Renault Duster bekas mungkin bisa jadi salah satu alternatif kalau OtoFriends ingin memiliki SUV nyaman dengan harga yang masih cukup terjangkau. Harga Renault Duster bekas bahkan bisa didapat dengan sekitar seratus jutaan. 

Namun, selain mengetahui daftar harga Renault Duster bekas, kita juga perlu tahu apa spesifikasi Renault Duster serta kelebihan dan kekurangan mobil SUV buatan Eropa tersebut. Mari simak selengkapnya.

Daftar Harga Renault Duster Bekas

Renault Duster bekas memiliki harga yang bervariasi, tergantung dari kondisi mobil dan juga tahun keluarannya. Harganya bahkan ada yang sekitar Rp100 jutaan saja. Berikut ini daftarnya Otoklix sajikan dalam bentuk tabel.

MobilHarga
Renault Duster 1.5 RxL 2013Rp50 juta
Renault Duster RxE DCI 2014Rp175 juta
Renault Duster RxL DCI 2014Rp145 juta
Renault Duster 1.5 RxL 2016Rp105 juta
Renault Duster 1.5 RxL 2017Rp112 juta
Renault Duster 1.5 RxL 2017Rp119 juta
Renault Duster 1.5 RxL 2018Rp138 juta

Selain mengetahui harga Renault Duster bekas, OtoFriends juga perlu tahu berapa harga spare part-nya sebagai pertimbangan ketika akan membeli SUV compact bekas ini.

Spare partHarga
Oli mesin SAE 5W40 Rp130 ribu/liter
Filter oliRp135ribu – Rp175 ribu
Filter udara originalRp235 ribu
Filter udara original 4×4Rp485 ribu
Fan belt aftermarket Rp575 ribu
Kampas rem depan tipe kecilRp1.1 juta
Kampas rem depan tipe besarRp1.3 juta
Kampas rem belakang originalRp2.4 juta
Minyak rem DOT 4Rp90 ribu/liter
Filter AC originalRp245 ribu/pcs 
Kampas kopling 1 setRp6.7 juta – Rp7.7 juta

Dengan mengetahui harga mobil dan suku cadangnya, OtoFriends bisa lebih mempertimbangkan perihal perawatan mobil ini. Selanjutnya mari kita bahas tentang spesifikasi Renault Duster.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga VW T-Cross, SUV Compact!

Spesifikasi Renault Duster

Bisa dikatakan bahwa Renault Duster adalah salah satu SUV yang diperhitungkan ketika membutuhkan mobil yang bisa menerjang berbagai medan. Mobil diesel ini bisa bersaing dengan SUV-SUV buatan Jepang dengan harga yang tidak terlalu mahal, meskipun mobil Eropa identik dengan harga yang lebih mahal. Konsumsi bensinnya juga cukup irit.

Performa mesin

Dilihat dari performa mesin, Renault Duster menggunakan mesin berkapasitas 1.461 cc dengan teknologi turbo. Mesin ini bisa menghasilkan energi maksimal sampai dengan 84 hp dengan torsi puncak 200 Nm. Akselerasi dari 0-100 km/jam membutuhkan waktu 16,5 detik.

Biasanya mobil dengan mesin diesel memiliki suara yang lebih cenderung kasar. Akan tetapi, berkat teknologi dCi, mesin diesel Duster ini terdengar sangat halus, mirip mesin bensin.

Mengenai konsumsi BBM, Renault Duster terbilang fenomenal. Konsumsi BBM-nya untuk dalam kota mencapai 13,2 km/liter, sedangkan di jalan tol bisa sampai 24,5 km/liter. Apalagi, mobil ini masih bisa menggunakan solar bersubsidi.

Uji coba medan ekstrim dilakukan dengan menguji Renault Duster untuk menanjak di medan curam. Kemiringannya 21 derajat dengan isi penumpang 5 orang dewasa dengan total bobot mencapai 400 kg. Hasilnya, Renault Duster bisa melaju dengan mudah.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga SUV Tangguh Nissan Magnite 2022

Interior luas

SUV compact ini memang hanya berkapasitas 5 orang. Akan tetapi, kabin yang luas membuat penumpang jadi lebih nyaman. Penumpang dengan tinggi badan di atas 170 cm masih bisa duduk dengan nyaman. Untuk baris kedua juga masih bisa menampung tiga orang dengan bobot total 280 kg tanpa merasa sesak. Ditambah lagi, tiap penumpang memiliki headrest yang tingginya bisa disesuaikan.

Ukuran bagasinya sangat besar. Panjangnya mencapai 96 cm, lebar 105 cm, dan tinggi 52 cm. Dengan luas ini, bagasi Renault Duster memiliki kapasitas 529,1 liter. Kemudian, ada juga rood rail sebagai bagasi tambahan. Sehingga tidak mengganggu kenyaman di dalam interior.

Terakhir, Renault Duster dilengkapi dengan suspensi yang empuk. Sehingga makin menambah kenyamanan berkendara bagi pengemudi maupun penumpang.

Fitur sederhana

Meskipun dari segi performa mesin dan interior terbilang nyaman, hanya saja fitur pada Renault Duster masih terbilang sederhana. Mulai dari kuncinya masih menggunakan kunci colok, belum menggunakan engine start stop. Setirnya juga tidak memiliki tombol. Sehingga, memang tidak unggul dalam fitur hiburan.

Sementara itu, untuk sistem keselamatannya sudah cukup baik, meskipun tidak terlalu lengkap. Ada ABS (Anti-lock Braking System), EBC (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), serta airbag. Ada pula engine immobilizer untuk mencegah maling membobol mobil.

Baca juga: Rilis Januari, Simak Spesifikasi SUV MG Terbaru!

Kelebihan Renault Duster

Setelah membahas spesifikasi Renault Duster, kita bisa menyimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan Renault Duster. Di antaranya kelebihannya adalah sebagai berikut.

  • Harganya murah.
  • Mesin bandel.
  • BBM irit.
  • Suspensi nyaman.
  • Interior luas.
  • Bagasi luas.
  • Bisa menerjang medan perkotaan maupun medan curam yang ekstrim.

Kekurangan Renault Duster

Hanya saja, di balik kelebihan, tentu ada juga kekurangan Renault Duster. Sehingga bisa jadi bahan pertimbangan lebih ketika akan membeli Renault Duster bekas. Kekurangannya menurut pengguna mobil ini adalah sebagai berikut.

  • Merek kurang familiar di masyarakat Indonesia.
  • Suku cadang susah dicari, terutama untuk wilayah di luar Jabodetabek.
  • Tidak ada transmisi otomatis.
  • Air AC sering merembes ke dalam kabin.
  • Roda belakang sering terkunci sendiri.

Jadi, sudah mempertimbangkan mau beli Renault Duster bekas? Pastikan bahwa performa mobil Renault Duster bekas yang akan OtoFriends beli cukup baik. Sehingga tidak merasa tertipu saat membeli.

Setelah dimiliki, lakukan perawatan secara rutin untuk menjaga performa mobil. Ada 2.000+ bengkel terdekat yang bisa menangani mobil Renault Duster. Apalagi, bisa booking langsung via aplikasi Otoklix. Harganya transparan!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Renault Duster Bekas :


Renault Duster 1.5L dCi MT dan Renault Duster 1.5L dCi RxL untuk keluaran tahun 2018 memiliki pajak masing-masing Rp3,3 juta dan Rp4,1 juta.


Renault Duster pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2013. Harga Renault Duster bekas untuk keluaran tahun tersebut berkisar Rp100 juta sampai dengan Rp120 jutaan.


Kapasitas mesin Renault Duster adalah 1.461 cc yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 84 hp dan torsi 200 Nm. Mesin yang tangguh dan bisa bersaing dengan SUV compact lainnya.