mobil travelling andalan keluarga.

Rekomendasi Mobil Travel Terbaik

Ada beragam jenis pilihan mobil travel mulai dari rentang harga termahal hingga termurah di kelasnya, antara lain:

1. Mobil Travel Hyundai Staria

Ingin berkendara dengan mobil travel yang lebih mewah, OtoFriends bisa menjadikan mobil travel Hyundai Satria sebagai pilihan tepat. Mobil ini dibanderol mulai dari harga Rp800 jutaan. Cocok digunakan untuk keperluan perjalanan jarak jauh dengan kapasitas besar.

Mobil MPV untuk travelling ini memiliki desain yang cukup unik. Khususnya pada eksterior bagian depan. Tampilannya yang tidak kaku tentunya membuat Hyundai Staria terlihat sangat mewah.

Bicara soal kapasitas, Hyundai Staria tersedia dalam dua pilihan, yakni 7-seater dan 9-seater. Kedua mobil yang baru diluncurkan pada tahun 2021 ini sama-sama dibekali dengan mesin diesel turbo CRDi berkapasitas 2.200 cc yang tenaga puncaknya sebesar 177 dk dan torsi maksimal 431 Nm

2. Mobil Travel Peugeot Traveller

Masih dalam kategori mobil travel termewah dan termahal, Peugeot Traveller adalah mobil travel terbaik yang bermain di segmen MPV mewah. Mobil ini dipersenjatai mesin BlueHDi Euro 6 yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 180 HP dengan torsi 400 Nm.

Mobil asal Prancis ini dapat diisi oleh 10 orang penumpang. Hal ini berkat dimensi mobil yang tergolong panjang, yakni mencapai 3 meter. OtoFriends bisa memilikinya dengan menyiapkan rupiah sebesar Rp800 jutaan.

3. Mobil Travel Hyundai H-1

Salah satu mobil travel terbaik dan mobil travel besar yang bisa jadi pilihan adalah Hyundai H-1. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp500 jutaan. Mobil travel ini menawarkan dua pilihan mesin, yakni bensin theta2 dan diesel. OtoFriends dapat memilih jenis mesin yang sesuai dengan kebutuhan kita. Isi mobil travel ini bisa menampung sekitar 10 hingga 12 penumpang.

Mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur hiburan, seperti live music dengan format DVD, CD, MP3, radio dan bluetooth yang tersambung pada Android. Kemudi stir mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur pengaturan posisi yang disesuaikan dengan kenyamanan pengendara. Sehingga mengendarai mobil jarak jauh pun akan terasa aman dan nyaman. Sangat cocok bukan untuk melakukan perjalan bersama keluarga.

4. Toyota Hiace

Banyak digunakan di kalangan pebisnis mobil travel, mobil travel Toyota Hiace ini  punya dimensi panjang sekitar 5.380 m dengan lebar 1.800 mm. Dari dimensi tersebut bisa dipastikan bahwa ruang dalam Toyota Hiace begitu lega. Mempunyai kapasitas 16 kursi, otomatis membuat keperluan traveling atau usaha penyewaan mobil travel akan cukup lengkap. 

Adapun mobil travel Toyota Hiace ini memiliki spesifikasi mesin berkapasitas 2755 cc. Sehingga Toyota Hiace cocok sekali bagi OtoFriends yang sedang mencari mobil travel kuat dan memiliki kapasitas besar. Mobil travel ini dibanderol mulai dari harga Rp500 jutaan.

Baca juga: Beli Mobil Besar Buat Mudik Keluarga? Ini Rekomendasinya

5. Suzuki Elf Microbus

Dibanderol dengan harga sedikit lebih murah yaitu Rp300 jutaan, mobil Suzuki Elf Microbus ini mampu menampung penumpang hingga 19 orang. Mobil ini juga sering digunakan dalam bisnis-bisnis mobil travel. Adapun mobil Travel Suzuki Elf Microbus dilengkapi dengan mesin 4JB1-TC yang tentunya cocok digunakan untuk berkendara jauh bersama teman dan keluarga.

Baca juga: 5 cara Investasi Mobil Ini Hasilkan Profit Tinggi, Apa Saja?

6. Daihatsu Luxio

Jika mobil travel Suzuki Elf Microbus masih kemahalan, OtoFriends bisa mencoba membeli mobil travel  Daihatsu Luxio karena harganya lumayan ekonomis. Mobil ini dibanderol mulai dari harga Ro199 jutaan.

Kapasitas angkutnya memuat 8 orang penumpang dengan kapasitas bagasi yang luas. Adapun spesifikasi mesinnya 3SZ-VE DOHC VVT-i berpendingin air yang akan membantu OtoFriends berkendara asyik saat travelling bersama keluarga. 

7. Suzuki APV

Terakhir ada mobil travel Suzuki APV. Harganya jauh lebih ekonomis lagi, yaitu berkisar Rp160 juta hingga Rp210 jutaan. Mobil travel ini mampu memuat 9 orang dan beberapa koper di bagasi.

Sehingga tidak perlu khawatir berkendara jauh dengan banyak barang bawaan. Karena tentu mobil travel Suzuki APV ini akan memberikan kenyamanan bagi OtoFriends dan keluarga.

Kelebihan mobil Travel

Mobil travel tidak hanya memiliki kelebihan dari segi kapasitas angkut penumpang dan keiritan BBMnya loh! Mobil travel sering kali menjadi pilihan tepat bagi OtoFriends yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau namun berfungsi untuk berbagai hal.

Ada banyak pilihan mobil travel lainnya yang bisa OtoFriends amati sesuai dengan tujuan dan kegunaan mobil travel yang OtoFriends inginkan. Daya tampung juga bisa semakin lebih luas apabila kursi di bagian belakang dilipat.

Alhasil berkendara dengan jumlah anggota keluarga ataupun barang bawaan yang banyak tidak menjadi masalah karena sudah tersedia mobil travel yang kuat dan mumpuni.

Kelemahan Mobil Travel

Meskipun memiliki banyak kelebihan dari segi kapasitas penumpang, luas bagasi, dan keiritan BBM, mobil travel juga memiliki kelemahan seperti ukuran yang rendah dan akselerasi apabila digunakan di jalan berbukit dan berkelok.

Oleh sebab itu, OtoFriends harus berhati-hati saat berkendara di jalanan yang curam, karena berat dan besarnya mobil travel berisiko membuat mobil menjadi selip.

Perawatan Mobil Travel

Perawatan mobil travel umumnya sama dengan berbagai jenis mobil penumpang lainnya. Terkait servis rutin nya, biasa dilakukan setiap 10.000 km atau setelah 6 bulan pemakaian dan memakan biaya sebesar Rp800 ribuan. 

Sudah tahu jajaran rekomendasi mobil travel mulai dari yang termahal hingga harga ekonomis lengkap dengan kelebihan, kekurangan dan harga perawatan mobil travel, pastikan OtoFriends telah membeli mobil travel sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Lakukan servis rutin lebih mudah di bengkel rekanan Otoklix. Harga lebih terjangkau dan bisa diketahui di awal booking.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mobil Travel

Harga mobil travel bervariasi, bergantung pada jenis dan kebutuhan. Biasanya mobil travel dibanderol mulai dari harga Rp120 jutaan hingga Rp1 miliar rupiah.


Kapastias mobil travel bergantung pada jenisnya, ada yang muat 7 hingga 9 orang. Ada juga yang muat hingga 16 orang.


Beberapa rekomendasi mobil travel keluarga ekonomis antara lain, Toyota Hiace, Suzuki Elf Microbus, Daihatsu Luxio, dan Suzuki APV.