Beragam harga mesin mobil diesel bekas yang beredar di pasaran. Selain itu, ada berbagai merk yang mudah ditemukan ketika kita ingin mencari mesin diesel tersebut di e-commerce. Sebut saja mesin diesel bekas atau copotan dari Toyota Innova, Toyota Kijang Kapsul, hingga Mitsubishi Pajero Sport. 

Akan tetapi belum banyak yang mengerti bagaimana cara untuk melakukan pengecekan. Pengecekan mendalam sebelum membeli mesin mobil diesel bekas adalah sebuah keharusan. Sebab hal tersebut dapat membantu kalian untuk menemukan mesin diesel yang masih sehat dan tidak buruk.

Hal itu karena kita tidak tahu bagaimana kondisi mesin diesel bekas tersebut saat akan dibeli. Lantas bagaimana cara mengeceknya ? berikut tips dari Otoklix.

Cek Kondisi Lubang Pengisian Oli Mesin

Saat akan membeli mesin mobil diesel bekas adalah dengan meminta penjual untuk menghidupkan mesin terlebih dahulu. Lalu menunggu mesin dalam keadaan panas.

Setelah itu, OtoFriends bisa membuka tutup lubang pengisian oli mesin atau cabut dipstick pengukur kapasitas oli mesin. Jika saat melakukan hal ini keluar asap putih dan banyak oli yang muncrat maka dipastikan mesin tersebut dalam keadaan rusak.

Cek Tetesan Oli di Kolong Mobil

Setelah melakukan langkah pertama, kalian bisa melakukan tips yang kedua dengan melakukan pengecekan tetesan oli di kolong mobil. Selain itu juga bisa melihat terlebih dahulu fisik dari mesin diesel bekas.

Jika terdapat bekas tetesan oli dan terlihat hingga menghitam menandakan terdapat pelumas yang bocor. Kebocoran tersebut bisa disebabkan paking mesin yang sudah tidak bagus dan bisa juga dari seal kruk as.

Baca Juga: Daftar 10 Mobil Mesin Diesel serta Plus Minusnya

Lihat Asap Knalpot

Kemudian tips terakhir saat membeli mesin mobil diesel bekas adalah dengan melihat asap yang keluar saat dinyalakan. Jika keluar asap hitam pekat ini bisa jadi pertanda buruk.

Hal itu menjadi indikasi filter udara kotor atau nosel injektor sudah rusak. Kalau yang terakhir rusak, biaya yang dikeluarkan cukup besar.

Jika asap berwarna putih bisa disebabkan filter bahan bakar dan water sediment kotor. Akibatnya pasokan bahan bakar lebih sedikit dibanding udara.

Daftar Mesin Diesel Bekas Berbagai Merek

Nah setelah mengetahui ketiga tips di atas, berapa sih harga dari mesin mobil diesel bekas ? ini dia list harganya.

All New Pajero Sport

Mesin varian terbaru ini memiliki spesifikasi mesin diesel 4-silinder berkode 4N15 berkapasitas 2.442 cc dengan Variabel Turbo Intercooler MIVEC.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga sekitar 181 tk pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Dengan segala spesifikasinya tersebut, mesin copotan dari All New Pajero Sport ini dijual mulai dari harga Rp95 juta.

Innova Diesel 2KD

Mesin diesel bekas yang kedua adalah Toyota Innova diesel 2KD. Mesin ini memiliki tenaga 101 dk dan torsi bawaannya 200 Nm.

Selain itu mesin ini dibekali dengan kapasitas 2.500 cc. Mesin 2KD-FTV hanya mampu hasilkan 75 kW atau setara dengan 100,5 dk di 3.400 rpm, dengan torsi hanya 200 Nm di 1.400 – 3.400 rpm.

Nah untuk harganya sendiri, mesin diesel bekas copotan dari Innova Diesel 2KD ini dengan harga Rp37 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk dengan ecu wiring yang terpasang pada mesin tersebut.

Isuzu Panther 2.5cc

Bicara soal spesifikasi mesin Isuzu Panther, ini ditenagai dua pilihan mesin Diesel berkapasitas 2499 cc. Panther tersedia dengan transmisi Manual tergantung variannya.

Untuk varian 2.5cc 4jb1 non turbo copotan dari Singapura, Mesin ini ada yang menjual dengan harga yang cukup murah yakni dibanderol dari Rp12 jutaan.

Hilux 1KD dan 2KD

Mesin diesel selanjutnya adalah Hilux 1KD Dan 2KD. Varian 1KD sendiri dalam mesin diesel 3.0 L (2.982 cc) straight-four common rail D-4D.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Oli Mobil Diesel Full Synthetic Terbaik

Selain itu, mesin 1KD-FTV 4 silinder segaris 2.982 cc dengan suntikan turbo variabel Variable Nozzle Turbo (VNT) dan intercooler. Menyemburkan tenaga 161 hp (163 PS) dan torsi 343 kgm. Cocok untuk daerah perkebunan dan pertambangan yang sedang booming di negeri ini saat itu.

Sedangkan pada mesin 2KD-FTV 2.494 cc 4-silinder dengan suntikan turbo variabel VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler. Tenaga yang dihasilkan mencapai 142 PS pada 3.400 rpm dan torsi 35 kgm pada 1.600-2.800 rpm. Selain itu, Hilux Single Cabin mendapatkan opsi mesin diesel 2KD-FTV turbo common-rail tanpa VNT. Di e-commerce, mesin ini dijual dari harga Rp55 jutaan saja.

L300 Diesel

Mesin Mitsubishi L300 Diesel bisa menjadi salah satu pilihan kalian saat akan membeli mesin diesel copotan atau bekas. L300 diesel ini menggunakan mesin berkode 4D56 Astron yang menghasilkan tenaga daya puncak 74 PS di putaran 4.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm.

Selain itu L300 juga dilengkapi dengan kapasitas mesin 2.500 cc. Mesin ini juga dikenal bandel.

Oleh karenanya masih banyak yang menjual copotan mesin ini. Untuk varian L300 turbo ada yang menjual dengan harga mulai dari Rp 20 jutaan, sedangkan yang non turbo dibanderol dengan Rp16 jutaan.

Nah itu tadi daftar harga mesin mobil diesel bekas. Untuk kalian yang ingin melakukan perawatan mobil diesel kalian, OtoFriends bisa langsung mencari bengkel terpercaya di website dan aplikasi Otoklix.