Sebelum membeli ban mobil, pastikan OtoFriends sudah tahu ukuran dan spesifikasi ban mobil yang cocok untuk mobil OtoFriends. Sebab, setiap merek ban mobil ada series tire-nya sendiri.

Series tire adalah nomor dan huruf yang ada di samping ban mobil. Series tire ini berisi informasi terkait ukuran ban mobil, usia, kecepatan, hingga muatan maksimumnya.

Oleh sebab itu, jangan sampai OtoFriends salah membeli ban karena tidak membaca keterangan yang ada di samping ban mobil. 

Berikut ini informasi terkait series tire pada ban mobil dan panduan untuk mengetahui ukurannya. 

Series Tire: Mengetahui Spesifikasi Ban Mobil

Ada banyak informasi yang bisa OtoFriends peroleh melalui kode huruf dan angka yang ada di samping ban mobil.

Huruf dan angka ini akan memberikan informasi seputar jenis servis yang digunakan, lebar ban mobil, aspek rasio, konstruksi ban mobil, hingga kecepatan ban mobil. Simak ulasan lengkapnya ini. 

1. Jenis Service

Huruf pertama yang ada pada kode ban mobil menunjukkan jenis kendaraan yang menggunakan ban mobil tersebut. 

  • Huruf P: ban tipe ini paling umum digunakan karena diperuntukkan untuk mobil sehari-hari, mobil model SUV, hingga mobil pick up dengan muatan hingga 500 kg. 
  • Tanpa huruf: ban dengan ukuran metrik dan biasa digunakan di Amerika Serikat. 
  • Huruf LT: ban mobil ini digunakan untuk truk ringan, pick up sedang dengan muatan hingga 1 ton. 
  • Huruf ST: ban mobil khusus, yang digunakan untuk spesial trailer mobil hingga perahu. 
  • Huruf T: merupakan ban yang diperuntukkan untuk cadangan. Ban mobil ini bisa digunakan hingga penggantian ban baru selesai. Jadi, tidak bisa digunakan terlalu lama. 
  • Huruf C: ban ini ukurannya Euro-metrik, sehingga cocok untuk van dan juga truk pengiriman. 
  • Huruf M: diperuntukkan untuk ban sepeda motor.

Baca juga: Arti Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya

2. Lebar Ban Mobil

Tiga nomor pertama setelah huruf pada kode ban mobil yakni menunjukan lebar ban mobil dengan satuan ukur milimeter. 

Lebar ban mobil ini menunjukkan jarak dari titik terlebar dinding samping bagian dalam hingga ke titik yang sama dari dinding samping bagian luar. 

Lebar ban mobil tentunya bervariasi, tergantung pada velg mobil yang digunakan. 

3. Aspek Rasio

Aspek rasio pada ban mobil adalah perbandingan antara lebar dan tinggi ban yang ditunjukkan dalam persentase. 

Jika ban mobil OtoFriends memiliki aspek rasio sebesar 55 atau kurang, maka ban profilnya termasuk rendah dan biasanya digunakan untuk mobil sport.

Ban dengan rasio yang rendah memang akan memberikan cengkeraman yang dan kinerja yang bagus, namun kelemahannya ban lebih cepat aus. 

4. Konstruksi 

Ada tiga jenis konstruksi dalam mobil yang sering digunakan, berikut ulasannya:

Konstruksi R

Menandakan konstruksi radial. Jenis konstruksi ini bisa dibilang yang paling modern dan umum digunakan. 

Bentuk dari konstruksi radial adalah terdapat lapisan melingkar secara radial di bawah sudut. Ban mobil dengan konstruksi ini juga dilengkapi dengan sabuk baja. 

Konstruksi “_” atau D

Konstruksi diagonal ini bisa dibilang jenis konstruksi ban mobil yang paling tua. Bentuknya lapisan saling silang secara diagonal. 

Konstruksi B

Jenis konstruksi ini seperti lapisan bias yang sudah dilengkapi dengan sabuk ekstra di atasnya yang bisa memperkuat ban mobil. 

5. Diameter Rim atau Velg

Setelah konstruksi, dua huruf di belakangnya yakni menandakan ukuran diameter rim atau velg pada mobil. Ukuran yang digunakan yakni inci.

Berikut beberapa ukuran diameter rim yang sering digunakan pada mobil, 8 inci, 10 inci, 12 inci, 13 inci, 14 inci, 15 inci, 17 inci, 18 inci. 19 inci, 20 inci, 22 inci, 23 inci, 24 inci, 26 inci, dan 28 inci. 

Ban dengan ukuran di atas merupakan ban yang umum digunakan untuk mobil sehari-hari. 

Baca juga: 10 Ciri Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya

6. Indeks Beban

Indeks beban ini menunjukkan massa maksimum yang bisa ditampung oleh ban mobil. Ban mobil yang biasa digunakan sehari-hari biasanya memiliki indeks beban mulai dari 75 hingga 105.

7. Peringkat Kecepatan

Pada huruf terakhir di kode ban mobil adalah peringkat kecepatan. Peringkat kecepatan ini menunjukkan kecepatan maksimum yang bisa dicapai pada ban mobil. Berikut ini tabel untuk peringkat kecepatan pada ban mobil.

Kode KecepatanKecepatan Maksimum
L120 km/jam
M130 km/jam
N140 km/jam
P150 km/jam
Q160 km/jam
R170 km/jam
S180 km/jam
T190 km/jam
U200 km/jam
H210 km/jam
V240 km/jam
W270 km/jam
Y300 km/jam

Jenis Kode Ukuran Ban Mobil

Ada dua jenis kode ukuran ban mobil, yakni P-metrik dan metrik. Berikut ini ulasannya.

1. P-metrik

Ukuran ban mobil P-metrik ini ditemukan di Amerika dan sudah diadopsi sejak tahun 1970 untuk kendaraan penumpang.

Kode ukuran ban mobil ini juga biasanya digunakan untuk mobil SUV, hingga pick up kecil. 

2. Metrik

Sedangkan untuk ukuran Metrik disebut juga sebagai Euro-metrik, yakni sistem nomor ban mobil yang dimulai dengan lebar bagian 225 dalam milimeter. 

Sesuai namanya, kode ukuran ban mobil ini diadopsi di Eropa pada tahun 1960-an. Namun, sekarang Amerika juga sudah menggunakan kode ukuran ban mobil ini. 

Kedua kode ukuran ban mobil ini sebenarnya memiliki ukuran dan dimensi yang sama, yang membedakan adalah kode metrik memiliki kapasitas beban yang lebih besar.

Jadi, kalau OtoFriends ingin mengubah P-metrik menjadi metrik, maka tidak masalah. Namun, jika mengganti metrik menjadi P-metrik, maka harus membeli P-metrik yang kapasitasnya lebih besar. 

Untuk informasi lengkapnya, OtoFriends bisa menanyakan langsung pada pihak bengkel, ya. Cek rekomendasi bengkel terbaik di Otoklix. 

Baca juga: Begini Cara dan Langkah-langkah Ganti Ban Mobil

Mengapa Penting Mengetahui Ukuran Ban Mobil?

Tentunya sangat penting untuk mengetahui ukuran ban mobil. Pasalnya ban mobil adalah salah satu komponen penting agar berkendara jadi nyaman dan juga aman.

Memilih ukuran ban yang tepat sesuai dengan spesifikasi mampu menahan velg mobil dengan sempurna dan tidak mudah rusak. 

Selain itu, memilih ban mobil dengan ukuran tepat juga bisa membantu OtoFriends dalam meningkatkan kecepatan mobil. Jadi, mobil bisa melaju dengan cepat dan aman.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar Series Tire

Series tire adalah nomor dan huruf yang ada di samping ban mobil. Series tire ini berisi informasi terkait ukuran ban mobil, usia, kecepatan, hingga muatan maksimumnya.

Peringkat kecepatan yang dicapai menggunakan ban mobil kode S adalah 180 km/jam.

Tentunya sangat penting untuk mengetahui ukuran ban mobil. Pasalnya ban mobil adalah salah satu komponen penting agar berkendara jadi nyaman dan juga aman.Memilih ukuran ban yang tepat sesuai dengan spesifikasi mampu menahan velg mobil dengan sempurna dan tidak mudah rusak.