Siapa sangka harga 30 juta mobil bekas murah bisa kita temukan saat ini di showroom-showroom mobil bekas. Kondisi mobilnya gak kalah prima dengan mobil-mobil berusia muda atau mobil baru.

Bila kita menelusuri lebih lama lagi, OtoFriends bisa menemukan mobil bekas 30 jutaan yang bagus. Ada banyak mobil tahun 2000 harga 30 juta. Mobil-mobil tersebut memiliki tampilan eksterior, interior hingga performa mesin yang masih bagus.

Simak ulasan berikut ini tentang daftar harga mobil bekas murah dibawah 50 juta lengkap dengan tips memilih mobil bekas terbaik dan cara merawatnya.

Baca juga: Terbaik! 10 Mobil Offroad Murah Harga Dibawah 100 Juta

Daftar Harga Mobil Bekas Murah

OtoFriends pasti bertanya-tanya dengan uang 30 juta dapat mobil apa? Mengutip dari berbagai platform penjualan mobil bekas online, berikut ini referensi mobil dengan harga 30 juta mobil bekas murah.

Tipe MobilTahunHarga Mobil Bekas
Toyota Corona1989Rp27 juta
Suzuki Katana1991Rp28 juta
Daihatsu Feroza1994Rp38 juta
Suzuki Futura1994Rp27 juta
Toyota Kijang LGX1994Rp34,5 juta
Daihatsu Espass1996Rp29 juta
Suzuki Futura1996Rp33 juta
Honda Accord VVTi1996Rp35 juta
Toyota Kijang Super1998Rp30 juta
Hyundai Accent1999Rp29 juta
Honda Accord2000Rp33 juta
Peugeot 306 STMT2000Rp25 juta
Toyota Kijang 1.5 L MPV Minivans2000Rp20 juta
Toyota Kijang 1.5 Jantan MT MNB2000Rp29,5 juta
Suzuki Esteem2000Rp29 juta
Toyota Soluna2001Rp31 juta
Suzuki Katana2001Rp31 juta
Suzuki Baleno2001Rp35 juta
Honda Odyssey Prestige 2.4 AT2002Rp25 juta
Daihatsu Ceria KL2002Rp30,5 juta
Daihatsu Espass 1.3 PU2003Rp27 juta
Suzuki Carry Pick Up2005Rp25 juta
Daihatsu Taruna FGX2005Rp34,8 juta

Baca juga: Rekomendasi Mobil Tua Perawatan Mudah dan Murah

Pertimbangkan Hal Ini Saat Beli Mobil Bekas

Dalam membeli mobil bekas murah, ada banyak pertimbangan yang perlu kita pikirkan supaya bisa mendapatkan mobil bekas 30 jutaan yang bagus. Kebanyakan mobil bekas murah merupakan mobil-mobil tua dengan tanggal produksi tahun 80-an sampai 90-an.

Walaupun gak bisa mengalahkan mobil-mobil berusia muda, akan tetapi mobil berusia tua tersebut masih memiliki performa yang bagus bila kita jeli memilih mobil bekas dan pintar merawatnya. Bagaimana cara memilih mobil bekas? Berikut ini tipsnya.

1. Memeriksa Kesehatan Mobil

Langkah pertama saat membeli mobil bekas adalah memeriksa kesehatan mobil tersebut. Periksa seluruh sistem dan komponen mobil secara menyeluruh. Mulai dari lampu mobil, mesin mobil, AC mobil, ban mobil hingga aksesori mobil.

Khusus mobil tua, kita harus lebih jeli saat memeriksa kondisi sistem pembakarannya. Apakah sistem pembakaran mobil bekas tersebut mengalami penurunan performa sehingga menimbulkan masalah lain seperti boros bahan bakar.

Untuk memastikan kesehatan mobil, sebaiknya meminta bantuan teman, saudara atau kenalan yang mengerti tentang mobil untuk memeriksa kesehatan mobil tersebut.

2. Menanyakan Riwayat Servis Mobil

Walaupun kondisi mobil bekas dalam keadaan baik, akan tetapi OtoFriends tetap perlu bertanya tentang riwayat servisnya. Kita bisa meminta buku servis kendaraan atau catatan servis dalam bentuk lain.

Sebagai contoh, salah satu keunggulan Bengkel Otoklix adalah menyediakan dashboard service online melalui aplikasinya. 

Segera download aplikasi Otoklix untuk membantu menyimpan riwayat servis mobil dan pengingat waktu servis mobil supaya gak terlewat.

Kita dapat memantau dan mengontrol servis mobil. Bahkan ada fitur pengingat servis, dengan begitu kita gak mungkin ketinggalan waktu servis mobil.

3. Mempertimbangkan Kesulitan Pencarian Spare Part

Jangan hanya tergiur karena murahnya saja. Beberapa pabrik mobil sudah menghentikan penjualan unit sekaligus spare partnya secara resmi di Indonesia sehingga kita harus memesannya terlebih dulu ke importir mobil. 

Jadi, pastikan mudah mencari spare part mobil tersebut apabila sudah waktunya mengganti komponen mobil.

4. Memeriksa Kelengkapan Dokumen Kendaraan

Umumnya setiap mobil memiliki dokumen penting seperti Surat Tanda Kepemilikan Kendaraan Bermotor (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), buku service, dan faktur pembelian. 

Dokumen penting lainnya yang mungkin saja dimiliki setiap mobil adalah polis asuransi bila pemilik sebelumnya mendaftarkan asuransi mobil. Patikan seluruh dokumen-dokumen tersebut telah lengkap dan periksa keaslian dokumen tersebut.

5. Melakukan Riset Harga Pasar

Setelah melalui 4 tahapan di atas, OtoFriends merasa yakin untuk membeli mobil tersebut. Namun jangan langsung membayarnya. Lakukan riset terlebih dulu tentang harga pasaran mobil tersebut.

Kemudian, pertimbangkan pula biaya servis dan perawatan yang mungkin akan kita keluarkan setelah memiliki kendaraan tersebut. Dengan 2 pertimbangan tersebut, kita bisa lebih percaya diri saat melakukan negosiasi harga mobil bekas.

6. Test Drive

Bagian terakhir yang cukup penting sebelum akhirnya benar-benar membeli mobil adalah melakukan uji coba atau test drive. Bila sebelumnya yang memeriksa kondisi mobil adalah kenalan yang kita percaya untuk memeriksa performa mobil secara menyeluruh. Sekarang giliran kita sebagai calon pemilik mobil untuk melakukan test drive.

Test drive tersebut dilakukan untuk menambah rasa keyakinan dan kenyamanan kita saat berkendara menggunakan mobil bekas murah tersebut.

Baca juga: Cari Mobil Tua Irit BBM dan Murah Perawatannya? Ini Rekomendasinya

Tips Merawat Mobil Bekas

Sebenarnya, mobil bekas atau mobil tua pun bisa jadi mobil bagus bila kita pandai merawatnya. Justru dengan kita mengetahui bagaimana cara merawat mobil, kita bisa mendapatkan harga murah untuk memiliki mobil impian.

Langkah pertama untuk merawat mobil adalah mengetahui waktu terbaik melakukan servis mobil. Buat jadwal kapan waktunya melakukan servis mobil dan pengingat melalui smartphone. 

Kemudian rutin memanaskan mobil minimal 15 menit sebelum mobil akan digunakan. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap tekanan angin ban mobil, air radiator, hingga bagian filter karburasi.

Demikian referensi dan daftar mobil bekas murah dibawah 50 juta lengkap dengan tips membeli dan merawat mobil bekas. Ingat selalu untuk membawa mobil ke bengkel mobil pilihan, ya!

Pertanyaan Seputar 30 Juta Mobil Bekas Murah

Berikut ini daftar mobil yang bisa kita miliki dengan uang Rp30 juta, antara lain mobil Daihatsu Espass, Hyundai Accent, Peugeot 306 STMT, Toyota Corona, Suzuki Katana, Honda Odyssey Prestige dan masih banyak lagi. Umumnya uang 30 juta mobil bekas murah akan dapat mobil tua produksi 2000-an.

Cukup mudah merawat mobil bekas asalkan kita mengetahui caranya, misalnya dengan rutin memeriksa kondisi mesin mobil, tekanan angin ban mobil, memeriksa air karburator dan filter karburasi hingga rutin membawanya servis ke bengkel mobil andalan kita.

Cara memilih mobil bekas yang murah dan bagus yakni dengan memeriksa kesehatan mobil bekas tersebut, mencari tahu riwayat servis mobil, mempertimbangkan kesulitan membeli spare part, memeriksa kelengkapan dokumen mobil, melakukan riset harga dan lakukan test drive.