Jaguar F Type adalah salah satu model yang dapat dikatakan punya model dan tampilan sangat menawan di masa ini. Dengan membawa spirit sports car, maka Jaguar F Type hanyalah memuat hingga 2 penumpang saja.

Jaguar F Type 2020 merupakan produksi dari Jaguar yang ke-6. Umumnya, Jaguar memang lebih cenderung memilih untuk melakukan facelift pada Jaguar F Type daripada harus menghadirkan generasi baru.

Harga Terbaru Jaguar F Type

Jaguar F Type dibanderol dengan harga sangat tinggi yaitu Rp 2,9 miliar. Dengan harganya tersebut, kamu juga bisa memilih berbagai warna yang tersedia

Spesifikasi Mobil Jaguar F Type

Dibanderol dengan harga sangat tinggi, kira-kira seperti apa sih spesifikasi dari mobil Jaguar F Type ini? Yup intip penjelasan di bawah ini.

  1. Varian Mobil Jaguar F Type

Hanya tersedia satu varian Jaguar F Type saja, tetapi kamu bisa memilih berbagai warna dan mesin sesuai dengan kebutuhan keseharian ku.

  1. Mesin Mobil Jaguar F Type

Ada sebanyak tiga versi mesin yang diterapkan pada Jaguar F Type 2020. Pertama, mesin 4 silinder segaris 2.0 L turbocharged yang dapat menghasilkan tenaga 295 hp/ 400 Nm (P300). 

Lalu ada mesin V6 3.0 L Turbocharged dengan tenaga yang dihasilkan adalah 375 hp/ 460 Nm (P380). Terakhir, mesin terkuat yaitu V8 5.0 L dengan kekuatan 444 hp/ 580 Nm (P450 dan 567 hp/ 700 Nm (P575).

Di samping itu, masing-masing mobil pun telah menggunakan sistem transmisi 8-percepatan Quickshift. Dimana memakai sistem penggerak standar rear-wheel drive.

Apabila ingin handling yang lebih baik pada berbagai kondisi jalanan, maka tersedia opsi all-wheel drive untuk Jaguar F Type mesin V6 dan V8.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Mobil Online dan Denda Keterlambatan

  1. Fitur Tersedia Mobil Jaguar F Type

Jaguar F Type sendiri memang sudah menempatkan beberapa fitur demi kenyamanan konsumen selama berkendara yang mana terpusat pada Dynamic Mode. 

Nah, sistem tersebut mengatur tingkat kekakuan suspensi yang memakai konstruksi aluminium double wishbone.

Namun, di luar pengaturan mode berkendara, fitur tersebut pun memungkinkan sistem exhaust menampilkan suara yang lebih henti ketika pertama kali menyala karena adanya Quiet Start Function. 

Supaya karakter berkendara bekerja lebih maksimal, maka dimaksimalkanlah kinerja beberapa fitur. Contohnya antara lain Rear Electronic Active Differential (EAD), Intelligent Driveline Dynamic (IDD), Jaguar Adaptive Dynamics, Dynamic Stability Control, dan Torque Vectoring by Braking System.

  1. Interior Mobil Jaguar F Type

Saat masuk ke dalam kabin, kamu akan disambut dengan hangatnya area dashboard yang kurang lebih mirip dengan Jaguar F Type tahun 2017 dan 2018, mulai dari penempatan serta fitur Touch Pro Infotainment hingga transmisinya.

Namun, terdapat perubahan yang mencolok di area instrument cluster yang memakai 12,3 inci reconfigurable HD TFT. Layarnya ini mempunyai grafis khusus dengan rev counter yang ditempatkan pada bagian tengah layar serta sisi kiri kanan layar.

Lalu, pada area jok memakai Lightweight Slimline Seats yang diberikan detail Windsor leather. Untuk membuatmu lebih nyaman, di area sandarannya diberikan pattern jahitan monogram. Sedangkan di pengait seat beltnya dibubuhkan Jaguar Est 1935. 

  1. Eksterior Mobil Jaguar F Type

Pada type Jaguar F Type 2020, adalah yang paling banyak mengalami perubahan desain. Dimana bentuk grillenya mempunyai dimensi yang lebih besar serta mempunyai hexagonal mesh pattern.

Sementara itu, di sekeliling grille bahkan dikemas aksen noble chrome atau glass black. Begitu juga di area kap mesin yang menerapkan desain cangkang baru. Tak lupa juga dipadukan dengan air vent yang mempunyai format lebih horizontal, dimana ini mengikuti lekuk bonnet.

Dengan bentuk grillenya yang besar, maka bagian desain bumper juga turut mengalami perubahan. Sedangkan untuk body sampingnya tidak terlalu ada perubahan signifikan.

Kelebihan Jaguar F Type Tahun 2022

Tak perlu diragukan lagi, Jaguar F Type sendiri memang memiliki performa mesin yang amat mumpuni. Begitupun dari desainnya yang tampak lebih modern.

Sehingga, siapapun yang mengendarainya akan tampak lebih keren dan sangat gagah. Apalagi, adanya berbagai fitur yang cukup lengkap membuat banyak orang semakin yakin untuk memilih Jaguar F Type.

Ada juga fitur new infotainment system yang kerap tersedia hampir di sebuah mobil modern. Sudah pernah coba?

Kekurangan Jaguar F Type

Dibalik kelebihan yang disuguhkan dari mobil Jaguar F Type tersebut, pastinya ada saja hal yang membuatnya masih kurang.

Nah, seperti area kabin yang lebih sempit. Bahkan, kamu tidak bisa membawa penumpang banyak-banyak dengan mobil ini.

Untuk mobil keluarga, mungkin Jaguar F Type kurang worth it dan tidaklah direkomendasikan. Apalagi harganya tinggi dan kamu hanya bisa dapatkan beberapa tempat duduk saja untuk penumpang.

Pajak Jaguar F Type

Jangan kaget, Jaguar F Type justru memiliki pajak kendaraan tahunan yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan Jaguar F Type juga dibeli dengan harga sangat fantastis.

Nah, kira-kira berapa ya biaya pajak tahunan yang mesti dibayarkan untuk satu unit Jaguar F Type? Berkisar Rp 27 juta sampai Rp 41 juta.

Karena biaya pajaknya sangatlah mahal, maka jangan sampai kantongmu kembali kosong karena biaya perawatan yang mahal. 

Dikarenakan kamu masih bisa meminimalisir besarnya biaya perawatan dengan mengintip tips perawatan mobil di rumah dari blog otomotif.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Jaguar F Type

Berkisar Rp 27 juta sampai Rp 41 juta

Ada tiga versi mesin yang diterapkan pada Jaguar F Type 2020 yaitu mesin 4 silinder segaris 2.0 L turbocharged, mesin V6 3.0 L Turbocharged, dan V8 5.0 L.

Mobil Jaguar F Type dibanderol Rp 2,9 miliar.