Cara parkir mobil manual memang tak semudah yang dibayangkan. Butuh pembelajaran dan teknik khusus agar mobil bisa terparkir dengan benar dan juga aman. 

Sebagai pemula, OtoFriends sebaiknya tidak hanya belajar parkir mobil manual di tempat yang luas saja, tetapi juga harus belajar parkir mobil di tempat-tempat yang challenging, seperti di tempat yang menanjak, tempat yang sempit, hingga di turunan. 

Agar lebih jelas, berikut ini informasi terkait cara parkir mobil manual yang benar dan juga aman untuk pemula. Ada tips khusus juga untuk parkir mobil manual di tanjakan dan tempat yang sempit. Simak, ya.

Cara Parkir Mobil Manual yang Benar

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk parkir mobil secara manual yang bisa OtoFriends pelajari dan juga praktikkan dengan baik. 

1. Pilih Tempat Parkir yang Tepat

Sebagai seorang pemula, tak perlu muluk-muluk untuk mencari tempat parkir yang menantang. Sebaiknya, untuk permulaan cari tempat parkir yang aman dan tidak mengganggu lalu lintas atau pengendara lain.

OtoFriends bisa belajar parkir di tempat terbuka terlebih dahulu yang lebih aman, seperti lapangan, halaman rumah, dan parkir di jalanan komplek. Atau, jika memang ingin langsung praktik, OtoFriends bisa mencari tempat parkir yang masih sepi dan luas. Namun, pastikan latihan parkir ini didampingi seseorang yang sudah ahli, ya.

2. Nyalakan Lampu Isyarat

Saat belajar parkir, jangan lupa untuk selalu menyalakan lampu isyarat sebagai tanda bahwa kamu akan memarkir mobil kamu. Dengan begitu, pengemudi di belakang jadi tahu bahwa kamu akan melakukan parkir. Pastikan untuk tetap tenang dan tidak perlu panik, ya. 

3. Dekatkan Mobil ke Tempat Parkir

Kemudian, arahkan mobil ke tempat parkir dengan perlahan. Pastikan ada cukup ruang kosong di depan dan di belakang mobil untuk memungkinkan OtoFriends melakukan manuver parkir.

Apabila masih ragu, OtoFriends sebaiknya meminta tolong pada seseorang yang ahli untuk memandu dalam memarkir mobil. Pasalnya, jika salah atau ragu malah bisa menabrak pengendara mobil lainnya.

4. Periksa Cermin dan Blind Spot

Penting untuk selalu memeriksa cermin dan sudut buta (blind spot) untuk memastikan tidak ada kendaraan atau penghalang lain di sekitar area parkir. Jika sudah aman, maka OtoFriends bisa memulai parkir mobil manual dengan benar dan aman,

5. Kendalikan Posisi Mobil

Putar setir dengan hati-hati untuk mengarahkan roda depan mobil ke arah yang diinginkan. Ini akan membantu OtoFriends masuk ke dalam tempat parkir dengan lancar.

Saat mobil berhenti, pastikan transmisi berada dalam posisi mundur (R) jika kamu parkir mundur atau posisi drive (D) jika parkir maju. 

Lepaskan rem tangan secara perlahan dan mundurkan mobil dengan hati-hati. Gunakan cermin dan pandangan belakang untuk membantu melihat area sekitar.

6. Periksa Posisi Mobil

Selama proses mundur, periksa posisi mobil OtoFriends secara berkala untuk memastikan tidak menyentuh kendaraan atau penghalang lain di sekitar kamu, ya.

Setelah masuk sepenuhnya ke tempat parkir, atur posisi mobil agar sejajar dengan batas parkir atau sesuai dengan instruksi yang ada.

7. Kunci Mobil dan Matikan Mesin

Terakhir, setelah berhasil parkir mobil manual dengan benar, segera kunci mobil dan matikan mesin. Pastikan bahwa mobil aman dan terkunci sebelum meninggalkannya.

Cara Parkir Mobil Manual di Tanjakan

Sebagai pemula, tentunya kita jadi deg-degan saat mau parkir mobil manual di tanjakan, takut mobil tergelincir dan meluncur ke bawah. Tapi, tenang saja karena OtoFriends bisa mempelajarinya. Perlu beberapa teknik khusus agar parkir mobil manual di tanjakan bisa berhasil dengan baik dan aman.

Pertama-tama, saat akan parkir mobil manual di tanjakan, cari tempat yang cukup datar atau kemiringannya tidak terlalu curam, sehingga memudahkan kamu untuk parkir mobil.

Selanjutnya, tempatkan transmisi pada posisi netral dan tarik rem tangan dengan kuat untuk mencegah mobil tergelincir ke bawah. 

Apabila tanjakan terlalu curam, pastikan OtoFriends menekan pedal kopling sepenuhnya saat memulai dan berhenti. Jika diperlukan, juga tekan sedikit pedal gas untuk mencegah mobil mundur saat mulai berjalan.

Lanjutkan dengan memutar setir ke arah yang sesuai untuk mengikuti lengkungan jalan. Lepaskan rem tangan perlahan sambil menjaga kontrol atas mobil. Sambil mempertahankan tekanan pada pedal kopling, lepaskan rem tangan secara bertahap.

Ketika merasa mobil sudah cukup stabil dan tidak akan mundur, lepaskan perlahan tekanan pada pedal kopling sambil menambahkan sedikit gas. Ini akan memungkinkan mobil untuk bergerak maju.

Ketika harus menghentikan mobil di tanjakan, gunakan rem dengan hati-hati. Hindari pengereman mendadak yang dapat menyebabkan mobil mundur. Setelah mobil berhenti, tarik rem tangan dengan kuat untuk menjaga mobil tetap diam di tempat parkir.

Tips Agar Mobil Awet saat Diparkir

Setelah mempelajari cara parkir mobil manual, kini saatnya kamu mengetahui beberapa tips parkir mobil agar mobil tetap awet dan bagus.

1. Pilih tempat parkir yang aman

Saat akan memarkir mobil, sebaiknya cari tempat parkir yang aman dan terlindungi untuk menjaga mobil dari kerusakan fisik atau pencurian. 

Hindari tempat parkir yang terpapar sinar matahari langsung atau terlalu dekat dengan pohon yang dapat jatuh atau mengotori mobil.

Hindari juga tempat parkir yang sepi atau di area dengan tingkat kejahatan tinggi. Lebih baik membayar tempat parkir lebih mahal, daripada memarkir mobil di parkiran liar yang keamanannya kurang.

2. Perhatikan tata letak tempat parkir

Saat memarkir mobil, perhatikan tata letak kendaraan di sekitar. Pastikan untuk memberikan ruang yang cukup antara mobil kamu dengan mobil lainnya untuk menghindari goresan atau benturan yang tidak disengaja.

Hindari memarkir mobil terlalu mepet atau tidak lurus, karena akan menyusahkan diri sendiri dan pengemudi lain.

3. Gunakan rem tangan

Saat memarkir mobil, pastikan OtoFriends menarik rem tangan dengan kuat. Ini akan mencegah mobil bergeser atau bergerak secara tidak sengaja saat diparkir. Menggunakan rem tangan juga lebih aman apabila memarkir mobil di tanjakan atau turunan. 

4. Tutup jendela dan kunci pintu dengan benar

Pastikan semua jendela dan pintu mobil tertutup dengan rapat sebelum meninggalkan mobil. Hal ini tidak hanya mencegah pencurian, tetapi juga melindungi interior mobil dari kerusakan yang disebabkan oleh cuaca ekstrem atau paparan sinar matahari langsung.

5. Gunakan penutup mobil

Apabila OtoFriends berencana meninggalkan mobil dalam waktu yang lama, pertimbangkan untuk menggunakan penutup mobil yang baik. 

Ini akan melindungi mobil dari debu, kotoran, sinar matahari langsung, dan cuaca ekstrem yang dapat merusak cat dan bagian eksterior mobil

Meskipun sepele, namun tata cara parkir mobil ini penting sekali diperhatikan agar mobil tetap aman dan terhindar dari gesekan dengan benda atau mobil lain saat parkir.

Selain belajar tentang cara parkir mobil manual, jangan lupa juga untuk rutin melakukan perawatan mobil agar performa mobil terjaga dan nyaman saat dikendarai.

Untuk kamu yang tinggal di Jabodetabek, bawa saja mobil ke bengkel Otoklix untuk dilakukan servis rutin. Ganti oli mobil di Otoklix murah, yakni mulai dari Rp89 ribu per liter, loh! Kamu juga bisa sekalian tune up mobil mulai dari Rp292 ribu. 

Jangan lupa untuk booking lewat Aplikasi Otoklix karena lebih hemat sampai 50%! Yuk, booking sekarang.

Pertanyaan seputar Cara Parkir Mobil Manual

Putar setir dengan hati-hati untuk mengarahkan roda depan mobil ke arah yang diinginkan. Ini akan membantu OtoFriends masuk ke dalam tempat parkir dengan lancar.
Saat mobil berhenti, pastikan transmisi berada dalam posisi mundur (R) jika kamu parkir mundur atau posisi drive (D) jika parkir maju.
Lepaskan rem tangan secara perlahan dan mundurkan mobil dengan hati-hati. Gunakan cermin dan pandangan belakang untuk membantu melihat area sekitar.

Memarkir mobil dengan asal-asalan dan tidak lurus ternyata bisa membuat performa mobil menurun. Salah satunya bisa merusak suspensi jangka panjang.

Hal ini akan memudahkan OtoFriends saat akan keluar parkiran.