Mobil listrik Wuling menjadi mobil listrik murah yang diincar oleh banyak orang di Indonesia. Padahal selain Wuling, produsen mobil asal Korea, Hyundai juga memproduksi mobil listrik. Selain itu disusul mobil listrik Tesla, mobil listrik Toyota hingga Nissan.

Namun harga mobil listrik tersebut terkenal mahal bisa bernilai ratusan juta rupiah hingga miliaran. Sebagai contoh harga mobil listrik Hyundai IONIQ 5 termurah di atas Rp700 jutaan, Nissan menjual mobil listrik Nissan Leaf mulai dari Rp728 jutaan, mobil listrik Lexus seharga Rp1,2 miliaran hingga produsen sekelas BMW menjual mobil listriknya di atas Rp2 miliar.

Berbeda dengan Wuling, mobil listriknya dijual cukup terjangkau mulai dari Rp200 jutaan. Kenapa bisa semurah itu? Simak uraian spesifikasi mobil listrik Wuling selengkapnya.

Baca juga: Partisipasi dan Inovasi Wuling Motors di Pameran Otomotif IIMS 2022

Desain Eksterior

Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan tahun 2022, mobil listrik Wuling berhasil menarik perhatian para peminat otomotif di Indonesia. Wuling mempertegas bahwa mobil listrik menjadi mobil masa depan melalui desain eksteriornya  berkonsep futuristic tech and modern.

Walaupun menjadi mobil listrik murah di Indonesia, akan tetapi produsen mobil asal China tersebut gak main-main dalam memproduksi mobil listrik ini. 

Wuling Air Ev menjadi mobil listrik termungil dibandingkan mobil listrik lainnya karena memiliki dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm dan tinggi 1.631 mm serta jarak sumbu roda 2.010 mm. 

Walaupun berdesain mungil tetapi mobil ini kompak dan muat menampung 4 penumpang. Apakah ruang kabin akan terasa sempit saat mobil diisi oleh 4 orang? Jawabannya tentu tidak sebab mobil listrik ini gak punya tumpukan konsol transmisi sehingga menghadirkan kelapangan kabin di bagian tengahnya. 

Sayangnya, Wuling hanya menyematkan 2 pintu sehingga kita hanya bisa masuk melalui pintu pengemudi atau penumpang di depan.

Sentuhan futuristik lainnya yang disematkan Wuling antara lain penerapan Extended Horizon LED lengkap dengan aksen birunya melintang mulai dari spion kiri ke kanan pada mobil listrik Wuling Air Ev tipe Long Range.

Tipe Standard Range gak kalah modernnya karena Wuling menyematkan aksen krom dan lampu LED untuk lampu sein yang berada di kaca spion. Kendati demikian, untuk lampu depan dan belakangnya Wuling Air Ev tetap menggunakan lampu bohlam halogen.

Terdapat 5 pilihan warna antara lain Galaxy Blue, Pristine White, Avocado Green, Lemon Yellow, dan Peach Pink.

Baca juga: Program Subsidi Mobil Listrik, Solusi Tepat Mengurangi Emisi?

Desain Interior

Konsep desain interior Wuling Air Ev gak kalah modernnya dengan desain eksteriornya. Interior trim Wuling Air Ev Standard Range berwarna light grey dengan bahan jok mobilnya kain, sedangkan Wuling Air Ev Long Range berwarna carbon black with soft panel dengan material joknya kulit sintetis.

Material pembuat jok ini juga digunakan sebagai material pelapis setir kemudi. Wuling membekali sistem multifunction switch di bagian setir kemudi agar pengemudi dapat mengontrol beberapa fitur hiburan, terdapat juga meter cluster dan fitur WIND.

Wuling menyematkan head unit yang terintegerasi floating Widescreen untuk mempertegas tampilan modernnya. Adapun fitur hiburan mobil listrik Wuling antara lain konektivitas bluetooth, USB, dan AM/FM radio. Fitur hiburan lainnya yakni teknologi perintah suara, sistem navigasi, hingga speaker depan dan belakang.

Adapun ukuran meter cluster full color untuk tipe Long Range lebih besar yakni 10,25 inci dibandingkan tipe Standard Range yang berukuran 7 inci.

Wuling benar-benar memikirkan desain mobil listrik mungilnya sebab Wuling membekali Air Ev fitur one touch tumble yang berada di kursi penumpang dengan tujuan untuk mempermudah kita melipat kursi bagian depan saat akan keluar.

Khusus tipe Longe Range, sistem keyless entry dan Smart Start System juga disematkan untuk memudahkan mobil menyala.

Performa Baterai Mobil Listrik Wuling

Bedanya mobil listrik Wuling dengan mobil listrik lainnya adalah konsep Easy Home Charging, di mana kita dapat mengisi baterai mobil listrik ini di rumah menggunakan daya listrik yang ada. Sedangkan mobil listrik lain membutuhkan daya yang besar sehingga mengisi daya listrik di stasiun pengisian daya yang telah disediakan oleh pemerintah.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai hingga penuh sekitar 8,5 sampai 11 jam dengan daya 2.0 kW. Akan tetapi bila kita menggunakan daya 6.6 kW maka durasinya bisa lebih cepat yakni sekitar 4 jam waktu pengisian dayanya.

Wuling menggunakan baterai Lithium Ferro-Phosphate untuk seluruh mobil Wuling Air Ev yang disalurkan ke penggerak motor listrik berdaya maksimal 30 kW.

Perbedaan baterai kedua tipe mobil listrik Wuling ini terletak pada kapasitas baterainya. Untuk baterai Wuling Air Ev tipe Long Range lebih besar yakni 26,7 kWh dan tipe Standard Range sebesar 17,3 kWh.

Perbedaan kapasitas baterai tersebut mempengaruhi kemampuan mobil menempuh jarak sejauh apa. Wuling Air EV Long Range dapat menempuh jarak hingga 300 km dan tipe Standard Range dapat menempuh jarak 200 km.

Kekhawatiran selanjutnya adalah apakah baterai mobil ini akan hancur apabila sering terpapar perubahan cuaca yang begitu drastis? Wuling mengantisipasi pertanyaan tersebut dengan melakukan rangkaian tes dari 16 model tes untuk memastikan dan menjamin keselamatan dan keamanan kita.

Tes tersebut meliputi tes rendaman air, rotasi berulang, kebakaran hingga getaran pada frekuensi tertentu. Gak ketinggal tes fisik baterai yang sengaja dijatuhkan dari ketinggian satu meter, percepatan hingga 28G dan saat mobil sengaja terguling.

Hasil dari rangkaian tes tersebut membuktikan bahwa baterai Wuling Air Ev tetap bekerja normal dalam kondisi apapun. Dalam tes uji pembakaran di suhu tinggi juga baterai ini gak meledak dan gak ada kebocoran saat baterai terendam air. Tes ini juga yang menjawab pertanyaan apakah mobil listrik Wuling aman dibawa berkendara di tengah banjir.

Baca juga: Peraturan Insentif Mobil Listrik Berlaku, Harga Turun Hingga 32%

Fitur-Fitur Mobil Listrik Wuling

Dari sisi baterai, Wuling benar-benar membuat baterai mobil listriknya aman walaupun mobil dijual dengan harga yang murah. Lalu, bagaimana dengan fitur keselamatan dan keamanannya?

Wuling menyematkan fitur keselamatan pada mobil listriknya seperti pelindung benturan di bagian samping, reminder pintu terbuka, ISOFIX Child Seat Mounts, reminder sabuk pengaman, Rear Parking Sensor and Camera, Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan 2 Airbags.

Selain itu, terdapat fitur Crash Sensor, Engine Check Warning, Kantong Udara Pengemudi, Sabuk Pengaman untuk penumpang belakang, Vehicle Stability Control System, Pengukur Tekanan Ban, dan Electronic Stability Control (ESC) untuk tipe Long Range.

Di bagian dashboard, terdapatElectric Mirror, Keyless Entry & Smart Start System, Multifunction Steering Wheel, 12V Power Outlet + 18W USB Charging Port, dan 10,25 inci Integrated Floatin Widescreen.

Harga Mobil Listrik Wuling Terbaru

Kabar bahagianya Wuling menurunkan harga mobil listriknya sehingga lebih terjangkau dengan PPN 1%. Mengutip dari situs resminya Wuling berikut ini harga mobil Listrik Wuling Air Ev terbaru 2023.

Tipe Mobil Listrik WulingHarga Wuling Air Ev
Wuling Air Ev Standard RangeRp243 juta
Wuling Air Ev Long RangeRp299,5 juta

Harga di atas merupakan harga OTR Jakarta. Kabar bahagia selanjutnya Wuling berencana akan memboyong mobil listrik kompak lainnya yang memiliki desain mirip dengan Suzuki Jimny yang sudah lebih dulu mengaspal di Indonesia.

Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM merilis Berita Resmi Desain Industri No. 36/DI/2023 di mana Wuling akan memasarkan mobil listrik terbarunya yang diberi nama Baojun Yep.

Kabarnya mobil listrik ala Jimny tersebut akan dijual dengan harga sangat terjangkau gak sampai Rp200 jutaan. Di Cina mobil ini dijual dengan harga 79 ribu sampai 89 ribu Yen, apabila dirupiahkan berarti harganya sekitar Rp168 juta sampai Rp189 jutaan. Menarik bukan? Kita tunggu informasi selanjutnya melalui blog otomotif tepercaya.

Sementara itu, bila OtoFriends sedang mencari bengkel mobil konvensional untuk merawat dan memperbaiki mobil maka OtoFriends bisa mempercayakannya pada bengkel mobil Otoklix.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan!

Biaya servis di Bengkel Otoklix terjangkau dan transparan. Kita bisa tahu estimasi biayanya sebelum datang ke bengkel. Cukup lakukan konsultasi dan booking service melalui aplikasi Otoklix. Otoklix juga memberikan kemudahan pembayaran baik secara online ataupun membayar langsung di bengkel.

Gak perlu khawatir di saat sibuk dan kita kelupaan servis mobil. Pasalnya ada fitur reminder servis mobil rutin di aplikasi. Mari merawat mobil kesayangan bersama Bengkel Otoklix.

Pertanyaan Seputar Mobil Listrik Wuling

Harga mobil listrik Wuling mulai dari Rp200 jutaan. Wuling Air Ev tipe Standard Range dijual dengan harga Rp243 juta dan tipe Long Range seharga Rp299,5 juta.

Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan tahun 2022, mobil listrik Wuling berhasil menarik perhatian para peminat otomotif di Indonesia. Wuling mempertegas bahwa mobil listrik menjadi mobil masa depan melalui desain eksteriornya berkonsep futuristic tech and modern.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai hingga penuh sekitar 8,5 sampai 11 jam dengan daya 2.0 kW. Akan tetapi bila kita menggunakan daya 6.6 kW maka durasinya bisa lebih cepat yakni sekitar 4 jam waktu pengisian dayanya.