Momen libur Lebaran biasanya dimanfaatkan untuk bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Bagi yang ingin mudik bersama keluarga melalui jalur darat pasti membutuhkan mobil besar. Bukan tanpa alasan, mobil dengan kapasitas besar bisa memuat banyak penumpang dan juga barang bawaan. Berikut rekomendasi mobil besar yang bisa menampung keluarga untuk mudik bersama.

Pilihan mobil besar untuk keluarga, cocok dipakai mudik

Memilih mobil untuk aktivitas mudik harus memperhatikan beberapa hal. Mulai dari kapasitas mobil, ketahanan mesin, konsumsi bahan bakar hingga kenyamanan. Truk atau pick-up bisa saja masuk dalam kategori mobil besar, namun mobil truk dan pick-up memiliki kapasitas yang minim. Keduanya menawarkan daya tampung besar, tetapi untuk barang, bukannya penumpang. Mobil dengan tipe MPV, hatchback atau wagon jadi pilihan jika mencari mobil besar untuk mudik. Tak harus mewah, berikut rekomendasi mobil besar untuk keperluan mudik.

Baca juga: Pilihan Mobil Keluarga Murah, Harganya Rp100 Jutaan

Toyota Calya

Jika memilih mobil keluarga yang memiliki spesifikasi berkelas namun dibanderol dengan harga terjangkau, Toyota Calya bisa menjadi pilihan yang tepat. Mobil ini lebih murah dari kelas MPV Toyota Avanza. Hingga 2022 ini, Toyota Calya menjadi salah satu pilihan mobil keluarga terbaik di Indonesia. 

Untuk seri tertinggi, keduanya dilengkapi dengan power window pada setiap pintunya. Mobil ini juga dilengkapi dengan kabin luas sehingga bisa muat untuk menaruh barang dalam jumlah cukup banyak. Di pasaran Calya dibanderol dengan harga mulai dari Rp146 juta hingga Rp167 juta-an. Tak heran jika jenis ini jadi salah satu pilihan favorit untuk mobil keluarga yang nyaman dengan harga terjangkau untuk dipakai mudik.

Toyota Sienta

Toyota Sienta merupakan mobil tipe minivan yang sangat cocok untuk keluarga. Apalagi jika dimanfaatkan untuk perjalanan mudik. Mobil ini memiliki kapasitas kabin 7 penumpang dengan desain yang elegan untuk tipe MPV. 

Toyota Sienta dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.5L dengan keluaran sebesar 107 Hp dan torsi 14.3 kgm. Dengan banderol mulai dari Rp259 juta hingga Rp313 juta. 

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga jadi rekomendasi selanjutnya. MPV yang awalnya ditujukan untuk pasar India ini juga mampu membuktikan keunggulannya. Dengan 7 seater, Ertiga menawarkan kepraktisan dan aspek fungsional yang tinggi. Kualitas interior serta peredaman kabin dan posisi duduk juga diklaim terbaik di kelasnya.  

Sempat menggunakan mesin berkapasitas 1.4 liter, namun di generasi terakhirnya, Ertiga beralih menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter dengan kode K15B. Performa dan efisiensinya pun terbukti cukup baik. Kesuksesan Ertiga juga menginspirasi Suzuki untuk menghadirkan versi crossover dengan tampilan lebih maskulin yang dikenal dengan nama XL7. Mobil ini cocok dipakai bersama keluarga.

Toyota Innova

MPV ini memang memiliki sejarah panjang di Indonesia, sekaligus menjadi salah satu mobil dengan penjualan tertinggi secara nasional. Sejak tahun 1977, Kijang sudah hadir dan langsung menjajdi favorit konsumen. Lebih dari 40 tahun kemudian, Toyota hadirkan Kijang Innova generasi terakhir dengan tampilan lebih serta kualitas yang lebih modern dan elegan. 

Kijang Innova terbaru masih ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yakni mesin bensin 2.0 liter dan mesin diesel common-rail berkapasitas 2.4 liter. Opsi mesin terakhir lebih difavoritkan lantaran terbukti tangguh, performa yang mumpuni serta cukup efisien. Soal kepraktisan, Kijang Innova tentu tak perlu diragukan lagi, lantaran masih menjadi salah satu yang terbaik hingga kini. Innova yang dibanderol mulai dari Rp360 juta  menjadi pilihan untuk mobil besar keluarga.

Nissan Livina

Nissan Livina jadi salah satu mobil keluarga terbaik saat ini. Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang menjamin pengendara maupun penumpang bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Mobil keluarga terbaik yang masuk ke dalam daftar pilihan mobil paling nyaman dikendarai untuk keluarga ini dibanderol dengan harga mulai dari 208 juta hingga 276 juta. 

Nissan Livina dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.499 cc dengan tenaga puncak 104 PS sehingga mampu menghasilkan mobil yang memiliki potensi sangat ideal. Tidak hanya itu, spesifikasi yang ditawarkan juga menjanjikan ketangguhan mesin untuk kenyamanan berkendara bahkan dalam jarak jauh sekalipun. 

Honda Mobilio

Mobil keluarga rekomendasi selanjutnya adalah Honda Mobilio. Mobil ini memiliki ketinggian paling rendah diantara jenis mobil MPV lainnya dengan ground clearance hanya 189 mm. Inilah yang membuat Honda Mobilio tetap stabil pada kecepatan tinggi. Honda Mobilio dilengkapi dengan kapasitas mesin 1500 cc 4 silinder segaris dengan teknologi SOCH.

Salah satu mobil terbaik untuk keluarga ini mengimplementasikan sistem suplai bahan bakar PGM-FI. Sistem ini membuat suplai bahan bakar lebih efisien tanpa mengurangi performa hingga mampu mencapai daya maksimum 118 ps pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 14.8nm pada 4.600 rpm. Dibanderol dengan harga mulai Rp198 juta hingga Rp250 juta, Honda Mobilio menjadi salah satu mobil yang cocok untuk keluarga besar terbaik termasuk untuk digunakan mudik.

Toyota Avanza

Toyota Avanza menjadi pilihan mobil MPV irit terlaris di Indonesia. Apalagi dengan munculnya seri terbaru All New Avanza. Mobil ini kerap disebut sebagai mobil sejuta umat karena digunakan oleh hampir semua kalangan mulai dari kalangan atas, menengah hingga kalangan bawah. Mobil ini dibekali dengan mesin 4 cylinder 16v, DOHC, dual VVT-I yang mampu menghasilkan tenaga 140 ps pada 6000 rpm dan torsi 13.9 kgm pada 4.200 rpm. Dibandingkan dengan mobil sejenisnya, Toyota Avanza memiliki lebih banyak keunggulan seperti durabilitas teruji selama puluhan tahun, lebih mudah dirawat dan yang paling penting adalah irit BBM. Dibanderol dengan harga mulai Rp233 juta, tidak heran jika mobil ini menjadi mobil keluarga sejuta umat.

Wuling Confero

Mobil pabrikan Tiongkok, Wuling Confero menjadi mobil keluarga pilihan berikutnya. Confero pertama kali dikenalkan pada tahun 2017 dan menyasar segmen low MPV dengan banderol tertinggi hanya sekitar Rp195 juta saja. 

Sebagaimana tipe mobil MPV lainnya, Wuling Confero memiliki 7 seater. Mobil ini dilengkapi dengan kabin senyap dengan fitur captain seat dan 4 sensor parkir yang sangat memudahkan pengemudi. Wuling Confero dibekali dengan mesin berkapasitas 1500 cc dan 4 silinder segaris 16 katup DOHC. 

Tidak hanya itu, salah satu mobil keluarga terbaik ini menggunakan teknologi VVT yang mampu menyemburkan tenaga hingga 107 PS pada 5.800rpm dan torsi 142nm. Jadi, tidak heran apabila Wuling Confero juga masuk ke dalam daftar mobil 7 seater paling irit terbaik.

Daihatsu Terios 

Bagi keluarga yang menggemari mobil dengan tampilan sporty, Daihatsu Terios jadi pilihan. Daihatsu Terios menjadi salah satu pilihan mobil SUV 7 seater terbaik saat ini. Terios memiliki ciri khas yang dilengkapi dengan over fender dan terlihat cukup tinggi dengan ground clearance-nya yang mencapai 200 mm. 

Oleh karena itu, Daihatsu Terios dapat lebih mudah menaklukkan medan berkontur, sehingga cocok untuk dipakai untuk keluarga yang ingin berwisata jarak jauh dengan kondisi jalan atau wilayah yang cukup menantang. Harga mobil ini berada di kisaran Rp232 juta dan jadi pilihan mobil besar keluarga saat ini. 

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander merupakan mobil besutan Jepang memang masih mendominasi pasar mobil MPV di Indonesia. Xpander termasuk salah satu mobil MPV terlaris di Indonesia yang digadang akan menggeser posisi Avanza. Walaupun memiliki body cukup besar sebagai tipe mobil keluarga, Mitsubishi Xpander tetap bisa tampil gagah dengan lampu tajam yang dimilikinya. 

Mobil ini didukung dengan teknologi FWD yang mampu menekan konsumsi bahan bakar hingga mencapai rata-rata 16.2 jm/liter. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, Mitsubishi Xpander dibanderol dengan harga berkisar Rp253 juta.

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik 2022 Harga Rp100 Jutaan Irit BBM

OtoFriends yang ingin membeli mobil besar untuk mudik bersama keluarga Jangan lupa rutin melakukan servis. Apalagi jika dipakai perjalanan jauh. OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking service melalui Otoklix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.